Comscore Tracker

Makin Keren, 7 Manfaat Pakai Mode Gelap di Media Sosial

Apakah kamu merasa lebih nyaman membaca dengan mode gelap?

Sejak pertama kali dikenalkan Twitter pada 2006 silam, fitur mode gelap alias dark mode di media sosial semakin lumrah digunakan. Setelah Twitter, beberapa platform terkenal pun ikut menerapkan mode yang satu ini, mulai dari Telegram, Reddit, OS Mojave Apple, bahkan YouTube.

Memang, apa saja sih manfaat menggunakan mode gelap ini? Berikut ini beberapa yang utama di antaranya!

1. Menciptakan kontras yang lebih baik

Makin Keren, 7 Manfaat Pakai Mode Gelap di Media Sosialdailymail.co.uk/

Salah satu fungsi menggunakan mode gelap ialah menjadikan kontras layar smartphone menjadi lebih baik. Hal ini karena cahaya yang dikeluarkan akan diminimalisir, sehingga tidak terlalu terang saat berada di tempat gelap.

2. Mengurangi kelelahan mata

Makin Keren, 7 Manfaat Pakai Mode Gelap di Media Sosialinvisioncare.com

Menerapkan mode gelap nyatanya mampu membantu mengurangi kelalahan mata yang terjadi akibat terus menerus menatap layar. Cahaya yang tidak terlalu banyak ini membuat mata tidak harus bekerja lebih keras untuk mengedipkan kelopak, agar kondisi mata selalu basah.

3. Mengurangi cahaya biru pada smartphone

Makin Keren, 7 Manfaat Pakai Mode Gelap di Media Sosialblog.nerdalert.com

Cahaya biru yang keluar melalui smartphone merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit-penyakit berbahaya pada tubuh. Salah satu penyakit tersebut ialah kanker. Namun, dengan menggunakan mode gelap ini, akan mengurangi cahaya biru yang keluar, sehingga tubuh akan terhindar dari risiko penyakit berbahaya. 

Baca Juga: Lagi Ramai Diaplikasikan, Dark Mode Beri 5 Manfaat Ini ke Pengguna Lho

4. Memperjelas tulisan

Makin Keren, 7 Manfaat Pakai Mode Gelap di Media Sosialdigitaltrends.com

Ketika mode gelap mulai diterapkan, cahaya yang berkurang akan membuat mata lebih fokus terhadap hal-hal yang berada di layar smartphone. Oleh karena itu, pengguna akan merasa mampu membaca tulisan lebih jelas.

5. Menghemat baterai

Makin Keren, 7 Manfaat Pakai Mode Gelap di Media Sosialvideoblocks.com

Mode terang pada smartphone yang biasa digunakan sehari-hari setidaknya dapat menghabiskan baterai enam kali lebih cepat daripada pengunaan mode gelap. Hal ini disebabkan karena lebih banyaknya kontras cahaya yang dihasilkan, sehingga smartphone mudah panas dan baterai cepat habis.

6. Membuat penggunanya mudah tidur

Makin Keren, 7 Manfaat Pakai Mode Gelap di Media Sosialpexels.com/ivanobolensky

Berkurangnya cahaya biru ternyata juga berakibat baik pada sistem kerja otak. Sebab, dalam kondisi tersebut, tubuh akan lebih mudah memproduksi melatonin atau hormon yang memberi perintah pada badan untuk tidur. Hasilnya, tubuh akan lebih mudah tertidur dan beristirahat.

7. Membuat tampilan lebih keren

Makin Keren, 7 Manfaat Pakai Mode Gelap di Media Sosialgadgetplus.co.id

Redupnya layar smartphone ketika menggunakan mode gelap ternyata juga berdampak pada berubahnya tampilan media sosial yang digunakan. Biasanya, ketika hal ini berlangsung, background pada tampilan tersebut akan berubah warna menjadi hitam dan terlihat lebih elegan.

Penggunaan mode gelap nyatanya banyak mengandung manfaat dan keuntungan. Beberapa platform seperti WhatsApp dan Facebook Messenger pun berencana untuk merilis mode gelap pada tahun ini. Kalian gak mau coba menggunakannya juga?

Baca Juga: Dark Mode Sedang Jadi Trend, Ini 11 Aplikasi yang Punya Fitur Tersebut

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You