Tugas Baru dari Luhut untuk Ridwan Kamil: Jadi Tokoh Masyarakat Jabar 

RK diminta terlibat penanganan DAS Citarum usai menjabat

Bandung, IDN Times - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan memberikan tugas baru pada Ridwan Kamil alias Emil setelah berakhirnya masa jabatan sebagai Gubernur Jawa Barat pada 5 September 2023.

Tugas baru yang diberikan pada Ridwan Kamil ini yaitu sebagai tokoh Jawa Barat yang peduli terhadap DAS Citarum. Sebab kinerja Ridwan Kamil selama menjadi Gubernur Jawa Barat dalam menangani DAS Citarum menurut Luhut tergolong baik.

"Saya berharap nanti pada akhir bulan September kita duduk untuk melihat evaluasi (Citarum). Saya minta tolong buat rapat seperti ini walaupun pak gubernur sudah menjadi tokoh masyarakat, diundang saja ya," ujar Luhut dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan (PPK) DAS Citarum di Gedung Sate, Selasa (29/8/2023).

1. Luhut minta Pj gubernur terpilih belajar ke Ridwan Kamil

Tugas Baru dari Luhut untuk Ridwan Kamil: Jadi Tokoh Masyarakat Jabar Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Jabatan Gubernur Jawa Barat sendiri nantinya akan diisi oleh Penjabat (Pj). Luhut mengungkapkan, hal itu tidak menjadi soal untuk Kemenko Marves mengundang Ridwan Kamil untuk ikut terlibat menenangkan soal evaluasi dari penanganan DAS Citarum.

"Walaupun nanti gubernurnya Pj, beliau (Ridwan Kamil) suruh hadir. Saya kira baik, biar kita lihat guyub semua damai-damailah ya. Beliau nanti bisa share juga pengalaman dia ke Pj gubernur terpilih," ungkapnya.

2. Luhut sebut Ridwan Kamil paten

Tugas Baru dari Luhut untuk Ridwan Kamil: Jadi Tokoh Masyarakat Jabar Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Luhut juga meminta agar dalam waktu yang singkat Ridwan Kamil bisa segera menyusun laporan komprehensif pelaksanaan penanganan Citarum untuk dilaporkan pada Presiden sebagai bagian dari kinerja pemerintah sekaligus rekomendasi untuk keberlanjutan pemerintah daerah selanjutya.

"Jadi sebelum Pak Ridwan pergi, ya jadi rakyat biasa dulu. Nanti kita doakan saja biar jadi apalagi nih kawan nih? Soalnya Pak Ridwan ini kan paten!" katanya.

3. Ridwan Kamil juga akan diajak uji coba KCJB

Tugas Baru dari Luhut untuk Ridwan Kamil: Jadi Tokoh Masyarakat Jabar Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, Luhut juga meminta Ridwan Kamil agar ikut menguji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bulan depan. Adapun Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melakukan soft launching KCJB di tanggal 8 September mendatang. Sedangkan masa jabatan Gubernur Ridwan Kamil berakhir 5 September.

"KCIC enggak ada masalah. Presiden naik pertama kali tanggal 8 (September). Saya dan Pak Gubernur (Ridwan Kamil) tanggal 6. Kami akan coba dari Jakarta ke Bandung," kata dia.

Baca Juga: Luhut Binsar Ungkap Tujuh Sumber Pencemaran DAS Citarum

Baca Juga: Luhut Pimpin Operasi Penanganan Polusi Udara Jakarta

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya