855 Peserta SWJ Ambassador Siap Promosikan Desa Wisata di Jawa Barat

Mereka akan mempromosikan desa wisata di lima wilayah

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melepas 855 peserta Smiling West Java (SWJ) Ambassador 2023. Ratusan peserta ini nantinya akan mempromosikan desa wisata yang ada di seluruh kabupaten dan kota Jawa Barat.

Emil mengatakan, konsep SWJ Ambassador 2023 tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Menurutnya, promosi pariwisata tidak bisa dilakukan dengan cara konvensional. Sehingga, dengan menggandeng anak muda akan turut menambah minat masyarakat datang ke Jabar.

"Begitu besarnya potensi pariwisata di Jawa Barat, tak cukup bila promosi dilakukan tanpa partisipasi. Karena itu kami melahirkan konsep Smiling West Java Ambassador, yaitu duta promosi pariwisata," ujar Emil, dikutip Rabu (9/8/2023).

1. Peserta SWJ Ambassador semakin tahun semakin meningkat

855 Peserta SWJ Ambassador Siap Promosikan Desa Wisata di Jawa Barat(Istimewa)

Sebanyak 855 peserta yang ditugaskan untuk mempromosikan desa wisata ini telah dibagi menjadi lima wilayah. Dalam satu wilayah terdiri dari beberapa kabupaten dan kota. Adapun rinciannya; 101 peserta wilayah satu (Purwakarta, Subang, Karawang), 167 peserta wilayah dua (Bogor Raya), 108 peserta wilayah tiga (Ciayumajakuning), 314 peserta wilayah empat (Bandung Raya), dan 161 peserta wilayah 5 (Priangan Timur).

"Tahun lalu ada 108 orang yang ikut program ini. Sekarang minatnya semakin banyak. Dari sekian ribu pendaftar, kita luluskan 855 orang. Tugasnya jalan-jalan, berkoordinasi, membuat konten, posting di Instagram, TikTok, YouTube, atau di mana saja sehingga potensi Jawa Barat yang sangat banyak ini bisa dikembangkan oleh para SWJ ambassador," kata Emil.

2. Mereka akan memasarkan desa wisata melalui platform digital

855 Peserta SWJ Ambassador Siap Promosikan Desa Wisata di Jawa Barat(Istimewa)

Sebelum menjalani tugasnya, para peserta telah dibekali materi fotografi, videografi, serta pengetahuan desa wisata dari para praktisi ahli. Pembekalan materi tersebut dilaksanakan pada Mei-Juni 2023 di lima lokasi berbeda.

Lima lokasi ini yaitu; Teater Tertutup Dago Tea House Bandung, Gedung Creative Center Bogor, Gedung Creative Center Purwakarta, Gedung Creative Center Tasikmalaya, dan Gedung Creative Center Cirebon.

3. Berharap peserta SWJ Ambassador menghasilkan karya terbaik

855 Peserta SWJ Ambassador Siap Promosikan Desa Wisata di Jawa Barat(Istimewa)

Tak hanya itu, mereka juga didampingi alumni SWJ Ambassador 2022 untuk memproduksi konten di beberapa destinasi wisata. Dengan pembekalan tersebut, diharapkan para peserta SWJ Ambassador 2023 dapat menghasilkan karya terbaik dalam mempromosikan desa wisata di 27 kabupaten/kota Jawa Barat.

Dengan karya-karya yang dihasilkan pula, program ini menjadi langkah menghidupkan ekonomi kreatif sub sektor film dan fotografi khususnya konten kreatif, serta penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif di Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan ini pula, Gubernur Ridwan Kamil dideklarasikan sebagai Pembina SWJ Ambassador. Deklarasi pengangkatan tersebut dilakukan oleh perwakilan peserta yang menyampaikan rasa bangga karena memiliki sosok pemimpin yang sangat peduli terhadap sektor pariwisata.

Baca Juga: Disparbud Jabar Dorong Pengembangan 18 Desa Wisata

Baca Juga: Disparbud Jabar Fokus Kembangkan Desa Wisata di 2023

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya