Kreatif! Ini 7 Cara yang Dilakukan Penggunaan USB OTG di Android 

Banyak sekali lho manfaat yang tidak terduga dari USB OTG

Memiliki USB memang membuat hidup lebih praktis, tetapi kita tidak bisa menggunakannya di handphone. Itu beberapa tahun yang lalu. Sekarang kamu sudah bisa mengakses file di USB atau flashdisk di handphone menggunakan USB OTG.

USB On-The-Go (OTG) adalah perangkat yang memungkinkan pengguna handphone untuk membaca data tanpa memerlukan PC atau laptop. Ia berbentuk seperti sambungan atau kabel yang memiliki dua ujung. Ujung yang pertama dapat tersambung ke handphone, ujung yang lain bisa disambungkan dengan flashdisk.

Pertama kamu harus cek apakah handphone-mu mendukung perangkat ini.

Kreatif! Ini 7 Cara yang Dilakukan Penggunaan USB OTG di Android wikimedia.org

Cara mengeceknya adalah dengan melihat spesifikasi di boks atau melalui situs perusahaan handphone-mu. Periksalah apakah ada logo USB OTG di sana. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan install aplikasi Easy OTG Checker. Pada umumnya handphone keluaran terbaru sudah 

Tidak hanya untuk membaca data, masih banyak kegunaan dari perangkat ini. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Nonton film atau serial di handphone

Kreatif! Ini 7 Cara yang Dilakukan Penggunaan USB OTG di Android youtube.com

Kamu sering men-download film atau serial dari internet untuk ditonton saat sedang di kereta atau tempat lain? Kamu bisa memanfaatkan USB OTG agar lebih praktis. Caranya dengan mentransfer file ke USB OTG, kemudian sambungkan dengan handphone dan menontonnya langsung.

Ini memudahkanmu karena tidak perlu menyimpan file di handphone lagi. Tidak hanya itu, menonton pun jadi lebih praktis dan dapat dilakukan di mana saja.

2. Main game di handphone dengan controller

Kreatif! Ini 7 Cara yang Dilakukan Penggunaan USB OTG di Android digitaltrends.com

Kabar baik untuk penggemar game. Kamu kini bisa menyambungkan handphone-mu dengan controller menggunakan USB OTG. Caranya sangat sederhana, karena menggunakan sistem plug-and-play.

Tinggal tancap, kamu langsung bisa merasakan serunya bermain mobile game dengan controller. Namun kamu harus tetap mencari tahu perangkat apa yang kompatibel dengan handphone-mu ya. 

3. Mengontrol handphone Android dengan mouse dan keyboard

Kreatif! Ini 7 Cara yang Dilakukan Penggunaan USB OTG di Android fonepaw.com

Android ternyata bisa tersambung dengan perangkat PC seperti mouse dan keyboard wireless. Syaratnya kamu harus memiliki USB OTG dan perangkat wireless yang kompatibel dengan semua platform. Dengan menyambungkannya, kamu bisa mengetik menggunakan keyboard dan menavigasi handphone dengan mouse.

4. Mencetak dokumen langsung dari handphone ke printer

Kreatif! Ini 7 Cara yang Dilakukan Penggunaan USB OTG di Android youtube.com

Untuk mencetak gambar yang tersimpan di handphone, kamu harus menyambungkannya dengan PC dan mentransfer file yang diinginkan. Namun ada cara yang lebih praktis untuk melakukannya.

Kamu membutuhkan printer yang bisa digunakan dengan sistem USB plug-and-play. Dengan berbekal perangkat tersebut dan USB OTG, kamu bisa mencetak dokumen tanpa harus mentransfer file ke PC atau laptop terlebih dahulu. 

Baca Juga: 7 Kerugian Memakai SD Card di Handphone Android, Masih Mau Pakai?

5. Mengontrol kamera DSLR

Kreatif! Ini 7 Cara yang Dilakukan Penggunaan USB OTG di Android cbsistatic.com

Pecinta fotografi akan meyukai fungsi yang satu ini. Kamu tidak perlu transfer file ke PC untuk bisa mengunggah foto yang baru kamu jepret di Instagram. Dengan USB OTG, kamera bisa langsung tersambung dengan handphone-mu. 

Tidak hanya itu, dengan menggunakan perangkat tersebut, handphone juga bisa disulap menjadi layar langsung untuk kamera. Kamu bisa mengatur fokus, kecepatan rana, dan lain-lain. Untuk mempraktikkannya kamu harus install aplikasi pengontrol DSLR yang kompatibel dengan kameramu. 

6. Mengakses ethernet

Kreatif! Ini 7 Cara yang Dilakukan Penggunaan USB OTG di Android amazon.com

Ketika membicarakan akses internet di handphone, pilihan yang paling tepat adalah dengan menggunakan WiFi. Namun tentunya kamu tidak selalu berada di tempat dengan internet nirkabel tersebut kan?

Tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan internet kabel atau yang biasa disebut sebagai ethernet. Untuk melakukannya, kamu memerlukan USB OTG dan adaptor USB ethernet. Dengan menggunakan perangkat tersebut kamu tidak perlu khawatir hidup tanpa internet.

7. Mentransfer daya baterai handphone

https://www.youtube.com/embed/Iu1zi_RWcU0

Fungsi menarik lain dari USB OTG adalah kemampuannya untuk mengisi baterai dari satu handphone ke handphone lainnya. Yang harus kamu lakukan adalah dengan menghubungkan keduanya melalui USB OTG. 

Handphone yang berperan sebagai pengisi baterai disambungkan dengan OTG, kemudian tancapkan kabel charger dan sambungkan ke handphone lainnya. Ini sangat berguna terutama di situasi mendesak.

Kecil-kecil cabe rawit ya USB OTG ini. Walaupun terlihat sepele, ternyata banyak sekali kegunaan yang tidak terduga!

Baca Juga: 6 Smartphone dengan USB Type-C Harga di Bawah Rp 3 Jutaan

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You