Ridwan Kamil Beri Lampu Hijau Atalia Praratya Maju DPR RI Dapil Jabar

Ridwan Kamil pastikan Atalia tepat maju jadi legislator

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil memberikan lampu hijau bagi istrinya, Atalia Praratya, maju untuk kontestasi DPR RI melalui Partai Golkar untuk Dapil Jabar satu. Keputusan ini telah didiskusikan sejak jauh-jauh hari sebelum akhirnya Atalia didorong maju jadi bakal calon legislator RI.

Emil mengatakan, istrinya memiliki kapasitas untuk menjadi wakil rakyat. Secara latar belakang pendidikan juga Atalia telah matang dan pas untuk mewakili warga Jabar khususnya Dapil Jabar 1 yaitu Kota Bandung dan Cimahi.

"Bu Atalia punya kapasitas sendiri, pintar, pendidikannya lebih tinggi dari saya, gelar doktor, aktivis, jadi memiliki kapasitas sendiri. Selama ini memberikan hidupnya untuk masyarakat dan kemanusiaan," ujar Ridwan Kamil, saat ditemui di Masjid Al Jabbar, Sabtu (13/5/2023).

1. Partai Golkar tepat untuk Atalia

Ridwan Kamil Beri Lampu Hijau Atalia Praratya Maju DPR RI Dapil JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Emil mengatakan, tujuan maju dalam kontestasi politik sendiri untuk memeberikan maslahat bagi masyarakat. Apalagi, dengan masuk dunia politik, aspirasi masyarakat ia pikir bisa tersampaikan ke pemerintah pusat.

"Masuk partai itu punya cita-cita membawa kebermanfaatannya di level kebijakan Nasional. Makanya, memilih ingin mengabdikan pemikirannya di level nasional. Maka yang paling pas sebagai anggota DPR," ungkapnya. 

Mengenai Partai Golkar yang menjadi kendaraan politik, Emil menegaskan, ia tidak pernah mengintruksikan agar Atalia terjun dan gabung dengan Partai Golkar. Menurutnya, hal ini merupakan merupakan pilihannya sendiri.

"Saya tidak pernah ngarahin, hanya memberikan plus minus dari keinginannya. Saya tidak maksa, tidak mengarahkan terlalu jauh. Dan saya tidak ikut karena saya fokus eksekutif, jadi tidak ada konflik kepentingan," ucapnya.

2. Ridwan Kamil support Atalia nyaleg

Ridwan Kamil Beri Lampu Hijau Atalia Praratya Maju DPR RI Dapil JabarGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil menambahkan, keputusan yang diambil oleh Atalia juga telah didiskusikan secara bersama. Bahkan, obrolan ini sudah dilakukan sejak satu tahun lalu.

Soal arahan pada Atalia dalam berpolitik, Emil mengatakan, sudah banyak memberikan nasihat.

"Kalau jadi politik praktis itu jadi makhluk panggung, pasti dikomentarin, jadi sudah siap. Bukan makhluk panggung juga, suka dan tidak suka mah ada saja. Saya support tapi tidak mengarahkan, tidak ada paksaan. Itu sudah hidupnya sendiri, cuma kan harus ada ridho suami," kata dia.

3. Partai Golkar umumkan Atalia nyaleg

Ridwan Kamil Beri Lampu Hijau Atalia Praratya Maju DPR RI Dapil Jabarinstagram.com/ataliapr

Untuk diketahui, kabar Atalia Praratya maju ke DPR RI disampaikan langsung oleh Sekjen DPD Partai Golkar Jabar, MQ Iswara. Dia mengatakan, Atalia sudah bergabung dengan Partai Golkar.

"Benar, berdasarkan surat resmi dari DPP Partai Golkar, Bu Atalia Praratya atau istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendaftarkan diri di Dapil I Kota Bandung-Kota Cimahi untuk DPR RI," kata Iswara, Jumat (12/5/2023).

Menurutnya, bergabungnya Atalia Praratya ke Partai Golkar tentunya menjadi energi baru bagi partai berlambang pohon beringin di Jabar. Hal itu tentu menjadi efek dari bergabungnya Ridwan Kamil di Partai Golkar.

"Tentu saja kami berterima kasih, karena ini salah satu bentuk bahwa bergabungnya Ridwan Kamil menambah energi baru bagi Partai Golkar di Jabar," ujar Iswara. 

Baca Juga: Ridwan Kamil: Saber Pungli Jabar Tindak Kasus Tidak Tunggu Viral! 

Baca Juga: Simulasi 8 Cagub DKI Versi Indikator: Ridwan Kamil Teratas

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya