Daftar Lima Daerah yang Jadi Tulang Punggung Investasi di Jabar

Dari lima ini ada Kabupaten dan Kota Bekasi

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menargetkan raihan invesatasi sebesar Rp188 triliun pada 2023. Sebanyak lima daerah juga akan difokuskan untuk meraih target itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar Nining Yuliastini mengatakan, lima wilayah yang berpotensi menjadi tulang punggung investasi di Jabar yakni Kota dan Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.  

"Target terbesar adalah Kabupaten Bekasi dengan investasi sekitar Rp50 triliun dan Karawang Rp40 triliun," ujar Nining, dikutip Rabu (3/5/2023).

1. Lima daerah ini diharapkan menggenjot investasi

Daftar Lima Daerah yang Jadi Tulang Punggung Investasi di JabarIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski begitu, Nining mendorong empat daerah lainnya juga untuk terus memaksimalkan kinerja pemerintahan agar para investor bisa lebih tertarik untuk menanamkan modal di Jabar. Apalagi, target yang harus diraih tergolong tinggi.

"Lima wilayah ini diharapkan mampu mencapai target, sehingga target Jabar bisa terealisasi tanpa mengesampingkan wilayah lain," ucapnya.

2. Jabar dinyatakan sebagai provinsi dengan investasi tertinggi di Indonesia

Daftar Lima Daerah yang Jadi Tulang Punggung Investasi di JabarMenteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (dok. Tangkapan Layar Youtube BKPM TV)

Untuk diketahui, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal merilis data realisasi investasi periode Januari-Maret (Tiwulan I) 2023 sebesar Rp328,9 triliun, meningkat sebesar 16,5 persen dibanding dengan periode yang sama pada 2022.

Total realisasi investasi tertinggi masih dipegang oleh Provinsi Jawa Barat sebesar Rp50 triliun, diikuti oleh DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, dan Banten.

Untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Provinsi Jabar mencatatkan realisasi tertinggi sebesar Rp21,9 triliun, diikuti oleh DKI Jakarta, Jatim, Kalimantan Timur, dan Riau.

3. PMA dan PMDN Jabar juga jadi yang tertinggi

Daftar Lima Daerah yang Jadi Tulang Punggung Investasi di JabarGoogle

Kemudian, capaian realisasi Penanaman Modal Asing (PMA), Provinsi Sulawesi Tengah kembali mencatatkan sebagai lokasi dengan realisasi PMA tertinggi, yaitu sebesar 1,9 miliar dolar AS, diikuti oleh Jabar, DKI Jakarta, Banten, dan Riau.

Realisasi investasi di Jabar relatif berimbang antara PMA dan PMDN dalam tiga bulan pertama tahun ini mencapai Rp50 triliun. Secara nasional, BPKPM menyebutkan, investasi telah menyerap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sebanyak 384.892 orang.

Kementerian Investasi/BKPM tetap optimis pertumbuhan ekonomi dengan didukung oleh realisasi investasi pada Triwulan I 2023 mencapai 23,5 persen dari target realisasi investasi tahun 2023, yaitu sebesar Rp1.400 triliun.

Baca Juga: Ketua DPW PKB Jabar Siap Lahir Batin Maju Pilgub Jabar 2024

Baca Juga: 600 Ribu Wisatawan Datangi Jabar Selama Libur Lebaran 2023 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya