Comscore Tracker

Ini 7 Patung Paling Terkenal di Dunia

Kamu pasti familiar dengan beberapa di antaranya

Setiap negara pasti punya patung atau monumen megah yang jadi ciri khasnya. Contohnya, Indonesia punya Patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di Jimbaran, Bali. Setiap patung pasti memiliki kisah sejarah, filosofi, dan daya tariknya masing-masing.

Dalam skala global, ada beberapa patung yang sangat terkenal. Sebagian patung dibuat ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu! Di mana lokasinya dan bagaimana sejarah di baliknya?

1. Great Sphinx of Giza

Ini 7 Patung Paling Terkenal di DuniaGreat Sphinx of Giza, patung bertubuh singa dan berkepala manusia. (pixabay.com/Mekatrig)

Apa yang terbersit di pikiranmu ketika Mesir disebut? Selain piramida, mungkin kamu akan terpikir Great Sphinx of Giza. Ini adalah patung bertubuh singa dan berkepala manusia yang terbuat dari batu kapur raksasa.

Melansir Learnodo Newtonic, patung ini tingginya 20 meter dari pangkal ke puncak kepala, panjangnya 73 meter dari kaki ke ekor, dengan lebar 19 meter. Namun, para sejarawan masih berdebat tentang kapan Sphinx dibangun dan tujuannya apa.

Berdasarkan penelitian terbaru, patung ini dibangun pada 7000 SM. Tetapi ada yang tidak setuju dan lebih percaya bahwa Sphinx merepresentasikan Firaun Khafre dari dinasti ke-4 yang berkuasa dari 2558 SM hingga 2532 SM.

2. Venus de Milo

Ini 7 Patung Paling Terkenal di DuniaVenus de Milo bisa dijumpai di Museum Louvre, Paris, Prancis. (unsplash.com/tabitha turner)

Alkisah, patung Venus de Milo ditemukan oleh seorang petani bernama Yorgos Kentrotas pada 8 April 1820. Ia menemukannya dalam kondisi berkeping-keping di Milos, salah satu pulau Yunani di Laut Aegea.

Patung ini diserahkan ke Raja Louis XVIII dari Prancis dan kemudian diberikan ke Museum Louvre. Diperkirakan diciptakan antara 130 SM hingga 100 SM, Venus de Milo dianggap mewakili Aphrodite, yaitu dewi cinta, keindahan, kesenangan, dan prokreasi.

Mengutip Learnodo Newtonic, sejarawan meyakini patung ini diukir oleh pematung dari era Helenistik yang bernama Alexandros dari Antiokhia. Patung Venus de Milo sering dirujuk dalam budaya populer dan memengaruhi banyak seniman, salah satunya Salvador Dali.

3. David

Ini 7 Patung Paling Terkenal di DuniaDavid adalah patung karya Michelangelo, seniman Italia. (pixabay.com/twstringer)

Sejarah patung David cukup unik. Awalnya, di tahun 1501, pemerintah kota Florence meminta Michelangelo membuat patung sebagai hiasan garis atap kubah katedral Florence. Michelangelo pun mengerjakannya dari tahun 1501 hingga 1504.

Apa yang terjadi setelah patung selesai dikerjakan? Keindahannya membuat banyak orang terpukau! Akhirnya, patung ini diletakkan di sebelah pintu masuk Palazzo Vecchio, balai kota Florence. Kemudian, dipindahkan ke Accademia Gallery, Florence, Italia, pada tahun 1873 hingga sekarang.

Apa filosofi patung setinggi 5,17 meter ini? Kemungkinan, patung ini merepresentasikan tokoh David di Alkitab, sebelum melawan raksasa Goliath. David digambarkan tegang, alisnya terangkat, serta keluar urat-urat menonjol dari tangan kanannya.

4. Manneken Pis

Ini 7 Patung Paling Terkenal di DuniaJika patung lainnya terbuat dari marmer, Manneken Pis terbuat dari perunggu. (unsplash.com/Frédéric Paulussen)

Secara harfiah, arti Manneken Pis adalah "pria kecil yang kencing" atau "anak laki-laki yang kencing". Seperti namanya, patung perunggu ini menggambarkan bocah lelaki telanjang yang sedang buang air kecil di baskom air mancur.

Patung ini diciptakan oleh Jérôme Duquesnoy the Elder, pematung asal Brabant. Yang versi asli disimpan di Museum Kota Brussel, sedangkan versi tiruannya ditaruh di persimpangan jalan Rue du Chene dan pedestrian Rue de l'Etuve di pusat kota Brussel, melansir Learnodo Newtonic.

Manneken Pis menginspirasi terciptanya patung lain, yaitu Jeanneke Pis. Ini adalah patung anak perempuan yang sedang kencing jongkok. Patung berbahan perunggu setinggi 50 cm ini dibuat antara tahun 1985-1987. Selain itu, Het Zinneke, patung anjing kencing, juga terinspirasi dari Manneken Pis.

Baca Juga: Kenali 7 Ahli Kimia Paling Berjasa Sepanjang Sejarah

5. Statue of Liberty

Ini 7 Patung Paling Terkenal di DuniaPatung Liberty adalah hadiah dari Prancis untuk Amerika Serikat. (unsplash.com/AussieActive)

Kamu pasti tahu lokasi patung ini di mana. Yep, Patung Liberty terletak di New York, Amerika Serikat (AS). Dirancang oleh Frederic Auguste Bartholdi dan dibangun oleh Gustave Eiffel, patung berbahan tembaga ini merupakan hadiah dari Prancis untuk AS.

Sebagai informasi, Patung Liberty menggambarkan Libertas, dewi Romawi, yang memegang obor di atas kepalanya dengan tangan kanan dan tangan kirinya membawa tabula ansata (tablet) dengan tulisan "JULY IV MDCCLXXVI", angka Romawi dari tanggal Deklarasi Kemerdekaan AS.

Patung Liberty ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 1984. Kebanggaan AS terhadap Patung Liberty begitu tinggi, hingga digambarkan dalam mata uang dan perangko.

6. The Thinker

Ini 7 Patung Paling Terkenal di DuniaPatung The Thinker disimpan di Musee Rodin, Paris, Prancis. (babylontours.de)

Auguste Rodin, bapak seni pahat modern, mendapat komisi besar untuk membuat patung. Di tahun 1904, terciptalah patung perunggu setinggi 1,8 meter yang dinamai The Thinker, melansir Britannica.

Kamu bisa menjumpai patung The Thinker di taman Museum Rodin, Paris, Prancis. FYI, patung ini awalnya hendak diberi nama The Poet dan dipakai sebagai gambar untuk mewakili filsafat. Ini karena posenya terlihat seperti berpikir dan berkontemplasi mendalam.

7. Christ the Redeemer

Ini 7 Patung Paling Terkenal di DuniaPatung Christ the Redeemer terletak di puncak setinggi 704 meter. (unsplash.com/ckturistando)

Mari tengok sejarah penciptaan patung Christ the Redeemer atau yang dikenal sebagai Cristo Redentor dalam bahasa Portugis asli. Di tahun 1921, Roman Catholic Circle of Rio de Janeiro mengusulkan pembangunan patung Yesus Kristus di Gunung Corcovado.

Mengapa harus di gunung? Argumentasi mereka, di ketinggian 704 meter, membuat patung ini bisa terlihat dari mana saja. Patung ini dirancang oleh Heitor da Silva Costa, insinyur Brasil, dan bekerja sama dengan Paul Landowski, pematung Prancis.

Patung yang selesai dibangun pada tahun 1931 ini tingginya 30 meter, belum termasuk alas yang tingginya 8 meter. Sementara, tangannya terbentang sepanjang 28 meter. Sebagai simbol Kekristenan, lebih dari 1,8 juta orang mengunjungi patung ini setiap tahunnya.

Nah, itulah 7 patung paling terkenal di dunia beserta kisah sejarah dan filosofinya. Kamu tertarik untuk mengunjungi yang mana nih?

Baca Juga: 7 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Coba Tengok!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya