Comscore Tracker

Coba Traveling yang Beda, Ini 10 Pasar Paling Terkenal di Indonesia

Instagramable zaman sekarang

Liburan itu sebenarnya gak melulu gunung dan pantai, karena ternyata pasar tradisional juga menjadi salah satu tujuan wisata yang oke. Sebab kamu bisa mendapatkan berbagai barang murah di sini. Bisa untuk oleh-oleh ataupun keperluan pribadi.

Di pasar tradisional, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Bercengkerama dan mengenal lebih dekat para warganya jadi suatu hal yang menarik.

Dari sekian banyak pasar tradisional di Indonesia, inilah sepuluh yang paling legendaris dari beberapa daerah. Bisa jadi referensi untuk dikunjungi saat traveling nanti, nih!

1. Pasar Gede di Solo

Coba Traveling yang Beda, Ini 10 Pasar Paling Terkenal di Indonesiainstagram.com/rizky.rea

Pasar Gede merupakan pasar induk terbesar di Solo. Pasar ini dibangun sejak tahun 1927 dan menjadi yang tertua di Solo.

Pasar yang dibangun dengan dua lantai ini menjual beragam kebutuhan harian yang cukup lengkap, lho! Lantai pertama berisi pedagang buah, sayuran, jamu, dan kebutuhan rumah tangga. Sedangkan, lantai kedua berisi pedagang daging.

Salah satu kuliner yang wajib dicicipi adalah Es Dawet Telasih Bu Dermi yang berada di lantai satu. Kamu wajib cobain, karena es dawet ini juga jadi langganannya Presiden Joko Widodo, lho.

2. Pasar Beringharjo di Yogyakarta

Coba Traveling yang Beda, Ini 10 Pasar Paling Terkenal di Indonesiapinterest.com/wisatasenibuday

Pasar Beringharjo berdiri sejak 1925. Pasar ini menjual berbagai kebutuhan, seperti batik, pakaian, kerajinan dan beragam kuliner khas untuk oleh-oleh. Jika ke sini pagi hari, wajib banget cobain Pecel "Senggol" dan Sate Kere Mbah Suwarni. DIjamin bikin nagih!

3. Pasar Apung di Banjarmasin

Coba Traveling yang Beda, Ini 10 Pasar Paling Terkenal di Indonesiapinterest.com/ksmtour.com

Mengapung di atas Sungai Kuin, pasar ini termasuk unik. Para pedagangnya menggunakan perahu kayu untuk menjual produk dagangannya. Kalau ke sini, kamu wajib belanja buah dan sayuran, karena dijamin segar dari kebun.

Kamu juga wajib beli oleh-oleh buah khas Banjar yang unik, seperti jeruk banjar dan buah mentega. Pasar ini juga pernah tampil dalam iklan stasiun televisi era 90-an, lho. Ingat, gak? 

4. Pasar Tanah Abang di Jakarta

Coba Traveling yang Beda, Ini 10 Pasar Paling Terkenal di Indonesiapinterest.com/my-travel

Pasar Tanah Abang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pasar ini menjadi salah satu pasar grosir terbesar se-Asia Tenggara. Gak heran kalau jadi jujugan para pedagang dari segala penjuru kota. Semua barang ada di sini, harganya pun murah meriah.

5. Pasar Seni Sukawati di Bali

Coba Traveling yang Beda, Ini 10 Pasar Paling Terkenal di Indonesiapinterest.com/zbalitour

Pasar yang identik dengan kerajinan khas Bali ini menjadi langganan para turis lokal dan mancanegara. Kalau mampir ke pasar ini, kamu harus pintar menawar untuk mendapatkan harga yang super murah.

Selain bisa belanja, pasar ini juga punya desain yang Instagramable. Nah, salah satu spot favorit para pengunjung adalah toko penjual tas rotan seperti di foto ini. 

6. Pasar Klewer di Solo

Coba Traveling yang Beda, Ini 10 Pasar Paling Terkenal di Indonesiapinterest.com/tempat-wisata

Pasar yang pernah kebakaran pada 2014 ini sekarang memiliki "wajah" baru. Kini, Pasar Klewer menjadi yang paling modern di Solo.

Pasar yang sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang ini memiliki beragam kuliner khas Solo yang lengkap. Dikenal pula sebagai tempat belanja yang murah. Pasar ini juga sangat dekat dengan Masjid Agung Surakarta. 

Baca Juga: 7 Pasar Tradisional Terbaik di Dunia, Indonesia Termasuk Juga Lho!

7. Pasar Johar di Semarang

Coba Traveling yang Beda, Ini 10 Pasar Paling Terkenal di Indonesiainstagram.com/seputarsemarang

Pasar yang dibangun sejak tahun 1930-an ini juga sempat kebakaran pada 2015. Sekarang penampilannya lebih baik.

Pasar yang masuk dalam cagar budaya Kota Semarang ini merupakan pasar sentral sekaligus pusat perekonomian Jawa Tengah. Kini, Pasar Johar sudah selalu menjadi jujugan favorit para wisatawan di Semarang. 

8. Pasar Baru di Bandung

Coba Traveling yang Beda, Ini 10 Pasar Paling Terkenal di Indonesiapinterest.com/dress-collections

Pasar Baru jadi yang tertua di Bandung. Pasar ini sudah ada sejak 1884. Disebut Pasar Baru, karena menggantikan pasar lama yang kebakaran, yang sebelumnya berada di Jalan Kepatihan.

Pasar Baru merupakan pasar yang paling banyak dikunjungi wisatawan Bandung, karena menyediakan beragam kebutuhan yang lengkap. Ada kain, pakaian, aksesoris, makanan, dan lain-lain. Semuanya murah meriah.

9. Pasar Peunayong di Aceh

Coba Traveling yang Beda, Ini 10 Pasar Paling Terkenal di Indonesiapinterest.com/what-indonesian-eat-drink

Pasar Peunayong adalah pusat pasar tersibuk di Banda Aceh. Menariknya, pasar ini hanya menjual sayuran dan ikan segar dari nelayan saja.

Aktivitasnya semakin ramai ketika ada tradisi membeli daging menjelang Lebaran. Suasananya masih sangat tradisional dengan para pedagang yang berjualan di pinggir jalan. 

10. Pasar Tomohon di Manado

Coba Traveling yang Beda, Ini 10 Pasar Paling Terkenal di Indonesiapinterest.com/sulawesi

Pasar yang sudah ada sejak zaman Belanda ini memiliki ciri khas yang cukup ekstrem. Di sini, kamu bisa menemukan beragam varian daging hewan yang gak biasa, seperti daging kelelawar, tikus, komodo, ular, babi, dan sebagainya.

Biasanya masyarakat lokal di sana menyajikan sajian ekstrem ini untuk hari kebesaran mereka. Kamu berani coba salah satu kuliner ekstremnya?

Itulah beberapa pasar legendaris di Indonesia yang wajib dikunjungi saat liburan ke kota-kota tersebut. Ada yang sudah pernah kamu datangi sebelumnya?

Baca Juga: 10 Pasar Seni Terbaik di Indonesia, Surganya Barang Berkualitas Tinggi

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya