KCIC Pastikan Kereta Whoosh Siap Beroperasi Penuh Awal Oktober

Fasilitas pendukung Kereta Cepat Whoosh sudah maksimal

Bandung, IDN Times - PT KCIC memastikan semua fasilitas Kereta Cepat Whoosh sudah matang. Evaluasi pada saat uji coba dari tanggal 15-30 September 2023 juga sudah dilakukan bersama jajaran dan instansi terkait lainnya.

GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, aksesibilitas atau fasilitas pendukung dari Stasiun Halim Jakarta hingga Stasiun Tegalluar Kabupaten Bandung juga sudah siap untuk mengantar para penumpang.

"Stasiun Halim sendiri saat ini selain bisa digunakan yang terkoneksi langsung itu KA LRT Jabodebek, untuk integrasi antarmoda itu Transjakarta juga sudah masuk di stasiun Halim," ujar Eva saat ditemui di Stasiun Bandung, Sabtu (30/9/2023).

1. Konektivitas antarmoda transportasi sudah tersedia

KCIC Pastikan Kereta Whoosh Siap Beroperasi Penuh Awal OktoberGM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, untuk fasilitas pendukung Stasiun Tegalluar, Eva mengungkapkan, sudah banyak fasilitas yang telah disediakan, seperti Bus Damri yang bisa mengantar penumpang ke Summarecon dan langsung menuju Kota Bandung.

"Stasiun Tegalluar itu sudah banyak koneksi intermodanya mulai dari Damri, hingga dari pengembang di sekitar Summarecon. Damri juga melayani perjalanan dari Halte di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung," katanya.

2. Kereta Feeder dari Stasiun Bandung ke Padalarang juga sudah disiapkan

KCIC Pastikan Kereta Whoosh Siap Beroperasi Penuh Awal OktoberGM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Setelah itu, untuk Stasiun Padalarang, Eva memastikan, PT KAI sudah menyediakan kereta feeder yang bisa mengangkut penumpang di wilayah Kota Bandung, dan Cimahi. Adapun kereta feeder sendiri memang dikhususkan untuk penumpang Whoosh.

"Yang menggunakan KA Cepat Whoosh, setelah itu akan naik feeder, jeda waktunya tidak akan terlalu lama. Kami harapkan hal-hal seperti ini memudahkan KA Cepat bisa menjadi pilihan transportasi publik oleh masyarakat," ungkapnya.

3. Waktu pasti operasi penuh akan diumumkan dalam waktu dekat

KCIC Pastikan Kereta Whoosh Siap Beroperasi Penuh Awal OktoberDesain jenama KCJB karya Ou Creative (dok. Ou Creative)

Dengan sudah maksimalnya fasilitas pendukung, maka Eva mengatakan, Kereta Cepat Whoosh sudah siap beroperasi penuh untuk masyarakat pada awal Oktober 2023. Saat disinggung waktu tepat pengoperasian akan dilakukan kapan, dia belum bisa mengumumkannya.

"Jadi untuk tanggal 2 Oktober 2023 agendanya akan saya informasikan selanjutnya ya. Apakah peresmian atau ada hal lainnya dan ini saya akan informasikan selanjutnya," kata dia.

Baca Juga: Kereta Cepat Whoosh Soft Launching 2 Oktober, Tiketnya Bakal Diskon!

Baca Juga: Jelang Pengoperasian Whoosh, Dishub Jabar: Akses Shuttle Sudah Mantap

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya