Comscore Tracker

Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat 

Sekalinya terinfeksi, susah untuk diobati

Virus adalah masalah paling utama yang terdapat pada komputer. Berbeda dengan bug yang merupakan kesalahan program, virus dirancang khusus untuk merusak komputer. Biasanya ini dilakukan oleh para hacker, entah untuk mengambil keuntungan atau sekadar jahil. Jenisnya pun tergolong banyak dan memiliki metode yang berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis-jenis virus komputer yang paling umum dan berisiko!

1. Virus boot sector

Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat lifewire.com

Virus ini menginfeksi hard disk dan akan menyebar ketika ada USB yang diakses ke komputer. Virus ini akan memberatkan komputer, khususnya ketika komputer dinyalakan.

2. Virus Web Scripting

Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat csoonline.com

Virus web scripting tersebut akan beraksi lewat situs ke situs dan akan menembus keamanan web browsing-mu. Lewat virus ini, hacker bisa mencuri informasi dan datamu lewat web browser.

3. Virus browser hijacker

Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat fixyourbrowser.com

Virus ini memunculkan sejumlah software aneh yang sebenarnya tidak pernah kamu install. Hasil paling umum dari virus ini adalah kamu melihat iklan bertebaran di komputermu.

4. Virus resident

Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat wisegeek.com

Virus resident menyimpan dirinya dalam memori komputer sehingga bisa menginfeksi data yang lain. Sekalipun program yang terinfeksi sudah dibuang, virus ini masih dapat berjalan.

Baca Juga: 7 Antivirus Paling Jago Basmi Virus di Laptop, Gratis Kok!

5. Virus direct action

Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat laniertechpros.com

Umumnya virus ini menyerang data yang memiliki format .exe atau .com. Jika ini terjadi, virus dapat menyebar ke data yang lainnya dan membuatnya tidak bisa dibuka.

6. Virus Polymorphic

Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat lifewire.com

Anti-virus biasa susah mendeteksi virus ini karena selalu berubah kode tiap kali menginfeksi data lain. Karena itulah nama virus ini Polymorphic yang menyerempet arti berubah bentuk.

7. Virus file infector

Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat infobits.in

Virus ini menulis ulang data yang terinfeksi sehingga kamu tidak akan mengenalinya.

8. Virus multipartite

Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat quantamagazine.org

Virus ini memiliki banyak cara untuk menginfeksi komputer dan cara-cara itu bisa langsung berjalan bersamaan. Bahkan bagi spesialis atau anti-virus berkualitas tinggi, virus ini susah ditangani.

9. Virus macro

Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat reddit.com

Kemampuan virus ini adalah meniru program software yang menggunakan bahasa macro, seperti Microsoft Word atau Excel. Karena penyerangannya terhadap dokumen, virus macro terbilang merusak. Virus ini biasa datang dari situs pornografi.

Sangat disarankan untuk memasang anti-virus di komputermu dan kalau bisa yang berbayar karena jauh lebih efektif. Kamu tidak akan mau virus sampai masuk ke komputermu dan menginfeksi tiap data yang ada. Masalah rekomendasi anti-virus, kamu bisa membacanya di artikel yang lain.

Baca Juga: 7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk Android, Dijamin Aman!

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You