Pemprov Jabar Wacanakan Pembangunan Flyover di Summarecon Bandung

Flyover dibangun untuk permudah akses ke Stasiun KCJB 

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mewacanakan pembangunan flyover dari Summarecon Kota Bandung ke Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung. Rencana ini dilakukan untuk mendukung akses Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat, Iendra Sofyan mengatakan, pembangunan flyover ini masih sebatas wacana. Artinya, nantinya bisa berubah sesuai dengan pembahasan bersama Gubernur Jawa Barat.

"Terakhir saya dengar dari Dinas Bina Marga ada wacana Summarecon ada pembangunan flyover," ujar Iendra, dikutip Selasa (1/8/2022).

1. Pemprov Jabar sudah berkoordinasi dengan Summarecon

Pemprov Jabar Wacanakan Pembangunan Flyover di Summarecon BandungPenampakan rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (dok. KCIC)

Meski hal ini masih wacana, Iendra menjelaskan, koordinasi dengan pengelola Summarecon Bandung telah dilakukan, dan menyatakan bersedia untuk membantu penambahan fasilitas tambahan untuk akses ke stasiun KCJB di Tegalluar.

"(Lokasi persisnya) Belum saya tahu, cuma Summarecon dalam konteks membantu siap untuk bantu itu. Jadi jembatan gak permanen. Itu sementara," ungkapnya.

2. Pemprov Jabar juga usul pembukaan exit tol Gedebage Kilometer 159

Pemprov Jabar Wacanakan Pembangunan Flyover di Summarecon BandungPenampakan rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (dok. KCIC)

Selain flyover, Pemprov Jabar juga tengah mengusulkan fasilitas tambahan di sekitar Stasiun Tegalluar. Misalnya akses exit Tol Gedebage baru, mengingat saat ini yang baru diresmikan untuk kilometer 149.

"Kami meminta dibuka kilometer 159 kan sekarang 149 cuma bedanya 10 kilo, tapi gak tau diizinkan apa enggak jadi sebetulnya kagok. Ini wacana," katanya.

3. KCJB mulai beroperasi pada 18 Agustus 2023

Pemprov Jabar Wacanakan Pembangunan Flyover di Summarecon BandungGoogle Image

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai beroperasi pada 18 Agustus 2023.

Luhut juga sudah melakukan uji coba KCJB dengan menaiki Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi, dengan tujuan akhir Stasiun Tegalluar, Bandung, dengan jarak 142,3 kilometer (km). 

"Menurut rencana sementara ini peresmian KCJB dilakukan pada 18 Agustus 2023. Operasi komersial diharapkan dilakukan pada Oktober 2023," kata Luhut saat meninjau uji coba KCJB, Kamis (22/6/2023).

Baca Juga: Menko Luhut Jajal KCJB: Kecepatan Kereta Capai 385 Kilometer Per Jam

Baca Juga: Polisi Jaga Ketat Area KCJB, Imbau Warga Tak Berkativitas di Bawah Rel

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya