Dinkes Cimahi Telusuri Kontak Erat Suspect Cacar Monyet Asal Cianjur

Suspect cacar monyet sebelumnya ditemukan Dinkes KBB

Cimahi, IDN Times - Suspect cacar monyet asal Kabupaten Cianjur yang ditemukan Puskesmas Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ternyata meninggalkan jejak di Kota Cimahi, Jawa Barat. Dia tinggal di sebuah kontrakan wilayah Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan.

Mendapati hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi pun melakukan penelusuran untuk mencari kontak erat dengan pria asal Cianjur yang diduga terkena cacar monyet atau monkeypox tersebut. Hasilnya, ditemukan satu orang kontak erat.

"Kami melakukan penulusuran ke wilayah yang pernah dia tinggal. Hasilnya, ada satu orang kontak erat dan kami langsung melakukan pemeriksaan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinkes Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini saata dihubungi, Kamis (9/11/2023).

1. Kontak erat tidak mengalami gejala suspek cacar monyet

Dinkes Cimahi Telusuri Kontak Erat Suspect Cacar Monyet Asal Cianjuristockphoto.com/kemalbas

Dwihadi mengungkapkan, berdasarkan hasil penelusuran dan pemeriksaan, kontak erat tersebut dipastikan tidak memiliki gejala seperti yang yang dialami oleh warga asal Kabupaten Cianjur yang suspect cacar monyet.

"Jadi kami lakukan penelusuran terhadap kontak eratnya saja. Setelah diperiksa, dia tidak merasakan gejala yang sama," ucap Dwihadi.

Dengan hasil tersebut, Dinkes memastikan sampai saat ini belum ditemukan adanya kasus cacar monyet di Kota Cimahi. Namun pemerintah tetap melakukan antisipasi agar penyakit ini tidak menyebar di wilayah Cimahi.

"Sampai saat ini kasus cacar monyet di Cimahi tidak ada, jadi kalau ada yang merasakan gejala cacar monyet harus langsung berobat ke fasilitas kesehatan, nanti akan langsung dilakukan pemeriksaan," kata Dwihadi.

2. Suspect cacar monyet yang ditemukan Dinkes KBB ditangani Dinkes Cianjur

Dinkes Cimahi Telusuri Kontak Erat Suspect Cacar Monyet Asal Cianjurilustrasi monkeypox atau cacar monyet (IDN Times/Aditya Pratama)

Penyintas HIV yang ditemukan suspect cacar monyet atau monkeypox oleh Dinkes KBB kini sudah diserahkan penanganannya kepada Dinkes Kabupaten Cianjur. Sebab, pasien yang berjenis kelamin pria itu merupakan warga Cianjur.

Sebelumnya, diketahui Dinas Kesehatan KBB melalui Puskesmas Padalarang menemukan seorang pria asal Cianjur yang diduga terkena wabah cacar monyet atau monkeypox. Namun, pasien tersebut bukan warga KBB, melainkan asal Kabupaten Cianjur yang sedang menjalani perawatan HIV di Puskesmas Padalarang.

"Iya penanganannya (diserahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur), yang bersangkutan bukan warga KBB, warga Kabupaten Cianjur," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinkes KBB Nurul Rasihan.

3. Pasien dalam kondisi tidak terlalu parah

Dinkes Cimahi Telusuri Kontak Erat Suspect Cacar Monyet Asal Cianjurilustrasi cacar monyet (freepik.com/freepik)

Nurul mengungkapkan, kondisi pria yang diduga terkena wabah cacar monyet itu tidak terlalu berat. Hal itu diketahui berdasarkan pemeriksaan terakhir yang dilakukan Puskesmas Padalarang sebelum diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.

"Kondisinya gak berat. Masih bisa berobat jalan dan sekarang sudah kembali ke rumahnya di Cianjur," kata Nurul.

Baca Juga: Pemerintah Ungkap Kondisi Suspect Cacar Monyet Asal Cianjur

Baca Juga: Cimahi dan KBB Waspada Cacar Monyet, Usai Muncul Kasus di Bandung 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya