Comscore Tracker

Bikin Nyali Menciut, 6 Tempat yang Konon Paling Berhantu di Purwakarta

Apa kamu pernah mengunjunginya?

Purwakarta gak hanya terkenal sebagai kota sentra tembikar dan sate marangginya yang sedap. Kabupaten di Jawa barat ini juga ternyata memiliki berbagai tempat wisata alam yang indah, lho!

dengan sate marangginya yang enak. Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini juga memiliki tempat wisata alam yang indah, lho.

Selain itu, ada beberapa tempat yang dikenal angker di Purwakarta. Bahkan, ada satu tempat yang dikenal memiliki kerajaan gaib. Yuk, simak enam tempat yang dikenal angker di Purwakarta, Jawa Barat, berikut ini!

1. Gunung Hejo

Bikin Nyali Menciut, 6 Tempat yang Konon Paling Berhantu di Purwakartainstagram.com/pajajaran.anyar

Jika kamu pernah melintasi Tol Cipularang di KM 96-97, maka kamu bisa melihat Gunung Hejo. Gunung kecil ini dikenal sebagai salah satu tempat angker di Purwakarta.  

Pada zaman dahulu, Gunung Hejo pernah didatangi Prabu Siliwangi saat kondisi Kerajaan Padjajaran semakin meredup. Akhirnya, Prabu Siliwangi bertapa dan meninggalkan jejak berupa sebuah batu misterius. 

Kabarnya, gunung ini menjadi tempat petilasan Prabu Siliwangi yang membuat mahkluk halus terganggu. Namun kini, tempat tersebut sering dikunjungi orang-orang yang ingin berziarah atau meminta wangsit.

Kisah itulah akhirnya dianggap menjadi penyebab kecelakaan yang sering terjadi di Tol Cipularang. Banyak yang sering mengalami diganggu mahkluk misterius.

Lokasi: Desa Gununghejo, Kecamatan Darangdan, Purwakarta, Jawa Barat.

2. Waduk Jatiluhur

Bikin Nyali Menciut, 6 Tempat yang Konon Paling Berhantu di Purwakartainstagram.com/rniamj

Waduk terbesar di Indonesia ini sudah dibangun sejak 1967. Kabarnya Waduk Jatiluhur dihuni sosok misterius bernama Mbah Jawer.

Pada zaman dahulu, ada seorang bayi yang memiliki jengger di kepalanya. Sedihnya, bayi tersebut dibuang dan diasuh mahkluk gaib. Ia pun tumbuh besar dan disebut sebagai Mbah Jawer.

Sosok Mbah Jawer kerap meminta tumbal untuk membalas dendamnya. Kabarnya banyak orang yang tenggelam dan meninggal di waduk ini karena ulah Mbah Jawer.

Lokasi: Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

3. Waduk Cirata

Bikin Nyali Menciut, 6 Tempat yang Konon Paling Berhantu di Purwakartainstagram.com/manasitus

Waduk terbesar di Asia Tenggara ini memiliki beberapa kisah yang menyeramkan. Seperti menelan korban jiwa akibat ulah mahkluk halus, hingga ada kerajaan gaib yang berada di dalamnya. Bahkan terdapat ular raksasa yang meresahkan warga.

Lokasi: Desa Cadas Sari, Kecamatan Tegal Waru Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Baca Juga: 10 Air Terjun Paling Angker di Pulau Jawa, Ada yang Pernah Kesurupan

4. Tol Cipularang

Bikin Nyali Menciut, 6 Tempat yang Konon Paling Berhantu di Purwakartainstagram.com/dsp_rustaone

Tol Cipularang dikenal sebagai salah satu jalur tol yang terkenal paling angker. Tol ini kerap memakan korban jiwa akibat gangguan mahkluk halus.

Kabarnya banyak orang yang kerap melihat mahkluk halus berdiri di pinggir jalan tol. Hal ini pun menganggu konsentrasi saat mengemudi dan menyebabkan kecelakaan.

Lokasi: Jalur tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Jawa Barat.

5. Jembatan Sasak Beusi

Bikin Nyali Menciut, 6 Tempat yang Konon Paling Berhantu di Purwakartapinterest.com/linetoday

Jembatan yang berusia ratusan tahun ini dianggap angker oleh warga setempat. Konon, banyak makhluk halus yang menunggu tempat ini hingga menimbulkan kecelakaan dan memakan korban.

Jembatan ini pun terlihat menyeramkan saat malam hari, apalagi penerangannya kurang, sehingga membuat suasananya mencekam.

Lokasi: Jalan Pramuka, Sindangkasih, Mekargalih, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

6. Stasiun Kereta Api Purwakarta

Bikin Nyali Menciut, 6 Tempat yang Konon Paling Berhantu di Purwakartainstagram.com/cepisme

Selain dikenal sebagai salah satu tempat angker, stasiun ini menjadi tempat favorit untuk berfoto, lho. Tempat ini dipenuhi gerbong-gerbong kereta kosong warna-warni.

Ternyata, gerbong-gerbong tersebut memiliki kesan menyeramkan. Hal itu kerap dikaitkan dengan peristiwa 1988 yang dialami sekelompok pemuda.

Tubuh mereka terseret dan mayatnya ditemukan tak utuh. Peristiwa tersebut dianggap sebagai penyebab munculnya mahkluk tanpa kepala. 

Lokasi: Nagri Tengah, Purwakarta,Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Itulah enam tempat yang dikenal angker di Purwakarta, Jawa Barat. Jika mengunjunginya atau melintasinya, tetap jaga etika dan sikap yang baik ya, supaya tak terjadi hal-hal tak diinginkan.

Kisah ini ditulis berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, pengalaman orang per orang, dan disampaikan dari mulut ke mulut. Pengalaman setiap orang terhadap mitos dan kesan mistis seperti di atas, akan berbeda-beda. Tak semua orang bisa merasakan hal yang sama.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Paling Angker di Jambi, Ada Jejak Kaki Misterius

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya