CigMark Klaim Warga Jabar Inginkan Ridwan Kamil Dua Periode

Warga Jabar diklaim puas terhadap kinerja Ridwan Kamil

Bandung, IDN Times - Lembaga survei CigMark mencatat kepuasan warga Jawa Barat (Jabar) pada kinerja Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil sangat tinggi. Hal ini diketahui berdasarkan hasil survei teranyar yang baru saja dirilis.

Survei ini dilakukan pada 2.000 responden, dan tercatat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat mencapai 90,27 persen.

"Angka 90,27 persen ini gabungan dari yang sangat puas 19,78 persen dan 70 persen lebih cukup puas," ujar Founder CigMark Setia Darma dalam rilis Inventarisasi Permasalahan di Jawa Barat serta Kepuasan Pada Pemerintah di Bandung, Senin (17/4/2023).

1. Ada faktor kepercayaan dari masyarakat

CigMark Klaim Warga Jabar Inginkan Ridwan Kamil Dua PeriodeGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Setia mengatakan, sebanyak 73,55 persen responden menginginkan kembali Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jabar untuk periode selanjutnya. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang membuat masyarakat menginginkan Emil dipilih kembali.

"Ada faktor trust yang kuat dari masyarakat pada Ridwan Kamil untuk menuntaskan sejumlah persoalan yang dikeluhkan," ucapnya.

Secara umum dalam hasil survei adalah tiga keluhan utama, terkait permasalahan jalanan yang rusak 41,00 persen, kemudian masalah pengangguran 40,08 persen, dan modal usaha kecil 28,08 persen.

2. Banyak sektor secara umum yang dikeluhkan masyarakat

CigMark Klaim Warga Jabar Inginkan Ridwan Kamil Dua PeriodeGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, apabila dilihat permasalahan berdasarkan aspek akonomi, kenaikan harga beras dan BBM merupakan permasalahan yang harus segera ditangani. Sedangkan, dari aspek pendidikan ada harapan akses bagi masyarakat miskin untuk menikamati pendidikan murah/gratis.

"Sedangkan untuk aspek kesehatan adalah permasalahan akses masyarakat miskin untuk mendapatkan pengobatan/kesehatan murah/gratis," katanya.

Setia menambahkan, masyarakat banyak mengeluhkan persoalan yang umum dan itu tidak hanya untuk Pemprov Jabar saja, melainkan pemerintah pusat dan kabupaten/kota di wilayah Jabar.

"Kinerja pemerintahan daerah secara umum bukan provinsi saja. Namun masyarakat menaruh harapan tinggi Pak Gubernur bisa menambahkan masalah yang dikeluhkan," katanya.

3. Ridwan Kamil diharapkan banyak gebrakan di akhir sisa jabatan

CigMark Klaim Warga Jabar Inginkan Ridwan Kamil Dua PeriodeGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Menurut Darma, kepuasaan atas kinerja Ridwan Kamil dari masyarakat harus dijawab oleh gubernur dengan melakukan koordinasi dengan kepala daerah di 27 kabupaten/kota dan terobosan di sisa waktu jabatan.

"Diharapkan dalam empat bulan sisa jabatan ini Ridwan Kamil melakukan sejumlah gebrakan," kata dia.

Baca Juga: Imbauan Ridwan Kamil ke Pemudik: Jangan Lama-lama di Rest Area

Baca Juga: Belum Setahun Dilantik Ridwan Kamil, Yana Mulyana Terjaring OTT KPK

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya