Devcamp 2022 Tuntas, Ini Deretan Mahasiswa Pemenangnya

Tokopedia ingin mencetak lebih banyak talenta digital

Bandung, IDN Times - Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, baru saja menyelesaikan program pelatihan intensif dan komprehensif di bidang teknologi (tech bootcamp), Devcamp 2022. Program itu digelar dengan tema ‘Improving the Quality of Life through Technology’ pada 10-16 Oktober 2022 secara virtual.

Head of Engineering Tokopedia, Gilang Kusuma Jati menjelaskan, lewat Devcamp, perusahaannya berupaya mencetak lebih banyak talenta digital berkualitas yang dapat menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Demi memajukan industri teknologi tanah air dan mencapai pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Devcamp juga sejalan dengan komitmen pemerintah memenuhi kebutuhan akan 9 juta talenta digital, dan mencapai target 113 juta talenta digital pada tahun 2030,” kata Gilang, dalam Virtual Media Briefing Devcamp 2022, Selasa (25/10/2022).

1. Kurikulum yang dipelajari mulai dari backend hingga iOS dan Android

Devcamp 2022 Tuntas, Ini Deretan Mahasiswa PemenangnyaProgram Devcamp 2022 Tuntas, Ini Deretan Mahasiswa Pemenangnya (IDN Times/Istimewa)

Program tahunan ini ditujukan bagi mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate dengan pengalaman kerja maksimal dua tahun. Peserta yang berhasil lolos proses seleksi (CV, tes daring dan wawancara) mendapatkan berbagai manfaat dari kegiatan ini.

Misalnya, Gilang menjelaskan, pelatihan intensif dengan berbagai kurikulum yang dipelajari mulai dari backend, web platform, engineering productivity, iOS dan Android.

Tak hanya itu, ada pula pengembangan networking, di mana diisi oleh diskusi dengan sesama tech enthusiast dan ahli teknologi di Tokopedia.

“Di sisi lain ada juga kegiatan mentorship yang didampingi mentor hingga virtual hackathon, di mana peserta ditantang untuk menciptakan produk yang solutif dalam waktu singkat,” tutur Gilang.

2. Pemenang dari tiga kategori

Devcamp 2022 Tuntas, Ini Deretan Mahasiswa PemenangnyaProgram Devcamp 2022 Tuntas, Ini Deretan Mahasiswa Pemenangnya (IDN Times/Istimewa)

Animo akan program Devcamp 2022 ini sangat tinggi, terbukti dari peningkatan jumlah pendaftar sebesar 1,5 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Peserta perempuan pada Devcamp 2022 juga meningkat sebanyak dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Pendaftar Devcamp 2022 merupakan mahasiswa Indonesia dari berbagai universitas di Indonesia hingga luar negeri.

Pemenang Devcamp 2022 terbagi menjadi tiga kategori yaitu Best Problem, Best Solution, dan Best Technology. Ketiga pemenang utama mendapatkan hadiah total Rp90 juta, antara lain:

  1. Best Problem: Pemenang menemukan masalah yang paling relevan di masyarakat dan perlu diselesaikan dengan teknologi. Kategori ini dimenangkan oleh Yusril (Universitas Hasanuddin), Widdy Arfiansyah (Universitas Sukabumi Muhammadiyah), Michael Yan Petra (Universitas Tarumanegara).
  2. Best Solution: Pemenang menyajikan solusi terbaik untuk sebuah masalah yang ada di masyarakat. Kategori ini dimenangkan oleh Raihanah Nabilah Fatinah (YALE-NUS College), Anang Nugraha (Universitas Sriwijaya), dan Glory Alifa Puncuna (Universitas Indonesia).
  3. Best Technology: Pemenang berhasil menciptakan teknologi yang paling solutif. Kategori ini dimenangkan oleh M. Ichsanul Amal (Universitas Indonesia), M. Maroqi Abdul Jalil (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), dan Steven Hansel (Universitas Bina Nusantara).

3. Tidak hanya hard skill, tapi juga kemampuan komunikasi

Devcamp 2022 Tuntas, Ini Deretan Mahasiswa PemenangnyaPixabay/Engin Akyurt

Software Engineer Tokopedia sekaligus pemenang Devcamp 2021, Audrey Datau mengatakan, pengalaman dan ilmu yang ia dapat selama Devcamp 2021 sangat berguna dan bisa diterapkan di dunia kerja, khususnya di perusahaan teknologi seperti Tokopedia.

“Selain hard skill seperti konsep testing pada sesi engineering productivity, saya juga belajar cara berorganisasi, berkolaborasi dan berkomunikasi,” ujar Audrey.

Devcamp merupakan salah satu inisiatif di bawah naungan Tokopedia Academy; wadah untuk mengasah kemampuan talenta digital Indonesia, sekaligus upaya Tokopedia mewujudkan pemerataan pengetahuan lewat teknologi.

Adapun Tokopedia Academy telah menyelenggarakan sederet program lainnya, misal konferensi teknologi seperti START Summit, Women in Tech, START CX F1SRT Summit, hingga Tokopedia Goes to Campus.

Baca Juga: Tokopedia Bantu Perempuan di Jabar Go Digital 

Baca Juga: Tips Bikin Foto Produk Jualan Online yang Menarik Konsumen Tokopedia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya