Comscore Tracker

7 Air Terjun di Bengkulu yang Mempesona Banget!

Surga tersembunyi di Bumi Rafflesia

Surganya wisata alam tak hanya di Pulau Jawa. Daerah-daerah di Pulau Sumatera, seperti Bengkulu, pun punya potensi wisata alam yang gak kalah menarik. Yap, kondisi geografis Provinsi Bengkulu yang berdekatan dengan pegunungan Bukit Barisan membuat Bumi Rafflesia ini dikaruniai alam yang memesona.

Nah, berikut deretan air terjun di Bengkulu yang menawan dan wajib kamu kunjungi.

1. Curug Sembilan

7 Air Terjun di Bengkulu yang Mempesona Banget!instagram.com/farizoktaviano

Curug Sembilan berlokasi di Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. Sesuai namanya, air terjun ini memiliki sembilan pancaran air terjun yang bertingkat, sekaligus sembilan kolamnya.

Untuk mencapainya memang dibutuhkan waktu yang tidak sedikit dengan kondisi jalan yang cukup melelahkan. Kamu harus berjalan sekitar 3-4 jam dari Desa Tanah Hitam. Namun sesampainya di lokasi, rasa lelahmu dijamin akan lunas terbayar dengan indahnya pemandangan.

2. Air Terjun Tri Muara Karang

7 Air Terjun di Bengkulu yang Mempesona Banget!instagram.com/nrsdvxx

Air Terjun Tri Muara Karang terletak di Desa Blitar Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong. Kamu akan disuguhkan tiga aliran air terjun yang memesona. Uniknya lagi, tiga aliran air terjun di sini memiliki suhu yang berbeda-beda.

Dimulai dari tempat paling atas terdapat air terjun panas, kemudian di tingkat kedua ada air terjun hangat, dan terakhir yang paling bawah adalah air terjun dingin.

3. Air Terjun Batu Betiang

7 Air Terjun di Bengkulu yang Mempesona Banget!instagram.com/dediascar

Masih di Kabupaten Rejang Lebong, kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Batu Betiang yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). TNKS sendiri merupakan satu dari tiga taman nasional di Pulau Sumatera yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Untuk mencapainya, kamu bisa mulai dari Curup, ibu kota Rejang Lebong. Hanya butuh waktu 15–20 menit dengan sepeda motor, menuju Dusun Mirasi, Desa Babakan Baru. Selanjutnya, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki santai sekitar dua jam hingga sampai di Air Terjun Batu Betiang.

4. Air Terjun Sengkuang Kepahiang

7 Air Terjun di Bengkulu yang Mempesona Banget!instagram.com/dediascar

Air Terjun Sengkuang Kepahiang terletak sekitar 48 kilometer dari pusat Kota Bengkulu, atau tepatnya berada di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang.

Tinggi air terjun ini mencapai 25 meter. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, kamu akan mendapat bonus pemandangan hijaunya perkebunan teh yang sudah ada sejak penjajahan Inggris di Bengkulu.

Baca Juga: 6 Air Terjun Memesona di Semarang, Wajib Masuk Daftar Kunjungan Nih!

5. Curug Cay

7 Air Terjun di Bengkulu yang Mempesona Banget!instagram.com/m.frengky_wijaya

Satu lagi air terjun yang layak dikunjungi, Curug Cay namanya. Lokasinya berada di Desa Bukit, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah. Kamu bisa menempuh perjalanan darat dari Bengkulu dengan jarak sekitar 25 kilometer, estimasi waktu tempuh 45-60 menit.

Sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun setinggi sekitar 12 meter. Tepat di bawah air terjun terdapat sebuah kolam seluas 15 hingga 20 meter. Airnya dingin dan jernih dengan kedalaman berkisar tiga meter.

6. Air Terjun Kepala Curup

7 Air Terjun di Bengkulu yang Mempesona Banget!instagram.com/mardaleni_sabrina

Air terjun Kepala Curup berlokasi di Desa Kepala Curup, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong. Surga tersembunyi ini memiliki aliran air terjun ketinggian 100 meter dengan panorama alam yang sangat memukau.

Keistimewaan dari air terjun ini adalah lokasinya yang berada di habitat asli aneka ragam hewan dan tumbuhan yang ada di hutan sekitar air terjun. Selain itu, kamu juga bisa menemukan sebuah gua yang berada tepat di tengah aliran Air Terjun Kepala Curup.

7. Air Terjun Mandi Angin

7 Air Terjun di Bengkulu yang Mempesona Banget!instagram.com/ersasyafuan

Last but not least, ada Air Terjun Mandi Angin yang berada di Desa Air Berau, Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko. Air terjun yang terletak di dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) ini diklaim sebagai yang tertinggi di Bengkulu dengan ketinggian mencapai 80 meter.

Air terjun ini dinamakan Mandi Angin, karena kalau kamu berada di jarak 50 meter dari titik air jatuh, maka pakaianmu akan basah oleh air yang terbawa angin. Di sekitar air terjun, kamu juga akan dimanjakan dengan keindahan alam yang masih sangat alami dan memesona.

Duh, jadi langsung kebelet liburan, kan? Ada yang sudah kamu kunjungi, belum?

Baca Juga: 10 Potret Cantiknya Madakaripura, Air Terjun Eksotik di Jawa Timur

Topic:

  • Yogi Pasha
  • Septi Riyani

Just For You