Comscore Tracker

Menyatu dengan Alam! Ini 7 Spot Camping di Bogor untuk Staycation

Melepas penat sejenak dari hiruk pikuk kota yuk!

Di tengah pandemik COVID-19, melepas penat dan membutuhkan refreshing mungkin jadi kebutuhan utama. Apalagi, setelah hampir 8 bulan melakukan kegiatan belajar dan bekerja dari rumah.

Tetapi, mencari tempat wisata yang sesuai dengan protokol kesehatan harus tetap menjadi persyaratan nomor 1 di masa pandemi saat ini. Selain bersepeda, bercocok tanam, staycation di hotel atau villa, berkemah juga bisa menjadi salah satu pilihan kaum urban untuk menghilangkan penat semasa pandemi ini.

Selain menawarkan pilihan untuk lebih menyatu dengan alam, berkemah juga bisa menjadi sarana pembelajaran yang baik untuk fisik dan mental. Berikut beberapa rekomendasi tempat berkemah di kawasan Bogor yang bisa menjadi pilihanmu!
 

1. Bumi Perkemahan Curug Ciputri

Menyatu dengan Alam! Ini 7 Spot Camping di Bogor untuk StaycationInstagram.com/bogorcampers

Berlokasi di Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor, Taman perkemahan ini berada di tengah kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Di dalamnya bukan hanya kawasan perkemahan namun kamu juga bisa mengunjungi Situ Kigandul. Keberadaan danau buatan yang terletak di tengah tengah camping ground ini menambah kesan menyatu dengan alam. Cantik!

2. Puncak Lalana

Menyatu dengan Alam! Ini 7 Spot Camping di Bogor untuk StaycationInstagram.com/bogorkotahijau

Puncak Lalana berlokasi di Gunung Kapur Ciampea , Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Dari Kawasan Puncak Lalana ini kamu bisa menikmati pemandangan bebatuan kapur yang indah serta gemerlap cahaya lampu perkotaan dari atas bukit.

3. Alas Bandawasa

Menyatu dengan Alam! Ini 7 Spot Camping di Bogor untuk StaycationInstagram.com/bukit_alasbandawasa

Daerah Perkemahan Bukit Bandawasa menjadi viral sejak pandemi COVID-19 ini. Banyak warga penasaran dengan pengalaman berkemah di Kawasan wisata Bukit Alas Bandawasa yang berada di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor ini.

Pengalaman bermalam ditemani udara yang masih cukup sejuk ditambah dengan panorama lampu kelap-kelip Kota Bogor di malam hari, membuat banyak wisatawan yang menyebut tempat ini sebagai Negeri Diatas Awan.

Baca Juga: 6 Hotel di Bogor dengan Nuansa Khas Bali, Pemandangannya Indah Banget

4. Bumi Perkemahan Sukamantri

Menyatu dengan Alam! Ini 7 Spot Camping di Bogor untuk StaycationInstagram.com/bumiperkemahansukamantri_tnghs

Bumi Perkemahan Sukamantri berlokasi di Desa Sukamantri Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor atau terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Bumi Perkemahan Sumantri sudah cukup terkenal dengan areanya yang biasa digunakan untuk tempat pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dengan konsep outbound. Fasilitas umum di kawasan ini pun sudah dikelola dengan cukup baik. Ada fasilitas MCK, masjid, aula yang cukup besar serta lapangan parkir bagi kendaraan bermotor.

5. Bumi Perkemahan Cipeuteuy

Menyatu dengan Alam! Ini 7 Spot Camping di Bogor untuk StaycationInstagram.com/curugcipeuteuy_bogor

Bumi Perkemahan Cipeuteuy terletak sekitar 1,5 km dari wisata Curug Luhur Bogor. Tepatnya di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Area perkemahan ini berada di kaki Gunung Salak. Kawasan perkemahan ini dikelilingi 3 curug, yaitu Curug Segitiga, Curug Cipeuteuy dan Curug Leuwi Anteng. Ketiganya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

6. Bumi Perkemahan Gunung Bunder

Menyatu dengan Alam! Ini 7 Spot Camping di Bogor untuk StaycationInstagram.com/dbunderview

Bumi Perkemahan Gunung Bunder merupakan salah satu kawasan wisata alam terbuka yang terletak di Kawasan Wisata Alam Gunung Salak Endah (GSE), tepatnya di wilayah Cibatok, Bogor, Jawa Barat. Area ini cocok untuk menjadi pilihan tempat berkemah bersama keluarga.

Selain lokasi nya yang cukup terjangkau, sekitar satu setengah jam saja dari Jakarta ke arah Leuwiliang, fasilitas umum dan penyewaan di kawasan ini pun cukup lengkap. Ditambah lagi, kawasan ini dikelilingi beberapa curug, seperti Curug Cigamea, Curug cilember, Curug pangeran, Curug Luhur dan Curug Ngumpet.

7. Bumi Perkemahan Gunung Pancar

Menyatu dengan Alam! Ini 7 Spot Camping di Bogor untuk StaycationInstagram.com/gunungpancar

Kawasan Perkemahan Gunung Pancar terletak di Kecamatan Babakan Madang, Jawa Barat. Kawasan perkemahan ini menyewakan berbagai macam paket seperti Outbound Training, Glamping, Family Camping hingga One Day Tracking. 

Lokasinya yang cukup dekat dengan kawasan Sentul, Bogor, membuat suhu di sekitar perkemahan ini tidak terlalu berbeda dengan suhu di kawasan perkotaan. Namun, kamu akan tetap terkesima dengan berbagai macam vegetasi tumbuhan yang ada di kawasan perkemahan ini. Tercatat seperti; Pinus, Rasamala, Pasang , Puspa, Beringin tumbuh dan berkembang baik disini.

Bila kamu berencana untuk staycation dengan konsep alam dan jauh dari hiruk pikuk kota, ketuju bumi perkemahan di sekitar Bogor tersebut bisa jadi pilihanmu. Tapi pastikan agar selalu menerapkan protokol kesehatan ya! 

Baca Juga: Mau ke Puncak Bogor? Wajib Bawa Hasil Rapid Tes Antigen

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Pamila Annisa di IDN Times Community dengan judul 7 Spot Camping di Bogor untuk Staycation, Menyatu dengan Alam!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya