Comscore Tracker

8 Makanan Khas Bogor yang Unik dan Enak

Bikin ketagihan berkali-kali

Hanya sekitar satu jam perjalanan naik kereta, lokasi Bogor memang terbilang dekat dengan Jakarta. Selain tempat wisatanya yang cukup beragam, ternyata Bogor juga menyimpan segudang kuliner khas yang menggiurkan.

Gak heran kalau orang Jakarta senang menghabiskan weekend atau liburan singkatnya ke Bogor. Nah, kalau kamu sedang liburan ke Bogor, jangan hanya nongkrong di kafenya ya. Berikut 8 makanan khas Bogor yang unik dan wajib kamu coba: 

1. Pepes sagu

8 Makanan Khas Bogor yang Unik dan Enakresepkulo.co.id

Kalau pepes ikan dan tahu sepertinya sudah biasa ya. Itulah kenapa kamu wajib banget cobain pepes sagu ini. Bahan dasarnya adalah pisang.

Kamu akan merasakan manis yang pas! Sekarang ini, sudah banyak macam rasanya, seperti keju, nangka, dan lain sebagainya.

2. Laksa Bogor

8 Makanan Khas Bogor yang Unik dan Enakjawaramasak.co.id

Warga Bogor sepertinya doyan banget makan oncom, karena di dalam laksa ini, yang membuat unik adalah oncomnya. Laksa tersebut juga menggunakan ketupat sekaligus bihun sebagai karbohidratnya. Laksa sendiri memiliki banyak arti, jadi jelas banyak campuran bumbu atau pun lauk di dalamnya.

3. Ngo hiang

8 Makanan Khas Bogor yang Unik dan Enakleeweebrothers.com

Kuliner satu ini ada yang halal dan tidak. Merupakan kuliner khas China yang sudah diadaptasi ke Indonesia, ngo hiang ini aslinya menggunakan daging babi.

Namun, saat ini sudah banyak yang membuatnya dengan berbahan ayam atau udang, kemudian digulung dan dipotong-potong. Kulitnya biasa garing, tetapi dagingnya empuk.

4. Cungkring

8 Makanan Khas Bogor yang Unik dan Enakresepmasakanhariini.com

Kamu doyan makan jeroan, gak? Kalau iya, kamu pasti suka banget dengan cungkring.

Cungkring ini adalah sate kikil dan kepala sapi. Biasanya akan direndam dulu dengan bumbu kuning hingga meresap, kemudian disiram dengan bumbu kacang.

5. Es pala

8 Makanan Khas Bogor yang Unik dan Enakindonesiaflight.id

Merupakan sebuah minuman legendaris, es pala ditaburi dengan gula dan garam. Selain rasa yang menyegarkan, konon pala ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Sudah pernah cobain?

Baca juga: 10 Video Mukbang ala DJ Butterfly yang Ditonton Jutaan Orang, Bikin Ngiler!

6. Bapatong

8 Makanan Khas Bogor yang Unik dan Enakmisteraladin.com

Singkatan dari bakso kupat gentong, bapatong ini sebenarnya adalah bakso. Namun, terdapat iga sapi sekaligus ketupat yang telah dipotong-potong di dalamnya. Wah...surga banget, nih buat para pecinta daging!

7. Doclang

8 Makanan Khas Bogor yang Unik dan Enakjob-like.com

Tak jauh-jauh dari ketupat, doclang terdiri dari kentang, telur rebus, dan tahu, kemudian disiram dengan bumbu kacang. Jangan lupa makan pakai kerupuk biar lebih maknyus ya! Tapi sayangnya, saat ini sudah jarang ditemui penjual doclang.

8. Taoge goreng

8 Makanan Khas Bogor yang Unik dan Enakresepdanmasakan.com

Hayoo...yang gak suka makan sayuran, harus banget cobain makanan unik ini, nih! Namanya taoge goreng. 

Biasanya, taoge goreng disajikan dengan mie telur dan tahu goreng, kemudian disiram dengan bumbu tauco campur oncom. Selain enak, taoge sangat berkhasiat bagi kesuburan, lho.

Wah, enak-enak banget, nih makanan khas Bogor! Kamu sudah pernah cobain yang mana aja, nih?

Baca Juga: 10 Makanan Khas Manado yang Layak Kamu Coba, Siap Menggoyang Lidahmu

Topic:

  • Yogi Pasha
  • Septi Riyani

Just For You