Comscore Tracker

Pas di Lidah Orang Indonesia, 10 Makanan Singapura yang Layak Dicoba

Cari resepnya, bikin di rumah!

Bagi orang Indonesia, Singapura adalah negara yang sering menjadi destinasi wisata. Bagaiamana tidak, selain dekat dan ongkosnya murah, Singapura juga layak dikunjungi karena memiliki beragam keunggulan.

Sebagai kota dengan kemajuan teknologi yang tinggi, banyak yang menganggap kalau liburan ke Singapura hanya akan disuguhi pembangunan teknologi dan terobosannya tanpa batas. Nah, bagi kamu yang ingin melihat sisi asli Singapura, maka mulailah untuk mengubah tujuan shopping-mu jadi wisata kuliner.

Beberapa kulinernya justru masih menyimpan cita rasa lokalnya yang sangat sedap. Penasaran, bukan? Cicipi 10 makanan ini, maka kamu akan tahu seperti apa kearifan lokal negeri dengan jumlah tingkat pengangguran terendah di Asia ini.

1. Roti kaya

Pas di Lidah Orang Indonesia, 10 Makanan Singapura yang Layak Dicobamisstamchiak.com

Roti kaya dan Singapura adalah dua hal yang gak bisa dipisahkan. Roti dengan campuran selai kaya ini sudah seperti menu sarapan wajib deh. Gak cuma rasanya yang enak, roti kaya jadi makanan legendaris di Singapura yang telah ada sejak 1944.

2. Chwee kueh

Pas di Lidah Orang Indonesia, 10 Makanan Singapura yang Layak Dicobabearnakedfood.com

Chwee kueh akan memberimu nuansa kuliner yang gak terlupakan. Sejenis kue kukus penggabungan cita rasa Tinghoa dan Melayu, dimakan dengan garnish lobak cincang yang telah diawetkan.

3. Roti prata

Pas di Lidah Orang Indonesia, 10 Makanan Singapura yang Layak Dicobainstagram.com/kingfarata

Malaysia menyebutnya roti canai, di Indonesia dijual dengan nama roti maryam dan di Singapura dinamai roti prata. Sering disajikan sebagai menu makan malam dengan selai atau gulai daging.

4. Curry puff

Pas di Lidah Orang Indonesia, 10 Makanan Singapura yang Layak Dicobayoutube.com/theMEATMENchannel

Melihat bentuknya, mungkin kamu akan teringat pastel atau jalangkote dari Makassar? Nah, di Negeri Singa, makanan ini dijuluki curry puff. Isinya berupa kentang cincang, kari, telur dan ayam. Rasanya? Dijamin bikin nagih!

5. Popiah

Pas di Lidah Orang Indonesia, 10 Makanan Singapura yang Layak Dicobathepeakmagazine.com.sg

Popiah kalau di Indonesia itu sejenis lumpiah, tapi gak digoreng. Jadi lapisan tipis dari tepung atau gandum sudah matang sebelum diisi daging dan sayuran.

6. Soon kueh

Pas di Lidah Orang Indonesia, 10 Makanan Singapura yang Layak Dicobayoutube.com/theMEATMENchannel

Pecinta dimsum pasti akan doyan dengan soon kueh. Dimsum lokal dengan isi sayuran dan dan daging ini sudah seperti karya seni rasanya. Sudah ada sejak ratusan lalu dan dilestarikan warga Singapura sebagai kuliner warisan leluhur.

Baca Juga: 7 Keindahan Singapura dalam "Crazy Rich Asian", Bikin Pengin Liburan

7. Kue tutu

Pas di Lidah Orang Indonesia, 10 Makanan Singapura yang Layak Dicobahungryisland.com

Kue tutu terbuat dari tepung beras yang diisi dengan kacang merah. Kini variasinya lebih beragam, seperti cokelat hingga keju.

Menariknya, kue yang mirip putu di Indonesia ini ternyata memiliki sejarah yang sangat unik lho. Kue ini dibawa suku Fujian yang masuk ke Singapura pada 1930-an.

8. Bak chor mee

Pas di Lidah Orang Indonesia, 10 Makanan Singapura yang Layak Dicobamisstamchiak.com

Daging dan jamur jadi campuran paling enak pada mie ini, yang membedakannya dengan beberapa mie populer Singapura yang lain.

Bak chor mee biasanya menggunakan daging babi, jadi jika kamu turis muslim, sebaiknya bertanya dulu ke pemilik kedai. Biasanya ada yang ayam juga, kok.

9. Carrot cake

Pas di Lidah Orang Indonesia, 10 Makanan Singapura yang Layak Dicobathehalalfoodblog.com

Meski namanya carrot cake, tapi makanan ini bukan dari wortel. Melainkan terbuat dari lobak putih yang dikukus, kemudian diawetkan dan dimasak dengan campuran kecap, saus ikan, telur, bawang putih, dan daun bawang.

Rasanya terdiri dari kombinasi yang unik dan cuma ada di Singapura nih. Vegetarian pasti suka, deh!

10. Laksa

Pas di Lidah Orang Indonesia, 10 Makanan Singapura yang Layak Dicobaeatwhattonight.com

Kalau laksa sudah pada tahu dong, ya? Dua makanan ini sangat mudah dijumpai di Malaysia dan Singapura. Setiap sudut kota bakal menjual makanan satu ini, semangkuk sup segar dengan daging dan udang yang sangat menggoda.

Nah, kalau sedang liburan ke Singapura, jangan sampai melewatkan sepuluh kuliner di atas ya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Alam Indonesia, Bisa Dikunjungi Usai Pandemik

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya