Comscore Tracker

5 Pantai di Kawasan Pangandaran yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan

Harga tiket masuknya pun gak mahal, kok!

Kawasan Pangandaran boleh dibilang merupakan salah satu daerah wisata unggulan Jawa Barat. Pangandaran terkenal oleh wisata airnya salah satunya adalah pantai.

Bagaimana tidak, pesona pantai-pantai di Pangandaran sangat memukau, dan membuat wisatawan tak pernah kapok mengunjunginya. Terdapat banyak pantai di Pangandaran yang menjadi rekomendasi untuk kalian berlibur.

Apa saja pantai-pantai itu? Yuk kita simak! 

1. Pantai Pangandaran

5 Pantai di Kawasan Pangandaran yang Wajib Dikunjungi Ketika LiburanInstagram/taofik_arianto

Pantai Pangandaran terletak di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran. Pantai ini tiap harinya ramai oleh wisatawan maupun penduduk lokal yang menghabiskan waktu santainya dengan menikmati pantai sembari bercanda gurau maupun dengan aktivitas berenang. 

Pantai Pangandaran terdiri dari Pantai Barat dan Pantai Timur. Aktivitas berenang hanya bisa dilakukan di Pantai Barat karena ombak pantai ini cukup tenang. Tidak perlu khawatir akan keselamatan saat berenang di pantai ini, karena di sekitar pantai banyak pos-pos penjaga yang memantau aktivitas berenang para wisatawan. 

Selain itu, wisatawan dapat menikmati indahnya matahari terbit di Pantai Timur dan matahari terbenam di Pantai Barat. Disediakan juga beberapa permainan dan taman yang ada di sekitar pantai untuk para wisatawan berduduk-duduk santai sambil menikmati indahnya pantai. 

2. Pantai Pasir Putih Pangandaran

5 Pantai di Kawasan Pangandaran yang Wajib Dikunjungi Ketika LiburanInstagram/sdverdana

Lokasi Pantai Pasir Putih Pangandaran sangat dekat dengan Pantai Pangandaran. Memang bisa dibilang masih dalam satu kawasan pantai, yang membedakan hanya hamparan pasirnya. Di Pantai Pangandaran pasir pantainya cokelat seperti pasir pada umumnya, sedangkan di Pantai Pasir Putih, pasirnya tersebut berwarna putih lengkap dengan karang-karang yang cantik.

Untuk menuju ke Pantai ini, wisatawan dapat menaiki perahu yang berada di pantai barat atau dengan masuk ke Taman Wisata Alam (TWA) Pangandaran yang berada sangat dekat dengan Pantai.

Aktivitas yang paling banyak disukai di pantai ini adalah snorkeling. Wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak mempunyai peralatan snorkeling, karena di sini banyak yang menawarkan jasa penyewaan peralatan snorkeling lengkap dengan guide yang akan langsung memandu aktivitas snorkeling tersebut. 

Baca Juga: 5 Destinasi di Pangandaran Ini Bisa Kamu Nikmati dalam Waktu Sehari

3. Pantai Karapyak

5 Pantai di Kawasan Pangandaran yang Wajib Dikunjungi Ketika LiburanInstagram/rida.tic

Pantai Karapyak terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, sekitar 10 km sebelum Pantai Pangandaran.

Pantai Karapyak memiliki pasir berwarna putih lengkap dengan kerikil-kerikil kecilnya dan bebatuan terumbu karang tempat hidup binatang-binatang laut lainnya.

Pantai ini sekilas memang mirip dengan Pantai Pasir Putih. Yang membedakan dengan Pantai pasir putih, di tempat ini banyak sekali spot foto yang instagramable.

Spot foto ini dapat dengan pemandangan pantai dengan karang-karang yang cantik, tebing-tebing yang menjulang dan juga spot foto terbaru yang dapat dikunjungi oleh wisatawan adalah teras kaca. Selain itu juga terdapat penginapan yang sangat instagramable dengan pemandangan langsung menuju pantai yaitu Karapyak Glamping.

4. Pantai Madasari

5 Pantai di Kawasan Pangandaran yang Wajib Dikunjungi Ketika LiburanInstagram/mulkisalman

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, sekitar 39 km dari Pantai Pangandaran.

Pantai ini dikenal sebagai Balinya Pangandaran, karena pesona dari pantai ini sangat indah dan menawan. Namun di pantai ini wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang karena ombaknya yang sangat ganas. Untuk pencinta surfing, di pantai ini terdapat spot surfing yang sering dipakai oleh peselancar profesional.

Di Pantai ini pun wisatawan dapat berkemah mendirikan tenda sambil bercengkerama dengan teman maupun sanak saudara di pinggir pantai.

Tidak hanya itu, dalam perjalanan sebelum sampai di pantai ini, terdapat pacuan kuda. Pacuan kuda tersebut pernah digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XI Jawa Barat yang memiliki arsitektur yang megah dan unik. 

5. Pantai Batukaras

5 Pantai di Kawasan Pangandaran yang Wajib Dikunjungi Ketika LiburanInstagram/mulkisalman

Pantai Batukaras terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, sekitar 34 km dari Pantai Pangandaran.

Wisatawan dapat melakukan aktivitas berenang di area-area yang telah ditentukan. Selain itu, untuk para pencinta surfing, di pantai ini pun cocok untuk surfing dan terdapat spot-spot surfing yang menantang adrenalin bagi para pencintanya.

Nah, bagaimana apakah kalian tertarik untuk berwisata di Pangandaran? Silakan datang sendiri dan nikmati sensasinya. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: 8 Alasan Kamu Wajib Liburan ke Pangandaran, Bikin Kangen!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Nurul Aini Ramadhani di IDN Times Community dengan judul 5 Pantai di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya