Imbauan Ridwan Kamil ke Pemudik: Jangan Lama-lama di Rest Area

Fasilitas sudah disiapkan semaksimal mungkin untuk mudik

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas sejumlah unit bus yang akan memberangkatkan para pemudik dalam program ‘Mudik Gratis’ yang digelar Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat. Seremonial pelepasan bus mudik gratis itu dilakukan di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Minggu (16/4/2023).

Bus-bus dengan tujuan Jawa Tengah dan Yogjakarta mendominasi keberangkatan sore ini. Total ada 12 ribu pemudik yang bisa pulang kampung secara gratis difasilitasi pemerintah provinsi menggunakan bus dan kereta api.

Emil mengatakan, dia memastikan pelaksanaan arus mudik tahun ini bisa erjalan lancar dan aman.

“Yang pertama, pasti kami sudah menyiapkan agar mudik di tahun ini lebih lancar, lebih baik. Ada ratusan pos oleh kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub), dan seluruh aparat,” kata Emil di Terminal Cicaheum, Bandung.

1. Banyak jalur alternatif yang bisa digunakan

Imbauan Ridwan Kamil ke Pemudik: Jangan Lama-lama di Rest AreaJalur Lintas Pantai Selatan (Pansela). (dok. Kemenhub)

Selain itu, Ia mengingatkan agar pemudik tidak melulu mudik menggunakan jalur utara, ada jalur selatan yang juga bisa dipakai.

“Saya ingatkan jalur mudik tidak hanya lewat utara, silakan lewat pintu selatan juga dimanfaatkan,” ujarnya,

Kemudian, kesehatan dan keselamatan para pemudik harus diutamakan. Menurutnya, ada rest area yang sudah disiapkan di jalur tol dan bisa dipakai pemudik apabila lelah.

Namun, Emil mengimbau supaya tidak berlama-lama beristirahat di rest area karena bisa menyebabkan antrean kendaraan yang cukup panjang.

“Di rest area sudah disiapkan, saya titip gak boleh lama-lama karena antrean akan sangat panjang,” ujarnya.

2. Dua ruas tol baru di Jabar bisa dipakai mudik

Imbauan Ridwan Kamil ke Pemudik: Jangan Lama-lama di Rest AreaIDN Times/Istimewa

Menurut Emil, mudik tahun ini Jawa Barat memiliki dua ruas tol baru, yakni Tol Cisumdawu dan Bocimi. Kedua ruas tol itu diharapkan bisa memangkas waktu perjalanan dan mengurai kemacetan yang terjadi jalur biasa.

“Kelebihan di tahun ini akan ada 2 ruas jalan tol yang bisa dipakai mudik. Satu, Cisumdawu bisa tembus ke Cipali arah Cirebon – Jawa Tengah. Kedua, Bocimi sampai Cibadak Sukabumi itu juga sudah bisa dibuka, sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal,” jelasnya.

3. Imbau pengemudi kendaraan istirahat ketika lelah, tidak memaksakan diri

Imbauan Ridwan Kamil ke Pemudik: Jangan Lama-lama di Rest AreaRest Area KM 379 A tol Semarang-Batang (jsb.co.id)

Mantan Wali Kota Bandung itu pun berharap, tahun ini angka kecelakaan saat arus mudik dan balik lebaran bisa nihil. Eml mewanti-wanti kepada pengemudi agar jangan memaksakan menyetir apabila merasa kelelahan saat berkendara.

“Imbauannya yang penting jaga kesehatan, kalau lelah ngantuk mohon berhenti jangan dipaksakan. Kami berharap nihil kecelakaan, semua lancar dan arus mudik bisa kembali lancar,” ungkapnya.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Tempat Penitipan Hewan yang Aman saat Ditinggal Mudik!

Baca Juga: 5 Tips Hemat saat Mudik biar Kantong Gak Jebol, Wajib Tiru!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya