Gempa Beruntun Sumedang, Bey Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa

Gempa membuat ratusan rumah warga rusak ringan dan berat

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan tidak ada korban jiwa meninggal dari peristiwa gempa bumi magnitudo 4,8 diiringi sejumlah gempa susulan pada malam jelang pergantian tahun baru, Minggu (31/12/2023).

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, berdasarkan laporan, gempa bumi mengakibatkan 138 rumah rusak ringan, 110 rusak berat, 456 warga mengungsi, dan tidak ditemukan korban jiwa.

"Ada 456 pengungsi. Korban jiwa tidak ada, hanya luka ringan 11 orang dan dua orang di antaranya dirawat di RSUD Sumedang dan Santosa Bandung, sisanya sudah pulang ke rumah masing-masing," ujar Bey, Senin (1/1/2024).

1. Bey pantau kondisi korban di RSUD Sumedang

Gempa Beruntun Sumedang, Bey Pastikan Tidak Ada Korban JiwaIDN Times/Debbie Sutrisno

Bey menjelaskan, salah satu yang terdampak gempa cukup parah dan menjadi fokus penanganan adalah RSUD Sumedang. Dia juga telah melihat langsung beberapa titik bangunan RSUD yang mengalami keretakan akibat gempa bumi beruntun ini.

"Kami tadi meninjau ke RSUD Sumedang, saya lihat penanganannya sudah baik yang utama adalah keselamatan dan ketenangan pasien. Jadi dipindahkan dulu ke tempat yang aman, memang masih ada pasien di dalam tapi itu berada di bangunan yang aman," ungkapnya.

2. Bey prihatin atas peristiwa ini

Gempa Beruntun Sumedang, Bey Pastikan Tidak Ada Korban JiwaPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey turut menyampaikan duka mendalam dan keprihatinan atas gempa yang mengguncang Sumedang di penghujung 2023. Adapun 108 pasien telah dievakuasi dan dirawat di halaman depan RSUD Sumedang dan 45 pasien di halaman belakang.

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kami menyampaikan rasa duka dan prihatin atas terjadinya gempa ini. Tadi malam kami langsung koordinasi baik dengan Pemkab Sumedang, BNPB, BPBD, TNI, Polri, dan BMKG," ucapnya.

3. Gempa Sumedang terjadi lima kali

Gempa Beruntun Sumedang, Bey Pastikan Tidak Ada Korban Jiwailustrasi gempa (IDN Times/Esti Suryani)

Peristiwa gempa bumi ini terjadi secara beruntun di Kabupaten Sumedang. Magnitudo dari masing-masing gempa pun berbeda. Jika ditotal gempa yang terjadi kemarin malam ini mencapai lima kali.

"Sebetulnya kemarin terjadi lima kali gempa di Sumedang, namun setelah gempa yang ketiga kekuatannya semakin rendah yaitu sekitar 2 magnitudo. Tentu kita berharap tidak terjadi lagi gempa susulan," katanya.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Bakal Jadi Daya Tarik Investasi Rebana Jabar

Baca Juga: Pengelola Usul Tarif Tol Cisumdawu Jadi Rp1.410 per Km

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya