Promosikan Bandara Kertajati, Disparbud Jabar Keliling Indonesia

Bali jadi salah satu daerah yang tengah diajak kerja sama

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat tengah bersafari ke berbagai wilayah lain di Indonesia untuk mempromosikam Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Bandara terbesar kedua se-Indonesia itu memang baru diluncurkan beberapa waktu lalu.

Saat ini, promosi baru saja berlangsung di Bandara I Gusti Ngurah Rai Provinsi Bali pada 9-10 Desember 2023.

Kegiatan ini merupakan inisiatif kolaboratif Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama stakeholder, salah satunya Bandara Ngurah Rai untuk memperkenalkan Bandara International Jawa Barat BIJB sebagai bandara terbesar di indonesia ke-2.

1. Bali pegang peran penting untuk BIJB Kertajati

Promosikan Bandara Kertajati, Disparbud Jabar Keliling IndonesiaPromosikan Bandara Kertajati, Disparbud Jabar Keliling Indonesia (IDN Times/istimewag

Di Bali, Disparbud Jabar menjelaskan secara detail berbagai hal tentang BIJB Kertajati. Misalnya, tak hanya urusan penerbangan, Bandara Kertajati juga memberikan berbagai layanan lain untuk menambah kenyamanan penumpang seperti welcome drink, quizz, podcast, serta merchandise untuk membawa BIJB lebih dekat kepada masyarakat.

Bandara international Ngurah Rai Denpasar Bali ini dipilih dikarenakan Bandara I Gusti Ngurah Rai merupakan pintu gerbang tidak hanya wisatawan Domestik tetapi juga wisatawan International.

2. Siapkan berbagai promo menarik untuk masyarakat

Promosikan Bandara Kertajati, Disparbud Jabar Keliling IndonesiaPromosikan Bandara Kertajati, Disparbud Jabar Keliling Indonesia (IDN Times/istimewag

Dalam pertemuan itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menghadirkan narasumber antara lain Airport Commercial Marketing Senior Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai (AP1) Jadid Abraham; GM Angkasa Pura II Nuril Huda; Direktur Utama BIJB Muhammad Singgih; Kepala Bidang Perkeretaapian dan Pengembangan Transportasi Dishub Jabar Dhani Gumelar; dan bassist band Superman is Dead, Eka Rock.

GM Angkasapura II Nuril Huda menuturkan, BIJB dapat menjadi Bandara yang unggul dan meningkatkan konektivitas, memajukan perekonomian khususnya Jawa Barat.

"Hadirnya BIJB diharapkan seluruh masyarakat dapat terbang melalui Jawa Barat, di mana Kertajati menjadi kebanggaan Jawa Barat. Ke depannya juga akan ada program kerja sama di mana yang memiliki tiket atau boarding pass penerbangan ke Kertajati maka akan mendapatkan diskon promo yang menarik," ucap Nuril, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Senin (11/12/2023).

3. Pemerintah siapkan tiket shuttle gratis

Promosikan Bandara Kertajati, Disparbud Jabar Keliling Indonesiailustrasi Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sebelumnya, kegiatan serupa telah berlangsung di Sumatera dan Kalimantan, seiring dengan pengaktifan BIJB Kertajati secara optimal.

Di BIJB Kertajayi saat ini, terdapat sembilan layanan penerbangan, salah satunya ke Bandara Internasional Kualanamu Sumatera Utara.

“Untuk itu kami sangat berkepentingan sekali mempromosikan Bandara Kertajati kepada wisatawan yang hadir di Bali untuk memperpanjang wisata mereka di Jawa Barat melalui direct flight dari Ngurah Rai ke Kertajati yang sudah beroperasi rutin tiga kali sehari,” ucap Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar.

Ia menjelaskan, Pemprov Jabar juga memberikan kemudahan lainnya untuk wisatawan yang mengunjungi destinasi di Jawa Barat, berupa tiket gratis menggunakan shuttle Bandara Kertajati. Shuttle tersebut memiliki rute ke Bandung, Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu.

"Banyak yang sudah mulai tahu terkait Kertajati, dan mendapatkan pengalaman baru. Oleh karena itu, kami terus mempersiapkan agar apa yang diinginkan wisatawan bisa terpenuhi," katanya

Baca Juga: Disperindag: 27 Produk IKM Jawa Barat Hadir di BIJB Kertajati

Baca Juga: Menhub Tawarkan Abu Dhabi Airports Ikut Kelola Bandara Kertajati

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya