Ridwan Kamil Beri Tiga Penghargaan pada Perseroda MUJ

MUJ dinilai telah berkontribusi dalam kegiatan TJLS

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil memberikan tiga penghargaan pada PT Migas Utama Jabar (Perseroda) atau MUJ dalam acara Forum CSR Jawa Barat. BUMD milik Jabar ini dinilai telah berkontribusi dalam kegiatan Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL).

Tiga penghargaan diserahkan Emil pada Direktur Keuangan dan Umum PT MUJ, Punjul Prabowo. Dia mengatakan, konsep ke-Jawa-Barat-an yang dibangun pada masa kepemimpinannya adalah Jabar Juara Lahir Batin.

Artinya, Jabar Juara Lahir Batin diusung bukan hanya juara dalam urusan duniawi tapi juara secara spiritualitas. Jabar juga sudah menyabet 436 penghargaan. Adapun konsep kolaborasi dibangun untuk memenuhi dasar Pancasila ke- 5 yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

"Kita di sini tidak semata mencari cuan dalam mencapai goals, karena di dalam kekayaan itu ada tanggung jawab dalam sila kelima tersebut. Kenapa harus menyisihkan dan harus berbagi karena kita sepakat melalui sila kelima itu," ujar Emil melalui keterangan resmi, Sabtu (24/12/2022).

1. MUJ dimarah sesuai dengan bidangnya

Ridwan Kamil Beri Tiga Penghargaan pada Perseroda MUJGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Melaui forum ini Emil berharap, apresiasi yang tinggi dari Pemerintah Provinsi Jabar kepada perusahaan-perusahaan yang secara nyata membantu program pembangunan di daerah melalui kolaborasi program CSR-nya.

Program tersebut, kata Emil, diharapkan dapat membawa makna kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab bersama.

"Migas Utama Jabar kami arahkan sesuai bidangnya tentang energi, pemanasan iklim dan lainnya melalui forum TJSL ini," kata Emil.

2. Penghargaan ini diharapkan bisa memacu kinerja

Ridwan Kamil Beri Tiga Penghargaan pada Perseroda MUJDirektur Utama PT Migas Utama Jabar (MUJ), Begin Troys (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Forum CSR Jabar 2022 tahun ini beranggotakan 262 perusahaan, di mana MUJ mendapatkan 3 Penghargaan di group CSR Jabar. Adapun Ketiga kategori tersebut yakni; Poverty Alleviation Award (Program Pemberantasan Kemiskinan), SMEs Empowerment Award (Program Pemberdayaan UMKM/Wirausaha).

Ada juga Program pemberdayaan anak muda kreatif daur ulang bambu, Milenial Farmer Award (Program Petani Milenial), integrasi program budidaya ikan dengan energi terbarukan.

"Terima kasih atas penghargaan ini. Semoga penghargaan ini bisa lebih memacu untuk membangun ekonomi Pancasila sesuai arahan Kang Emil agar tidak hanya bisa juara dari segi perusahaan, tapi bisa terus bermanfaat untuk masyarakat," kata Direktur Utama MUJ Begin Troys.

3. MUJ ucapkan terima kasih pada Gubernur Jabar

Ridwan Kamil Beri Tiga Penghargaan pada Perseroda MUJDirektur Utama PT Migas Utama Jabar (MUJ), Begin Troys (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Begin juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Ridwan Kamil yang terus mendukung program MUJ dalam menjalankan usaha yang kini meluas ke energi dan sumber daya mineral, serta program kebermanfataannya melalui TJSL Perseroan.

Penghargaan yang diberikan di Forum CSR Jawa Barat 2022 menyentuh program-program CSR yang juga mendukung dan bersinergi dengan beberapa program pembangunan seperti program Petani Milenial, program stunting, program kemiskinan, program WASH (water, sanitation, and hygene), UMKM Juara, serta program lingkungan hidup dan program terkait mitigasi dampak perubahan iklim.

Puncak pemberian penghargaan jatuh pada kategori Sustainable, di mana penghargaan yang diberikan merupakan penghargaan bagi perusahaan Mitra CSR Jabar yang telah mendukung agenda pembangunan Jabar. 

Sistem penilaian dilakukan berdasarkan realisasi kegiatan yang telah dilaporkan di website dengan fokus jumlah penerima manfaat, keberlanjutan program, dan sinergi dengan indikator-indikator spesifik sesuai dengan masing-masing bidang. Hal yang membedakan lainnya adalah, di tahun 2022 ini penghargaan juga diberikanbagi tim fasilitas CSR Kabupaten dan Kota. 

Baca Juga: Jalin Kolaborasi, PLN dan MUJ Komitmen Capai Zero Emission 2060

Baca Juga: Resmi Jadi Holdings, MUJ Tancap Gas Bangun SPKLU Kendaraan Listrik 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya