Jabar Punya DPT 35,7 Juta, Ridwan Kamil Mestinya Bisa Jadi Cawapres

Jabar penyumbang suara terbesar di Indonesia

Bandung, IDN Times - Provinsi Jawa Barat memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) paling banyak untuk Pilpres 2024 di seluruh provinsi Jawa. Dengan kondisi ini, tokoh lokal harus bisa tampil dalam kontestasi Pilpres tahun depan.

Pengamat politik sekaligus Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran, Muradi mengatakan, putra daerah sudah saatnya pentas di panggung politik nasional. Sebab dapat DPT terbanyak merupakan sebuah keuntungan.

"Ya sekarang kan secara populasi Jawa Barat menjadi penyumbang suara terbesar secara nasional, sudah sepantasnya ada putra daerah terbaik Jawa Barat di panggung politik Nasional", ujar Muradi, Selasa (17/10/2023).

1. RK jangan hanya fokus pada gerbong ITB

Jabar Punya DPT 35,7 Juta, Ridwan Kamil Mestinya Bisa Jadi CawapresGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Salah satu yang kini bisa mempresentasikan tokoh dari Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil alias RK. Menurutnya, mantan Gubernur Jawa Barat itu bisa didorong maju sebagai cawapres mendampingi salah satu paslon yang kini masih dalam pencarian.

"Hanya memang yang harus digaris-bawahi RK (Ridwan Kamil) tidak sendiri, dia tidak boleh merasa ini hanya sebatas tanggung jawab personal, di belakang dia tuh adalah gerbong Jawa Barat, bukan hanya gerbong ITB, atau gerbong Bandung," ungkapnya.

2. RK harus mempresentasikan warga Jabar tidak lagi Bandung

Jabar Punya DPT 35,7 Juta, Ridwan Kamil Mestinya Bisa Jadi CawapresGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Muradi mengatakan, selama kepemimpinan RK di Jawa Barat hal yang paling melekat yaitu membawa gerbong ITB dan dari Kota Bandung. Hal ini ia rasa harus segera dikikis dan harus fokus pada Jawa Barat secara keseluruhan.

"RK juga harus bisa memberikan keyakinan ke publik, keyakinan ke partai politik, keyakinan ke calon presiden, bahwa kalo nanti dia terpilih, dia punya ruang untuk bisa membangun tambahan elektabilitas nasional, mengingat Jawa Barat memiliki DPT sebanyak 35,7 juta suara," tuturnya.

3. RK bisa kalahkan Anies Baswedan dan Erick Thohir

Jabar Punya DPT 35,7 Juta, Ridwan Kamil Mestinya Bisa Jadi CawapresGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dia menambahkan, selain RK, terdapat juga sejumlah nama calon pemimpin yang dikaitkan dengan Jawa Barat seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Anies Rasyid Baswedan. Hanya saja, nama RK lebih melekat dibandingkan tokoh lainnya.

"Semuanya tetap kalah dengan RK jika dirasakan keterwakilan Jawa Baratnya. Erick hanya karena orangtuanya asal Jawa Barat, Sandiaga pun sama, dan Anies hanya Lahir di Jawa Barat, orangtuanya bukan asli dari Jawa Barat," kata dia.

Baca Juga: KPU Jabar Kesulitan Dongkrak Partisipan Pemilu

Baca Juga: Ummi Wahyuni Jadi Ketua KPU Jabar 2023-2028

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya