Persiapan Operasi Penuh BIJB Kertajati Sudah 100 Persen

Maskapai yang ada di BIJB Kertajati akan diberikan insentif

Bandung, IDN Times - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dipastikan sudah siap 100 persen untuk beroperasi kembali pada 29 Oktober 2023. Sejumlah maskapai yang akan melayani penumpang juga akan diberikan insentif khusus.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, sebagai operator BIJB Kertajati, semua persiapan sudah sangat matang. Apalagi bandar udara yang ada di Kabupaten Majalengka itu sebelumnya sudah beroperasi.

"Kalau secara kesiapan kami sudah 100 persen. Tapi untuk memastikan dalam konteks penataan dan pemindahan 23-25 Oktober kami akan melakukan shadow opration," ujar Awaluddin saat ditemui di Bandung, Selasa (17/10/2023).

1. Shadow operation akan dilakukan dalam waktu dekat

Persiapan Operasi Penuh BIJB Kertajati Sudah 100 PersenDirektur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, shadow opration harus dilakukan sebelum penerbangan dioperasikan kembali sepenuhnya. Adapun BIJB Kertajati sendiri nantinya akan melayani beberapa rute penerbangan yang sebelumnya ada di Bandara Internasional Husen Sastranegara (BDO).

"Shadow operation dilakukan dalam konteks familiarisasi dan pemastian di lapangan, jadi kami panggil beberapa maskapai untuk contoh pembagian counter check in dan lainnya," ucapnya.

Wajah BIJB Kertajati sendiri nantinya akan berubah dari pengoperasian sebelumnya. Dia memastikan, Angkasa Pura II akan memaksimalkan pelayanan agar para penumpang nyaman dan saat datang dan terbang dari Kertajati.

"Pada akhirnya kami akan mengatakan 'terbang asik dari Kertajati' jadi terbang harus keren, dan nyaman. Orang kan dalam perjalanan stres, takut terlambat, takut bermasalah, dan segala macam. Kami ingin permudah apapun," katanya.

2. Parking fee maskapai akan dibebaskan

Persiapan Operasi Penuh BIJB Kertajati Sudah 100 PersenDirektur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain memberinya pelayanan maksimal pada penumpang, Awaluddin mengatakan, Angkasa Pura II juga memberikan kenyamanan pada para maskapai yang nantinya akan mengangkut penumpang. Kenyamanan ini berupa insentif khusus.

"AP II selaku Operator Bandara akan berikan insentif pada maskapai dalam bentuk dua. Satu dalam bentuk pembebasan parking fee. Ini kalau dia parkir, kalau dia landing, itu ada biaya dan kami bebaskan," kata dia.

Dua insentif itu menurutnya akan menjadi penghematan maskapai selama melakukan penerbangan dari BIJB Kertajati. Hanya saja, insentif itu nantinya akan tetap ada batasan.

"Rencananya kita akan berikan untuk periode waktu tertentu. Sampai kapannya nanti akan diatur," katanya.

3. BIJB Kertajati 100 persen siap beroperasi penuh

Persiapan Operasi Penuh BIJB Kertajati Sudah 100 PersenKepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno Hatta, Yufridon Gandoz Situmeang (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno Hatta, Yufridon Gandoz Situmeang mengatakan, seluruh unsur keselamatan dan detail-detail lainnya di BIJB Kertajati sudah siap sepenuhnya. Sebab bandara ini beberapa tahun kemarin juga sudah melayani penerbangan untuk kargo.

"Kami kan dari kepentingan perhubungan, regulator itu melihat sejauh mana untuk penerbangan nanti 29 Oktober itu 100 persen siap. Pesawat komersil bisa terbang langsung dari BIJB Kertajati," kata dia.

Baca Juga: BIJB Kertajati Majalengka Siap Terima Pesawat Peserta Piala Dunia U-17

Baca Juga: BIJB Kertajati Beroperasi, Pemda Majalengka Benahi Sektor Wisata 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya