Comscore Tracker

Jarang Dimiliki, 8 Oleh-oleh Khas Papua yang Cocok Dibawa Pulang

Mulai dari oleh-oleh makanan hingga barang

Papua identik dengan keindahan alam yang sedikit banyak membawa nama Indonesia semakin dikenal warga dunia. Yap, provinsi terluas di Indonesia ini memang dikaruniai alam yang begitu indah, mulai dari keindahan bawah lautnya hingga dataran tinggi.

Selain itu, budaya, adat istiadat, dan kuliner khas Papua juga gak kalah menarik. Nah, buat kamu yang berkunjung ke Papua, ada beberapa oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang. Ada makanan, rempah-rempah, hingga kerajinan tangan.

Penasaran apa saja? Yuk, intip daftarnya berikut ini!

1. Sagu lempeng

Jarang Dimiliki, 8 Oleh-oleh Khas Papua yang Cocok Dibawa Pulangwikipedia.org

Kawasan Indonesia Timur seperti Papua memang terkenal sebagai penghasil sagu. Selain diolah menjadi makanan pokok, sagu juga diolah menjadi beraneka ragam makanan lainnya. Salah satunya sagu lempeng.

Sagu lempeng terbuat dari tepung sagu yang dipadatkan melalui proses pembakaran. Biasanya sagu dicampur kelapa parut dan gula merah, sehingga menciptakan rasa gurih-manis. Sagu lempeng cocok banget sebagai teman ngopi atau teh panas.

2. Keripik keladi

Jarang Dimiliki, 8 Oleh-oleh Khas Papua yang Cocok Dibawa Pulangresepdanmasakan.com

Salah satu oleh-oleh khas Papua yang bisa bikin ketagihan adalah keripik keladi. Sesuai namanya, keripik ini terbuat dari talas atau keladi.

Keripik keladi punya tekstur yang sangat renyah dengan cita rasa bumbu rempah-rempah. Kamu bisa menemukan keripik lezat ini di kota-kota besar di Papua, seperti Jayapura atau Sorong.

3. Abon gulung

Jarang Dimiliki, 8 Oleh-oleh Khas Papua yang Cocok Dibawa Pulanggotravelly.com

Abon gulung merupakan salah satu oleh-oleh khas Papua yang paling banyak dicari para wisatawan. Makanan ini berbentuk seperti roti gulung yang berisi abon.

Teksturnya empuk, rasanya gurih, dan memiliki aroma yang khas. Abon gulung disukai banyak orang, karena rasanya yang lezat dan cenderung tahan lama.

4. Sarang semut

Jarang Dimiliki, 8 Oleh-oleh Khas Papua yang Cocok Dibawa Pulangklikdokter.com

Sarang semut merupakan oleh-oleh khas Papua yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman obat yang banyak ditemukan di Wamena ini dikenal ampuh mengobati banyak penyakit, seperti kanker, diabetes, kista, dan sebagainya.

Menurut penelitian, sarang semut kaya akan kandungan tanin, flavonoid, dan polifenol yang berperan sebagai antioksidan alami.

5. Kue bagea

Jarang Dimiliki, 8 Oleh-oleh Khas Papua yang Cocok Dibawa Pulangresepkoki.id

Satu lagi makanan yang terbuat dari sagu, kue bagea namanya. Kue ini punya tekstur yang keras, karena terbuat dari perpaduan tepung sagu dan kenari.

Kue bagea biasanya dikemas dalam daun kering. Kue ini juga cocok jadi teman minum teh atau kopi.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Papeda Khas Papua yang Belum Banyak Orang Tahu

6. Batik Papua

Jarang Dimiliki, 8 Oleh-oleh Khas Papua yang Cocok Dibawa Pulanginfobatik.id

Sama seperti daerah lainnya di Indonesia, Papua juga punya batik khas. Motif batik Papua banyak terpengaruh oleh budaya dan keragaman hewani sekitar.

Kamu bisa menemukan batik dengan motif burung cenderawasih, motif khas Suku Asmat, hingga motif patung khas Papua. Warna batik Papua biasanya juga didominasi warna-warna merah tanah atau terakota.

7. Noken

Jarang Dimiliki, 8 Oleh-oleh Khas Papua yang Cocok Dibawa Pulanggenpi.co

Noken merupakan tas rajut asli buatan Papua. Tas noken biasanya dibuat dengan cara dirajut dengan benang.

Tas ini kerap digunakan oleh masyarakat Papua untuk membawa umbi-umbian. Kerennya lagi, UNESCO sudah mengakui tas noken sebagai oleh-oleh khas Papua dan menjadi warisan dunia.

8. Tifa

Jarang Dimiliki, 8 Oleh-oleh Khas Papua yang Cocok Dibawa Pulangbukubiruku.com

Tifa merupakan alat musik khas Papua yang bentuknya menyerupai kendang. Alat musik ini terbuat dari kulit untuk bagian atasnya. Sedangkan, bagian bawahnya terbuat dari kayu yang diukir.

Tifa dibuat dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar. Setiap suku di Papua biasanya memiliki tifa dengan ciri khasnya masing-masing.

Nah, itulah beberapa makanan dan kerajinan khas Papua yang bisa jadi rekomendasi oleh-olehmu untuk keluarga di rumah. Selamat berlibur!

Baca Juga: 10 Gunung Tertinggi di Indonesia selain dari Pegunungan Tinggi Papua

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya