Tokopedia Bantu Perempuan di Jabar Go Digital 

Tokopedia berkolaborasi dengan Unilever dan Sekoper Cinta

Bandung, IDN Times - Perusahaan perdagangan elektronik, Tokopedia kembali berkolaborasi dengan Unilever dan Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) Jawa Barat (Jabar). Kolaborasi ini berbentuk pelatihan digitalisasi pada 100 anggota Sekoper Cinta.

Sebagaimana diketahui, Sekoper Cinta merupakan inovasi Pemerintah Daerah Provinsi Jabar untuk mendorong kemandirian perempuan. Adapun anggotanya merupakan para perempuan yang ada di Jabar.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan mengatakan, melalui akademi UKM Tokopedia akan memberikan materi dari sisi go digital, literasi keuangan, rebranding, dan promosi produk.

"Jabar secara provinsi startegis dan beersama unilever juga kolaborasi ini menajdi posiitf dan membrikan dampak besar bagi UKM go digital," ujar Emmiryzan di Kampus Sekoper Cinta, Kota Bandung, Kamis (13/10/2022).

1. Kota Bandung paling banyak perempuan yang menjual produk dagangan di Tokopedia

Tokopedia Bantu Perempuan di Jabar Go Digital Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Berdasarkan data yang dimilikinya, UMKM di Jabar yang diinisiasi oleh perempuan meningkat pada medio 2022 ini. Langkah untuk memaksimalkan penjualan dengan pemberian latihan merupakan pilihan yang tepat.

"UMKM permepuan tumbuh dua kali lipat dibandkingkan tahun sebelumnya, dan Kota Bandung penjual perempuan terbanyak. Kerjasama ini sudah sejak 2019 dilakukan hybrid juga secara online," ungkapnya.

Selain itu, dalam pelatihan ini juga akan banyak hal yang dapat diaplikasikan pada para anggota Sekoper Cinta. Menurutnya, banyak hal yang masi belum diketahui anggota untuk menjual produknya secara digital.

"Untuk bisa suskes dan memberikan hal yang positif tidak hanya fokus pada penjualan, tapi SDM-nya. Tidak hanya untuk meningkatkan penjualan dan transaksi kami gandeng unilever sisi branding produk dan marketing untuk meberikan dampak lebih besar," katanya.

2. Unilever akan berikan materi pada anggota Sekoper Cinta

Tokopedia Bantu Perempuan di Jabar Go Digital Equity, Diversity and Inclusion Lead Unilever Indonesia Foundation, Marini Fabiano (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sedangkan, Equity, Diversity and Inclusion Lead Unilever Indonesia Foundation, Marini Fabiano mengatakan, kolaborasi ini akan difokuskan pada sektor pemberdayaan perempuan. Sebab, Sekoper Cinta sendiri sangat konsen akan hal itu.

"Kami lihat Tokopedia dengan keukuatan digitalaiis UMKM dan Unilever bidang pemasaran bisa disatukan utnuk meberikan pendampingan menyeluruh," ucap Marini.

Marini menjelaskan, akan ada pelatihan fokus kewirasusahan marketing branding dan promosi. Selain itu, pelatihan juga akan terus dilakukan tidak berhenti dalam program kolaborasi ini saja.

"Pengetahuan diberikan tentang seberapa penting produk dan memasarkan produknya, tapi memassarkan dengan cara yang tepat keapda konsumen," katanya.

3. Atalia berharap program ini memberi banyak manfaat

Tokopedia Bantu Perempuan di Jabar Go Digital Ketua Umum Sekoper Cinta, Atalia Prarartia (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ketua Umum Sekoper Cinta, Atalia Prarartia mengatakan, program ini mengajak para perempuan di Jabar untuk melek digital, khususnya untuk para pelaku UMKM. Menurutnya, banyak perempuan yang belum mau memanfaatkan digitalisasi dengan maksimal sesuai dengan kebermanfaatannya.

"Jadi ada 100 perempuan hari ini yang mereka mendapatkan pembelajaran tersebut sehingga mereka mampu memperkenalkan produknnya atau minimal mereka dapat menggunakann digitalisasi dengan benar," ujar Atalia.

Atalia menambahkan, pemberdayaan perempuan di Jabar akan terus dikembangkan. Program ini juga sangat bermanfaat untuk para pelaku UMKM perempuan.

"Selain mereka paham, mereka mampu memanfaatkan digital untuk meningkatkan kesejahteraan, kemampuan yan berujung kepada kemandirian ekonomi," kata dia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Item Fashion Bernuansa Batik dari Tokopedia, Modern!

Baca Juga: Persib Bandung Jalin Kerja Sama dengan GoPay dan Tokopedia

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya