Arus Mudik Lebaran 2023 di Tol Japek Cetak Rekor Tertinggi

Jasa Marga mengklaim berhasil antisipasi kepadatan kendaraan

Karawang, IDN Times - Puncak arus mudik lebaran 2023 di jalur tol kemungkinan terjadi pada Rabu (19/4/2023) kemarin. Hal itu berdasarkan jumlah transaksi yang dicatat oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang memecahkan rekor tertinggi dalam sejarah arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek.

Sebanyak 163.829 kendaraan diklaim melintasi kilometer 66 Jalan Tol Japek pada tiga hari sebelum (H-3) lebaran, kemarin. Kendaraan tersebut meninggalkan wilayah Jakarta dan sekitarnya menuju arah Timur seperti Bandung, Cirebon dan seterusnya.

“Angka ini meningkat 201,09 persen dari lalu lintas normal sebesar 54.412 kendaraan atau meningkat 20,92 persen jika dibandingkan dengan puncak Lebaran 2022,” tutur Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, Kamis (20/4/2023).

1. Arus mudik lebaran 2023 diklaim tidak alami kepadatan

Arus Mudik Lebaran 2023 di Tol Japek Cetak Rekor TertinggiDok Jasa Marga

Lisye menjelaskan titik tersebut merupakan pertemuan lalu lintas kendaraan. Yakni, kendaraan yang menuju arah Trans Jawa dan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Tol Cipularang). Meskipun terjadi lonjakan yang signifikan, Lisye menilai kondisi lalu lintas masih dapat dikendalikan.

“Di tahun ini, dengan perencanaan yang lebih matang, kesiapan teknologi yang lebih baik dan koordinasi yang jauh lebih intensif dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR, tidak terjadi kepadatan khusus di Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” kata Lisye dalam keterangan persnya.

2. Tiga kunci manajemen arus mudik pada lebaran tahun ini

Arus Mudik Lebaran 2023 di Tol Japek Cetak Rekor TertinggiDok Jasa Marga

Keberhasilan itu menurut Lisye, dipengaruhi tiga kunci manajemen arus lalu lintas yang diterapkan pada arus mudik kali ini. Kunci pertama diakui karena kesiapan dari infrastruktur jalan tol yang disiapkan oleh Jasa Marga seperti penambahan satu lajur di kedua jalur Tol Japek.

Yang kedua, kuncinya adalah penggunaan teknologi traffic counting sebagai ”decision support system”. Teknologi itu diklaim mendukung keputusan pimpinan puncak di Kepolisian dan Jasa Marga dalam memutuskan penanganan lalu lintas yang membludak.

Lisye mengatakan kedua kunci itu dilengkapi oleh manajemen yang ketiga. “Yang ketiga, koordinasi lintas sektoral yang sangat intensif dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara komprehensif,” katanya.

3. Rekayasa lalu lintas di Tol Japek hanya sampai contraflow

Arus Mudik Lebaran 2023 di Tol Japek Cetak Rekor TertinggiDok Jasa Marga

Lajur tambahan di Tol Japek itu rampung dan dioperasikan sejak H-14 Lebaran 2023 sehingga di kedua jalur saat ini terdapat masing-masing empat lajur. Lajur tambahan itu berada di kilometer 50-66 (sepanjang 16 kilometer) arah Cikampek dan di Km 61-50 (sepanjang 11 kilometer) di arah Jakarta.

Karena itu, pihak kepolisian hanya sampai memberlakukan rekayasa lalu lintas lawan arah (contraflow) di Tol Japek pada arus mudik kali ini. “Sejak 18 April 2023 lalu, di Jalan Tol Jakarta-Cikampek diberlakukan contraflow sebanyak dua lajur dan masih bertahan hingga saat ini,” ujar Lisye.

4. Jasa Marga operasikan 52 unit teknologi Traffic Counting

Arus Mudik Lebaran 2023 di Tol Japek Cetak Rekor TertinggiDok Jasa Marga

Sementara itu, dari sisi pengembangan teknologi,Jasa Marga disebut mengoperasikan total 52 unit Traffic Counting. Alat itu berfungsi sebagai indikator yang akan menjadi rekomendasi pengaturan dan rekayasa lalu lintas.

Lisye menjelaskan, Traffic Counting itu pun terintegrasi langsung dengan Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) melalui Jasamarga Integrated Digitalmap (JID). Selanjutnya diolah dan disampaikan kembali hasilnya kepada pimpinan puncak untuk pengambilan rekayasa lalu lintas.

“Informasi ini kemudian disebarkan kepada pengguna jalan untuk membantu mereka dalam merencanakan perjalanan,” ujar Lisye.

Baca Juga: Pemudik Diprediksi Masih Padati Tol Japek-Cipali hingga Kamis Siang

Baca Juga: Waspada! Cuaca Ekstrem Bisa Ganggu Kesehatan saat Arus Mudik

Baca Juga: Bus MGI Terguling Usai Menabrak Mobil Pribadi di Cipularang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya