Pemudik Diprediksi Masih Padati Tol Japek-Cipali hingga Kamis Siang

One way di Cikampek-Kalikangkung diteruskan hingga siang ini

Karawang, IDN Times - Arus mudik Lebaran 2023 di Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cikopo-Palimanan masih terpantau ramai hingga Kamis (20/4/2023) dini hari. Karena itu, pemerintah meneruskan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) dari kilometer 72 Cikampek sampai kilometer 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

Perpanjangan itu disampaikan Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Lisye Octaviana dalam keterangan persnya. “Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Kamis, 20 April 2023, pukul 12.00 WIB,” katanya.

Lisye menegaskan keputusan untuk memperpanjang rekayasa lalu lintas di Jalan Tol itu berdasarkan diskresi kepolisian. Berdasarkan prediksi awal, puncak arus mudik kali ini memang diprediksi terjadi kemarin dan hari ini.

1. Arus mudik kembali meningkat sejak tengah malam tadi

Pemudik Diprediksi Masih Padati Tol Japek-Cipali hingga Kamis SiangIlustrasi arus mudik di jalan tol (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Berdasarkan data, Lisye menyebut volume lalu lintas kendaraan kembali meningkat dari arah Jakarta menuju ke arah Timur. Hal itu pun terlihat dari pantauan visual CCTV dan laporan petugas Kepolisian di lapangan.

Hal itu ditambah dengan prediksi peningkatan lalu lintas yang masih akan berlanjut hingga pagi hari. Sehingga, rekayasa lalu lintas one way yang dijadwalkan selesai pada 24.00 WIB Rabu malam kemarin, masih akan terus dilanjutkan atas diskresi Kepolisian.

“Saat ini one way diberlakukan dari kilometer 72 Cikampek sampai dengan Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang,” tutur Lisye dalam keterangan persnya.

2. Rekayasa one way bisa diperpanjang setelah siang ini

Pemudik Diprediksi Masih Padati Tol Japek-Cipali hingga Kamis SiangIDN Times/Abdul Halim

Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way itu memang diperkirakan akan berakhir pada siang hari ini. Namun, Lisye tidak menutup kemungkinan rekayasa one way diteruskan setelah siang hari ini.

“Apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari Jakarta ke arah Timur, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way,” kata Lisye.

3. Pemudik diminta mempersiapkan diri sebelum perjalanan

Pemudik Diprediksi Masih Padati Tol Japek-Cipali hingga Kamis SiangSejumlah kendaraan pemudik memasuki ruas gerbang Tol Kalikangkung Ngaliyan Semarang tepat menjelang cuti bersama menyambut perayaan Idulfitri 1444 Hijriyah. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut, pihak Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Para pengendara juga diminta memastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Lisye menyarankan pemudik memantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. “Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga,” katanya.

4. Rekayasa contraflow kembali dibuka di Km 36-70 Tol Japek

Pemudik Diprediksi Masih Padati Tol Japek-Cipali hingga Kamis SiangDok Jasa Marga

Sementara itu, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) juga kembali melakukan pembukaan lajur lawan arah (Contraflow) dari kilometer 36+800 sampai dengan Km 70 Tol Jakarta-Cikampek. Rekayasa lalu lintas tersebut berlaku mulai pukul 00.15 WIB malam tadi.

Lisye mengatakan saat itu arus lalu lintas kendaraan arah Cikampek pada Ruas Jalan Tol Japek terpantau volume kendaraan mulai meningkat. "PT JTT telah mengoperasikan total 22 gardu tol di GT Cikampek Utama dari kondisi normal 13 gardu tol, dan penyiagaan tambahan 17 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi," ujarnya.

Baca Juga: Puncak Mudik 2023, Volume Kendaraan di Cipali Naik 19 Persen

Baca Juga: Masuk Prediksi Puncak Arus Mudik 2023, One Way di Cipali Dilanjutkan

Baca Juga: Banyak Pemudik Bersepeda Motor, Mudik Gratis Belum Efektif? 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya