Arus Lalin Tol Cipularang Dialihkan Setiap Jam 0.00-4.00 WIB, Ada Apa?

Rekayasa lalin menyusul pembongkaran gelagar di Purwakarta

Purwakarta, IDN Times - Kendaraan dari Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) mengalami pengalihan arus mulai pukul 00.00 hingga 04.00 WIB. Rekayasa lalu lintas itu menyusul adanya pekerjaan pembangunan Proyek Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Jasa Marga dan PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) mulai melakukan pekerjaan pembongkaran gelagar overpass eksisting di Cigelam. “Tepatnya, di kilometer 75+750 Simpang Susun Sadang,” kata Shibgatullah Mahmuda selaku Pemimpin Proyek Paket 3 PT JSS dalam keterangan persnya, Selasa (14/2/2023).

Ia memastikan pekerjaan tersebut akan membuat arus kendaraan yang melintas di atas Jalan Tol Cipularang sedikit terganggu. Pengalihan arus itu berlaku untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung maupun sebaliknya.

1. Jadwal pekerjaan pembongkaran gelagar di Cigelam

Arus Lalin Tol Cipularang Dialihkan Setiap Jam 0.00-4.00 WIB, Ada Apa?dok Jasa Marga

Pihak JSS menerangkan, pekerjaan pembongkaran gelagar eksisting itu akan dilakukan secara bertahap mulai kemarin malam sampai dengan 06 Maret 2023. Namun, pekerjaan hanya berlangsung selama periode window time pukul 00.00-04.00 WIB.

Itu pun, hanya dijadwalkan setiap Selasa sampai dengan Kamis. “Pekerjaan pembongkaran gelagar overpass sebelumnya akan diawali persiapan teknis pada pukul 22.00 WIB,” ujar Shibgatullah.

2. Rekayasa lalu lintas untuk keamanan dan keselamatan

Arus Lalin Tol Cipularang Dialihkan Setiap Jam 0.00-4.00 WIB, Ada Apa?dok Jasa Marga

Pada waktu pekerjaan berlangsung, petugas akan melakukan rekayasa lalu lintas menggunakan lajur detour. Pengaturan itu sesuai kesepakatan Jasamarga Metropolitan Tollroad pengelola Jalan Tol Cipularang dan PT JJS selaku pengelola Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan.

Adapun pelaksanaannya secara teknis bekerjasama dengan pihak kepolisian. “Rekayasa lalu lintas tersebut guna menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan tol,” kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti.

3. Rencana pengalihan lalu lintas dari Bandung dan Jakarta

Arus Lalin Tol Cipularang Dialihkan Setiap Jam 0.00-4.00 WIB, Ada Apa?dok JSS

Irra pun merinci rencana pengalihan lalu lintas yang diberlakukan saat pekerjaan pembongkaran. “Titik awal pengalihan lalu lintas (detour) dari arah Bandung mulai kilometer 74+750, sampai dengan kilometer 76+100,” katanya.

Sedangkan, untuk arah Jakarta dimulai di kilometer 77+025 sampai dengan kilometer 75+100. Pihak PT JJS berharap pembongkaran overpass kali ini bisa melanjutkan pembangunan proyek Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan.

4. Jembatan penyeberangan baru berupa elextend underpass

Arus Lalin Tol Cipularang Dialihkan Setiap Jam 0.00-4.00 WIB, Ada Apa?dok Jasa Marga

Sementara itu, mereka juga diketahui telah membangun jembatan penyeberangan baru berupa elextend underpass. Jembatan yang dimaksud berada di kilometer 75+100 Jalan Tol Cipularang, tidak jauh dari posisi overpass eksisting.

“Jasa Marga dan PT JJS memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut. Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya,” tutur Irra.

Baca Juga: Eksekusi Lahan Tol Japek II Selatan di Karawang Tak Direstui Warga

Baca Juga: Awal 2023 Volume Kendaran Naik, Jasa Marga Operasikan Tol Japek II

Baca Juga: Simpang Susun Bergeser, Tol Japek II Selatan Bertambah 3 Kilometer

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya