Anies Baswedan Penuhi Panggilan Polisi Terkait Hajat Rizieq

Dia tiba di Polda Metro Jaya sebelum waktu yang ditentukan

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memenuhi panggilan polisi pada Selasa (17/11/2020). Dia datang untuk dimintai keterangan terkait terjadinya kerumunan massa di acara pernikahan putri petinggi Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akhir pekan lalu.

Anies tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan pada pukul 09.43 WIB.

"Jadi hari ini saya datang sebagai warga negara untuk memenuhi undangan dari Polda. Itu saja," kata Anies.

1. Dapat undangan klarifikasi sebelumnya

Anies Baswedan Penuhi Panggilan Polisi Terkait Hajat RizieqGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies mengatakan, mendapat surat undangan untuk memberikan klarifikasi pada Senin, 16 November 2020 pukul 14.00 WIB. Dia rencananya bakal diperiksa oleh Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

"Mengundang saya untuk memberikan klarifikasi pada 17 November 2020 pukul 10.00 WIB," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut.

Baca Juga: Gubernur DKI Anies Ikut Dipanggil Polisi Terkait Acara Rizieq Shihab

2. Polisi klarifikasi acara yang digelar Rizieq

Anies Baswedan Penuhi Panggilan Polisi Terkait Hajat RizieqGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Kepolisian bakal meminta keterangan Anies terkait dengan acara pesta pernikahan putri Pendiri Front Pembela Islam (FPI) itu. Kegiatan itu disebutkan telah melanggar protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Tindak lanjut penyidik dalam perkara protokol kesehatan atas diselenggarakannya acara resepsi pernikahan putri HRS, jadi penyidik sudah mengirimkan surat klarifikasi ke Gubernur DKI Jakarta," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 16 November 2020.

3. Acara yang digelar Rizieq dipenuhi massa

Anies Baswedan Penuhi Panggilan Polisi Terkait Hajat Rizieq(Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab) Screen shot Youtube

Pesta pernikahan putri Rizieq Shihab tersebut juga dibarengi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 14 November 2020. Acara tersebut dipadati pengikut Rizieq dan menimbulkan kerumunan dan terjadinya pelanggaran protokol.

Sejumlah peserta kedapatan tidak memakai masker dan dapat menyebabkan potensi penularan COVID-19.

Tak sampai di situ,  PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terpaksa mengalihkan sejumlah rute armadanya, karena ada penutupan jalur di sekitar kawasan Jl KS Tubun, sehingga beberapa penghentian tak bisa dilewati.

Baca Juga: Trending di Twitter Pagi Ini, Rizieq Shihab hingga Anies Baswedan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya