Comscore Tracker

Jangan Panik, Ini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hack

Mudah kok, gak perlu panik...

Menjadi terkenal di media sosial diprediksi bakal menjadi sasaran empuk buat hacker. Mulai dari artis, selebgram atau orang yang cukup punya pengaruh. Bahkan, kita sendiri bisa saja menjadi sasaran para hacker ini.

Nah, jika akun Instagram kamu dibobol hacker, jangan bingung dan panik. Ada cara untuk mengembalikan akun Instagram yang kena hack, nggak susah kok gampang banget!

Mau tahu gimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini ya!

Catatan: Langkah berikut ini dilakukan via Instagram website.

1. Buka help.instagram.com lalu pilih "Privacy & Safety"

Jangan Panik, Ini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hackhelp.instagram.com

Jadi, kalau akun Instagram-mu ke hack maka jangan ragu untuk meminta bantuan via help.instagram.com lalu pilih menu Privacy & Safety > Report Something > Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us.

Setelah itu, akan ada beberapa pertanyaan yang muncul dan kamu perlu mengisinya dengan benar dan sejelas-jelasnya.

2. Sama seperti langkah pertama, tapi pilih menu "Impersonation Account"

Jangan Panik, Ini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hackhelp.instagram.com

Langkah-langkahnya hampir sama kok seperti di atas, hanya saja pilih menu Impersonation Account untuk melaporkan bahwa akunmu diambil alih sama orang lain. Perlu diingat, untuk melaporkan akunmu yang kena hack pakai cara ini maka kamu wajib mengisi form yang sudah disediakan Instagram dengan email lengkap yang kamu gunakan untuk mendaftar awal ke Instagram.

Selain itu, pastikan sekarang akun Instagrammu sudah berganti nama atau tidak. Kalau berganti nama, maka kamu wajib memasukkan nama yang sekarang digunakan akunmu agar pihak Instagram bisa dengan mudah membantu mengembalikannya.

3. Jika sudah berhasil lapor, maka akun Instagram-mu akan hilang!

Jangan Panik, Ini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hackgiphy.com

Gak usah panik, itu memang langkah dari pihak Instagram untuk memastikan bahwa memang ada tindakan pembobolan terhadap akunmu. Kamu gak bakal bisa mencari nama akunmu di kolom pencarian dan saat kamu mengetik nama akunmu maka akan muncul "user not found".

Ingat, saat nama akunmu gak bisa ditemukan jangan coba-coba mendaftar lagi di Instagram dengan nama akun yang sama. Soalnya, itu malah bisa bikin pihak Instagram bingung dan malah bikin kamu seakan-akan jadi pihak yang meng-hack akunmu.

Baca Juga: Ini Nih 12 Trik Tersembunyi Instagram yang Wajib Kamu Ketahui

4. Jangan bosan cek email!

Jangan Panik, Ini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hackgiphy.com

Pasca laporan, cek deh emailmu. Apa ada pesan masuk dari pihak Instagram terkait laporanmu. Kalau memang ada email masuk dari Instagram terkait langkah yang perlu kamu lakukan terkait pengembalian akunmu, maka segera ikuti.

Biasanya, pihak Instagram akan meminta kamu untuk melakukan instruksi sebagai berikut: tulis tangan nama akun dan nama lengkap serta kode rahasia dari Instagram di kertas putih. Kemudian foto wajahmu dan kertas putih itu untuk memverifikasi bahwa kamu memang pemilik asli akun.

Usahakan, baik posisi atau wajah sesuai dengan salah satu foto yang pernah kamu upload di Instagram atau minimal mirip dengan foto profilmu.

5. Instagram juga akan mengirim email terkait form yang perlu kamu isi (lagi) untuk mengembalikan akunmu!

Jangan Panik, Ini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hackgiphy.com

Jadi, setelah mengirim balasan email terkait verifikasi data dan dirimu maka pihak Instagram sekali lagi akan mengirimimu dengan form yang perlu diisi dengan data diri terutama foto atau copy ID. Balas dan isi email satu ini dengan sejelas-jelasnya ya, guys! Jangan sampai ada informasi penting atau kolom isian yang gak terisi.

6. Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, bersabarlah menunggu balasan pihak Instagram

Jangan Panik, Ini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hacktime.com

Ya, biasanya sekitar 4 sampai 7 hari pihak Instagram baru akan membalas dan mengembalikan akun jadi milikmu lagi. Tandanya kalau akunmu sudah kembali adalah munculnya username-mu di kolom Pencarian.

Ikuti langkah pemulihan akunmu sesuai dengan email balasan terakhir dari pihak Instagram dan kamu pun sudah siap kembali menggunakan akun Instagram-mu lagi.

Gimana guys, mudah banget kan? Meski prosesnya agak lama tapi worth it kok untuk mengembalikan akun Instagram-mu lagi!

Coba deh dipraktikkan kala suatu kali akunmu ter-hack. Walaupun amit-amit jangan sampai kejadian, ya. Setidaknya antisipasi dengan kamu sudah tahu caranya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Simpan Foto di Instagram Tanpa Perlu Takut Ketahuan

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya