Comscore Tracker

Deretan Game Nintendo Paling Langka dengan Harga Selangit

Ada yang hampir menyentuh setengah miliar rupiah.

Nintendo merupakan salah satu jenama video games yang punya pengalaman panjang. Selama 40 tahun berdiri, mereka telah mengorbitkan sejumlah games terkenal yang kini menjadi barang langka dan berharga.

Sebagian besar di antaranya merupakan game yang dirilis untuk NES dan yang lainnya adalah game khusus yang dibuat untuk turnamen. Berikut 7 game Nintendo paling langka dengan nilai jual fantastis.

1. Legend Of Zelda: Oracle Of Ages & Seasons – Limited Edition

Deretan Game Nintendo Paling Langka dengan Harga Selangitshpock.com

Yang pertama ada Oracle Of Ages & Seasons, game dari seri Legend Of Zelda yang dirilis untuk Gameboy Color. Game ini dilengkapi dengan gameplay dan gaya visual yang sama dengan game original Zelda, dan dibekali dengan fitur perubahan musim.

Nintendo sendiri merilis Oracle Of Ages & Seasons sebagai game limited edition atau edisi terbatas dengan hanya merilis sebanyak 500 copy saja. Saat ini, game yang dirilis pada tahun 2001 ini, memiliki nilai jual mulai mencapai U$1,150 (Rp16 juta) hingga US$2,200 (Rp31 juta).

2. Cheetahmen II

Deretan Game Nintendo Paling Langka dengan Harga Selangitnintendoage.com

Game original Cheetahmen pertama kali muncul di kartrid kompilasi game – Action 52, yang dirilis untuk NES. Sekuelnya, Cheetahmen II, sejatinya merupakan game yang belum sepenuhnya rampung, karena kartridnya menggunakan kartrid miliki Action 52 namun dengan tambahan label emas yang sederhana.

Game ini diproduksi kurang dari 2.000 copy, yang membuatnya sangat sulit ditemukan, bahkan di situs jual beli seperti Ebay sekalipun. Untuk sekarang, Cheetahmen II umumnya dibanderol di kisaran US$1,300 (Rp18 juta).

3. Duck Tales – Gold Cartridge Edition

Deretan Game Nintendo Paling Langka dengan Harga Selangitarstechnica.com

Ketika dirilis pada tahun 1989 untuk NES, Duck Tales dibanderol di harga yang cukup mahal, namun tidak langka. Itu menjadi langka ketika pada tahun 2013, Capcom merilis kembali game klasik ini dalam format bundle, yang terdiri dari gamenya sendiri dalam kartrid berwarna emas dan sejumlah barang promosi seperti kotak makan siang.

Capcom hanya memproduksi sebanyak 150 saja, sehingga prospek untuk menemukannya saat ini, lumayan sulit. Kalaupun ada, umumnya ini dijual di kisaran harga US$1,400 atau sekitar Rp19 juta.

Baca Juga: 7 Keputusan Terburuk Nintendo, Salah Satunya Menciptakan PlayStation

4. Stadium Events

Deretan Game Nintendo Paling Langka dengan Harga Selangitcnet.com

Bagi banyak kolektor, Stadium Events merupakan game yang paling berharga dan diinginkan. Stadium Events sendiri merupakan game lanjutan untuk aksesori Family Fun and Fitness, yang dibuat oleh Bandai. Nintendo yang tertarik dengan aksesori ini, kemudian membeli konsepnya dan melakukan branding ulang dalam bentuk Power Pad.

Ketika ini terjadi, Family Fun and Fitness beserta konten gamenya, ditarik dari peredaran. Itulah mengapa Stadium Events menjadi sangat langka dan kini diperjualbelikan hingga US$28,500 (Rp400 juta).

5. Donkey Kong Country Competition Edition

Deretan Game Nintendo Paling Langka dengan Harga Selangitgiantbomb.com

Donkey Kong Country Competition Edition merupakan edisi khusus dari Donkey Kong Country yang dibuat dan digunakan untuk kompetisi Nintendo PowerFest pada tahun 1994. Game ini diedit sedikit untuk keperluan kompetisi, seperti ditambahkannya timer dan beberapa level yang sedikit berubah.

Secara tampilan, kartrid dari game ini tidak jauh berbeda dari game originalnya, namun secara harga, jauh di atasnya. Dibuat sebanyak 2,500 copy, Donkey Kong Country Competition Edition dibanderol di kisaran US$1,650 (Rp23 juta).

6. Nintendo World Championship – Gold Cartridge

Deretan Game Nintendo Paling Langka dengan Harga Selangitreddit.com

Game ini memiliki kartrid dengan papan sirkuit yang sama seperti kartrid World Championship lainnya, namun dengan ekstra warna emas yang mengilap. Nintendo World Championship Gold Cartridge, merupakan varian yang diberikan sebagai hadiah untuk kompetisi yang ditampilkan di majalah Nintendo Power.

Nintendo hanya membuat 26 kartrid untuk game ini, yang membuatnya menjadi salah satu game NES paling langka yang pernah dibuat. Untuk harga, game ini sekarang bisa mencapai US$20,000 (Rp283 juta).

7. Nintendo Campus Challenge 1991

Deretan Game Nintendo Paling Langka dengan Harga Selangithighscore.com

Nintendo Campus Challenge 1991 memiliki struktur atau bentuk yang tidak jauh berbeda dari Nintendo World Championship yang dirilis satu tahun sebelumnya. Satu-satunya perbedaan hanyalah fakta bahwa ini digunakan di kompetisi yang diadakan di berbagai kampus di AS, serta beberapa tempat lain seperti Disney World.

Terdapat tiga game pada kartrid ini yaitu Super Mario Bros 3, PinBot dan Dr. Mario. Sejauh ini, hanya ditemukan satu kartrid Nintendo Campus Challenge 1991 saja, yang dijual diharga US$20,100 (Rp284 juta).

Demikian tadi informasi menarik mengenai game Nintendo paling langka yang dengan nilai jual fantastis. Apakah kamu setuju dengan banderol harga dari berbagai game diatas? Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ya!

Baca Juga: 7 Hal Terbaik & Terburuk dari Nintendo Switch Lite, Simak Sebelum Beli

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You