TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alun-alun Majalengka: Info, Rute, dan Daya Tariknya

Banyak spot foto estetik, nih!

Alun-alun Majalengka (google.com/maps/Ade Mulyadi)

Alun-alun Majalengka kini tampil dengan wajah baru setelah dilakukan renovasi dan penambahan fasilitas yang kian menarik. Diresmikan pada 2021 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, masyarakat kini boleh mengunjungi dan memanfaatkan sarana alun-alun yang ada, sesuai peraturan yang berlaku.

Mulai dari lapangan rumput sintetis, taman yang teduh, hingga spot foto estetik, alun-alun satu ini jadi tempat rekreasi favorit keluarga yang gak pernah sepi pengunjung. Penasaran seperti apa pesona Alun-alun Majalengka? Langsung cek ulasannya di bawah ini!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

taman Alun-alun Majalengka (google.com/maps/cep budhi darma)

Alun-alun Majalengka berlokasi di Jalan Alun-Alun Barat, Majalengka Kulon, Kecamatan Majalengka. Sangat strategis berada dekat dengan Kantor Bupati Majalengka, Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka, dan Masjid Agung Al-Imam Majalengka.

Sebagai taman terbuka publik, Alun-alun Majalengka buka 24 jam. Tidak ada tarif tiket masuk, jadi kamu bisa leluasa jalan-jalan di area alun-alun. Tapi, kamu perlu siapkan ongkos untuk parkir jika membawa kendaraan pribadi, ya.

Baca Juga: 6 Oleh-Oleh Khas Majalengka buat Orang Rumah, Camilan hingga Batik

2. Rute dan transportasi

taman Alun-alun Majalengka (google.com/maps/cep budhi darma)

Karena terletak di pusat kota, maka tidak sulit untuk mencapai Alun-alun Subang. Kamu bisa menjangkaunya dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, seperti bus dan angkutan umum.

Jika berangkat dari Jatiwangi, ikuti jalan lurus di sepanjang Jl. Jatiwangi - Kadipaten, lalu Jl. Majalengka-Kadipaten, Jl. Siliwangi, dan Jl. Kh. Abdul Halim. Lalu, saat di Bundaran Munjul Majalengka, ambil jalan keluar ke-2 menuju Jl. K.H.Abdul Halim. Berkendara terus hingga masuk Jl. Majalengka - Cikijing. Alun-alun Majalengka berada di sebelah kanan dari arah kedatangan.

3. Berbagai fasilitas menarik untuk tingkatkan indeks kebahagiaan

taman Alun-alun Majalengka (google.com/maps/Amin Udin)

Tampak segar dengan warna terakota yang memberi kesan nuansa modern tanpa kehilangan sentuhan konsep budayanya. Perbaikan pada area alun-alun ditujukan untuk bisa meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat dengan dihadirkannya berbagai fasilitas menarik.

Alun-alun Majalengka terbagi menjadi dua bagian halaman. Begitu masuk dari gerbang kedatangan, pengunjung akan disambut oleh dua area taman duduk yang berada di halaman depan. Dengan pepohonan hijau yang menambah teduh suasana taman. Lalu, berjalan masuk ke dalam, kamu akan menjumpai lapangan rumput sintesis di bagian barat yang juga menjadi bagian dari halaman Masjid Agung Al-Imam Majalengka.

Di tengah area alun-alun, berdiri bangunan terakota yang memisahkan halaman depan dan belakang. Pengunjung juga kerap menghabiskan waktu di area rooftop, berswa foto atau sekadar duduk menikmati keramaian sekitar.

Gak hanya itu, keindahan air mancur bisa dilihat pada bagian tengah alun-alun. Berjalan ke bagian timur, kamu pun bisa menemukan tribun penonton yang menjadi tempat nyaman untuk berkumpul. 

4. Aktivitas seru di area alun-alun

taman Alun-alun Majalengka (google.com/maps/Turis Lokal)

Alun-alun di Majalengka mengusung suasana baru yang menambah daya tariknya, sehingga dijadikan salah satu lokasi favorit masyarakat untuk mengusir penat sejenak. Hadirnya wajah baru pada alun-alun agar dapat mewadahi ekspresi dari berbagai kreativitas masyarakat, seperti kegiatan diskusi, hingga One Day One Juz Al-Qur'an di rerumputan sintetis.

Pengunjung bisa menikmati aneka kuliner di gerai pedagang kaki lima (PKL) dan mengakses perpustakaan untuk kebutuhan informasi di alun-alun. Mengajak anak-anak bermain di Alun-alun Majalengka pun sudah jadi wisataa asyik yang murah meriah.

Baca Juga: Alun-alun Subang: Info, Rute, dan Daya Tariknya

Berita Terkini Lainnya