Comscore Tracker

Dekat dan Murah, Intip 6 Rekomendasi Wisata Alam di Jakarta

Gak perlu jauh untuk menikmati keasrian alam

Sejauh ini Jakarta sering dianggap sebagai kota yang disesaki oleh mall, restoran, perkantoran, dan hiruk-pikuk lainnya. Padahal Kota Metropolitan ini memiliki beberapa pilihan wisata alam, lho. Harganya pun gak mahal.

Melipir sejenak merasakan kenyamanan alam di tengah hiruk pikuk Jakarta memang pelru. Berikut rekomendasi wisata alam di Jakarta yang dekat dan murah untuk pilihanmu.

1. Hutan Kota Srengseng

Dekat dan Murah, Intip 6 Rekomendasi Wisata Alam di Jakartainstagram.com/temantaman.jkt

Hutan Kota Srengseng merupakan salah satu hutan lindung di Jakarta. Selain menjadi tempat wisata, hutan kota ini berfungsi mengurangi polusi udara dan menjadi salah satu sumber serapan air utama. 

Hutan kota ini memiliki sekitar 4.000 pohon yang terbagi menjadi beberapa varietas. Di sana juga terdapat danau yang bisa kamu gunakan untuk memancing ikan.

Menariknya, tempat ini juga menyediakan area jogging, taman bermain anak, hingga kantin. Harga tiket masuk sangat terjangkau, hanya Rp1.000 saja.

Lokasi: Jalan H. Kelik, Srengseng, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

2. Hutan Kota GBK

Dekat dan Murah, Intip 6 Rekomendasi Wisata Alam di Jakartainstagram.com/meliahrlnh

Hutan Kota GBK pernah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Tempat ini memiliki pemandangan yang menarik dengan lingkungan bersih. Selain itu, terdapat beberapa spot foto menarik.

Hutan Kota GBK asyik banget buat piknik sambil menikmati suasana alam yang asri, langit biru, dan gedung-gedung pencakar langit yang estetik. Menariknya lagi, masuk ke sini tak dipungut biaya alias gratis, lho. 

Lokasi: Gelora Bung Karno, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

3. Pantai Ancol

Dekat dan Murah, Intip 6 Rekomendasi Wisata Alam di Jakartainstagram.com/dsenjaya89

Pantai Ancol cocok dikunjungi saat akhir pekan. Meskipun tidak seperti pantai di Bali, tetapi tempat ini cukup nyaman dan memiliki ombak yang aman. Selain itu, pantai ini memiliki jembatan yang ikonik, cocok untuk tempat berfoto-foto.

Terdapat beberapa kafe dan restoran pinggir pantai untuk chill sambil menikmati suasana laut. Tiket masuknya hanya Rp25 ribu per orang.

Lokasi: Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Jakarta Utara. 

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Musim Hujan!

4. Setu Babakan

Dekat dan Murah, Intip 6 Rekomendasi Wisata Alam di Jakartainstagram.com/mpokgaga

Tempat wisata yang terletak di Perkampungan Budaya Betawi ini memiliki danau dengan pemandangan alam yang asri. Selain bisa menikmati suasana sekitar, kamu juga bisa mempelajari budaya Betawi di Setu Babakan.

Wajib pula mencoba beragam kuliner khas Betawi yang enak. Untuk masuk ke Setu Babakan, kamu gak perlu mengeluarkan bujet alias gratis. Menarik, bukan?

Lokasi: Jalan Moch. Kahfi II, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

5. Hutan Mangrove Pantai Indak Kapuk

Dekat dan Murah, Intip 6 Rekomendasi Wisata Alam di Jakartainstagram.com/tatichristien

Kalau kamu ingin mencari tempat 'pelarian' di Jakarta, tempat ini bakal jadi jawaban yang tepat. Kamu akan disambut dengan pepohonan rindang hutan bakau yang sejuk dan bikin rileks.

Kamu juga akan menemukan banyak spot foto yang menarik. Sewalah perahu untuk berkeliling. Saat menjelang malam, kamu bisa melihat sunset yang indah. Tiket masuk Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk harganya Rp25 ribu. 

Lokasi: Jalan Garden House Nomor 4, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

6. Allianz Ecopark

Dekat dan Murah, Intip 6 Rekomendasi Wisata Alam di Jakartainstagram.com/allianz.ecopark

Tempat wisata berkonsep ramah lingkungan ini cocok dikunjungi saat akhir pekan. Allianz Ecopark ini juga menjadi tempat pelestarian hewan, lho. Kamu bisa menikmati lingkungan taman dan hutan kota yang asri.

Terdapat puala area jogging, outbond, bersepeda, hingga pusat kuliner. Untuk masuk ke Allianz Ecopark, harga tiketnya Rp25 ribu. 

Lokasi: Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Itulah enam wisata alam dekat Jakarta yang bisa jadi pilihanmu untuk melipir sejenak dari hiruk pikuk ibu kota. Cocok dikunjungi saat akhir pekan, nih!

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Menurut Bule, 10 Hal Ini Bikin Kaget saat Liburan ke Jakarta! 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya