Comscore Tracker

Inilah 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cirebon

Kuliner legendaris yang tetap laris

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu kuliner khas Cirebon ini, empal gentong. Makanan khas yang sayang banget untuk dilewatkan ketika singgah di Cirebon. Apalagi buat kamu yang suka makanan berkuah, empal gentong bisa menjadi pilihan.

Sekilas, empal gentong terlihat seperti gulai atau soto dengan daging sapi yang empuk dan jeroan. Kemudian dimasak menggunakan gentong dari tanah liat. Bisa disantap dengan nasi atau lontong, sesuai selera.

Buat kamu yang ingin merasakan lezatnya empal gentong di Cirebon, gak perlu khawatir. Ada banyak penjual empal gentong yang tersebar di sana. Supaya kamu tidak bingung memilih, berikut ini 10 tempat makan empal gentong paling favorit di Cirebon. 

1. Empal gentong Hj. Dian

Inilah 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cireboninstagram.com/harieyu

Tempat makan empal gentong satu ini sudah berdiri sejak enam tahun lalu. Termasuk salah satu tempat makan yang laris di Cirebon, apalagi saat akhir pekan. Selain itu, tempatnya cukup luas, bahkan bisa menampung sekitar 200 orang. 

Tidak hanya empal gentong, juga ada menu lainnya seperti empal asem dan sate. Kalau kamu ingin merasakan empal gentong Hj. Dian, bisa langsung ke Jalan Ir. Juanda No.84, Dawuan, Kecamatan Tengah Tani. Jam operasional mulai pukul 08.00 - 22.00.

2. Empal gentong Amarta

Inilah 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cireboninstagram.com/food_and_travelling

Masih berlokasi di Jalan Ir. Juanda. Empal gentong Amarta juga tidak kalah lezat. Tempat makan satu ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk menikmati kelezatan empal gentong.

Selain empal gentong dan empal asem, tempat makan ini juga menyediakan nasi lengko. Buka mulai pukul 09.00 - 21.00, tapi tutup setiap hari Senin.

3. Empal gentong H. Apud

Inilah 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cireboninstagram.com/arwantobukanarwana

Satu lagi tempat makan empal gentong yang berada di Jalan Ir. Juanda, empal gentong H. Apud. Tempat tersebut memiliki beberapa cabang yang tersebar di Cirebon. Tidak hanya itu, tempat makan ini sudah menjadi favorit sejak tahun 1990-an.

Tempat makan satu ini buka mulai pukul 09.00 - 21.00. Jadi, kamu bisa menikmati empal gentong saat makan siang maupun makan malam.

4. Empal gentong Mang Darma

Inilah 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cireboninstagram.com/meat_for_meal

Tempat makan empal gentong Mang Darma juga menjadi salah satu tempat favorit. Selain itu, kabarnya termasuk pelopor empal gentong dan sudah ada sejak tahun 1940-an. 

Dulu berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Krucuk. Tapi sekarang sudah pindah di Jalan Diponegoro, Kesenden, Kecamatan Kejaksan. Buka mulai pukul 07.30 - 22.00.

5. Empal gentong Bang JT

Inilah 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cireboninstagram.com/resepmakanandankue3

Kalau kamu cari tempat makan empal gentong yang 24 jam, Bang JT tempatnya. Selain empal gentong sebagai menu utama. Kopi luwak pun sebagai minuman andalan di sini. 

Berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kecamatan Kesambi. Karena buka selama 24 jam, jadi kamu bisa nongkrong dengan menu empal gentong dan kopi luwak.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Kedai Mie Koclok Paling Nikmat di Kota Cirebon

6. Empal gentong Pak Oman

Inilah 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cireboninstagram.com/wildy.wildly

Pilihan tempat makan empal gentong lainnya yaitu kedai Pak Oman. Tempat makan satu ini memiliki ciri khas berupa tulang sapi yang masih muda.

Berlokasi di Jalan Dr. Sutomo. Buka mulai pukul 12.00 sampai sore. Pastikan jangan sampai kehabisan. 

7. Empal gentong Krucuk

Inilah 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cireboninstagram.com/kulinercirebon

Empal gentong Krucuk juga tidak kalah lezat dari lainnya. Tempatnya cukup luas untuk makan bersama keluarga. Kamu juga bisa memesan tempat terlebih dahulu jika ingin menikmati bersama rombongan dalam jumlah banyak.

Tempat makan ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Ir. Juanda. Keduanya buka mulai pukul 07.00 - 22.00, jadi kamu bisa sarapan, makan siang maupun makan malam di sini.

8. Empal gentong Tulen

Inilah 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cireboninstagram.com/nana_alfarizky2

Tempat makan empal gentong Tulen sudah berdiri sejak tahun 2003. Awalnya lebih dikenal dengan tempat makan nasi jamblang. Sekarang empal gentongnya pun tidak kalah lezat.

Berlokasi di Jalan Raya Jamblang, Kecamatan Depok. Lebih tepatnya betada di depan Pasar Jamblang. Buka mulai pukul 07.00 - 23.00, pastikan kamu tidak kehabisan menu favoritmu.

9. Empal gentong Mang Kojek

Inilah 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cireboninstagram.com/mydessertpage

Empal gentong Mang Kojek memiliki ciri khas tersendiri. Empal gentong di sini tidak menggunakan jeroan atau daging sapi. Sebagai gantinya, menggunakan sumsum dan dengkil sapi. Sehingga sering juga disebut empal gentong dengkil Mang Kojek.

Berlokasi di Jalan Raya Fatahillah, Kecamatan Weru. Buka mulai pukul 09.00 - 21.00.

10. Empal gentong Ibu Nur

Inilah 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cireboninstagram.com/goesdoet

Satu lagi tempat makan empal gentong yang paling favorit di Cirebon, yaitu empal gentong Ibu Nur. Tidak hanya empal gentong, tempat makan Ibu Nur juga terkenal dengan nasi jamblangnya.

Berlokasi di Jalan Cangkring 2 No.34, Kecamatan Kejaksan. Buka mulai pukul 07.00 - 21.00. Tapi kalau sedang ramai, biasanya sudah habis saat sore hari.

Nah, itulah kesepuluh tempat makan empal gentong paling favorit di Cirebon. Ada favoritmu?

Baca Juga: Rekomendasi 7 Rumah Makan Seafood Nikmat di Kota Cirebon

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Fatma Roisatin Nadhiroh di IDN Times Community dengan judul Cobain, Ini 10 Tempat Makan Empal Gentong Paling Favorit di Cirebon

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You