Comscore Tracker

Segera Dirilis Apple, Ini Bentuk dan Teknologi Tinggi iMac Lipat

Teknologi yang dibikin Apple semakin mutakhir

Tahun ini berbagai jenama ponsel dan komputer di dunia tengah getol-getolnya merilis teknologi baru. Samsung, misalnya, lewat acara Unpacked 2020, merilis Galaxy Z Flip – HP lipat yang memulai era baru untuk industri perangkat fleksibel. Tapi Apple juga tak ketinggalan, setelah dikabarkan diam-diam sedang mengerjakan perangkat lipatnya sendiri.

Namun, bukti baru mengungkap bahwa perangkat lipat itu bukan iPhone atau iPad, melainkan iMac. Dalam bocoran info yang beredar, iMac lipat digambarkan memiliki desain atau bentuk ‘satu lembar kaca’. Untuk informasi lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Sepertiga bagian layarnya bisa dilipat

Segera Dirilis Apple, Ini Bentuk dan Teknologi Tinggi iMac Lipatletsgodigital.org

Dilansir dari LetsGoDigital, Apple diketahui mengajukan paten untuk iMac dengan ‘kaca fleksibel’ pada 1 Mei 2019, yang kemudian ketahuan oleh media pada 23 Januari 2020 lalu. iMac lipat ini dikatakan memiliki layar yang sepertiganya dapat ditekuk dan digunakan sebagai keyboard digital serta sandaran untuk stabilitas.

Dengan kata lain, iMac lipat memiliki keyboard dan layar yang menyatu. Lebih lanjut, sepertiga bagian tersebut juga akan mengemas sejumlah port yang sulit diintegrasikan ke dalam desain perangkat yang ramping.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Laptop Berbasis Windows Terbaik Alternatif MacBook Pro!

2. Mengombinasikan layar lengkung dengan engsel

Segera Dirilis Apple, Ini Bentuk dan Teknologi Tinggi iMac Lipattomsguide.com

Layar lengkung bukanlah hal baru dalam industri teknologi, namun kuncinya di sini adalah mengombinasikannya dengan engsel – sama seperti yang Galaxy Z Flip lakukan, guna melenturkan sembari menjaga layarnya agar tetap utuh. Namun tidak seperti HP lipat pada umumnya, layar iMac hanya bisa ditekuk tidak lebih dari 90 derajat.

Selain bisa disesuaikan sudutnya untuk kenyamanan tampilan, layar iMac lipat juga bisa diluruskan sehingga mudah dimasukkan ke dalam tas. Plus, iMac lipat juga memiliki kamera webcam di atas tengah.

3. Dapat diintegrasikan dengan perangkat Apple lain

Segera Dirilis Apple, Ini Bentuk dan Teknologi Tinggi iMac Lipatcnet.com

Dokumentasi paten menjelaskan beberapa opsi untuk penggunaan keyboard. Salah satunya adalah membuat sebagian layar yang ditekuk memunculkan keyboard digital, dengan dua ruang sisa di bagian kanan kiri sebagai tempat untuk touchpad.

Ada juga opsi untuk mengintegrasikannya dengan MacBook dan kemudian memanfaatkan keyboard serta touchpad-nya, atau opsi ketiga – menggunakan keyboard fisik eksternal. Apapun itu, Apple kemungkinan besar akan membuat sebagian perangkatnya untuk dapat diintegrasikan dengan iMac lipat.

Demikian tadi sedikit info mengenai iMac lipat yang kabarnya sedang dikembangkan oleh Apple. Belum diketahui kapan iMac lipat akan diumumkan, namun semoga saja Apple segera mengungkapnya dalam waktu dekat.

Baca Juga: Antara MacBook Air dan MacBook Pro, Mana yang Terbaik? 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya