Comscore Tracker

Bijak di Medsos, 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkomentar

Berpikir dua kali lebih baik daripada berakibat fatal

Kemudahan mengakses internet membuat kita semakin bebas mengekspresikan diri di sosial media. Namun, kebebasan itu tidak selamanya berujung baik. Buktinya, masih banyak ditemui komentar yang kurang pantas dan malah menimbulkan konflik. Apalagi, beberapa waktu lalu terdapat kasus perundungan di dunia maya yang berujung pada maut.

Fenomena yang kurang mengenakkan seperti ini, bisa dicegah. Salah satunya, dengan mengendalikan diri sendiri. Berikut yang perlu diperhatikan saat hendak berkomentar di sosial media.

1. Berikan komentar sesuai konteks permasalahan. Jangan mengungkit hal di luar permasalahan

Bijak di Medsos, 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkomentarpexels/javier-pastrana

Saat mencuat sebuah permasalahan yang tersebar di media sosial, kita memiliki kecenderungan untuk ikut memberikan opini. Sebenarnya itu adalah hal yang lazim terjadi. Tapi, alangkah lebih bijak bila berkomentar sesuai dengan konteks masalah yang sedang hangat dibicarakan.

Contohnya, saat ada isu tentang sepakbola, maka berikan opini tentang masalah sepakbola. Jangan libatkan masalah di luar sepakbola yang tidak ada kaitannya dengan itu. Selain gak nyambung, kamu juga dianggap gagal paham pada masalah yang dibahas.

2. Hindari menyerang pribadi seseorang. Latar belakang pribadi tak berkaitan dengan masalah yang sedang diperbincangkan

Bijak di Medsos, 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkomentarpixabay/terovesalainen

Ketika mengomentari sebuah isu, sering muncul beberapa oknum yang membawa-bawa latar belakang seseorang. Mereka tidak lagi berkomentar pada konteks masalah, tetapi justru menyerang pribadi orang yang sedang diperbincangkan atau malah menyerang sesama netizen.

Menyerang pribadi seseorang, baik itu suku, agama, atau ras justru akan menimbulkan kegaduhan baru. Padahal, latar belakang masing-masing individu tidak berhubungan dengan problem yang sedang mencuat di publik.

3. Gunakan bahasa yang sopan. Hindari menggunakan kata kasar yang menjurus pada kekerasan verbal

Bijak di Medsos, 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkomentarpexels/Pixabay

Setiap orang punya hak berkomentar. Namun, pergunakan kata-kata yang sopan. Hindari memakai kata makian atau menyebut nama hewan hanya untuk menjelekkan pihak lain. Berikan pendapat tanpa harus menyakiti hati orang lain.

Ingat! Komentar yang diucapkan, mencerminkan seperti apa pribadi kita. Apa gak kasihan sama pihak lain yang sering dibawa-bawa tanpa mereka tahu permasalahannya seperti apa?
 

Baca Juga: Menebar Kebencian Di Media Sosial Perlu Dibatasi

4. Hargai pendapat orang lain. Bila tidak setuju, sampaikan argumen dengan sopan dan masuk akal

Bijak di Medsos, 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkomentarpixabay/Free-Photos

Pendapat setiap orang bermacam-macam. Oleh karenanya, pendapat kita tentu berbeda satu sama lain. Berkaca dari itu, sudah sepatutnya kita menghargai pendapat orang lain. Menghargai bukan berarti selalu setuju. Kita bisa berada di sisi seberang dengan menyampaikan argumen berbeda.

Namun, perlu diingat untuk tetap menyampaikan argumen dengan sopan dan sesuai dengan konteks. Akan lebih baik jika argumen ditunjang dengan data valid. Tapi, jangan sampai kita terjebak pada debat panas yang bikin suasana kian gaduh. Kita perlu menghentikan argumen jika dirasa tanggapan orang lain sudah melenceng dari masalah yang dibahas.

5. Pikirkan kembali sebelum berkomentar. Bila tidak yakin, lebih baik urungkan niat untuk memberi komentar

Bijak di Medsos, 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkomentarpixabay/nastya_gepp

Memberikan pendapat pada suatu persoalan memang tidak ada salahnya. Tapi, pertimbangkan kembali apakah kamu benar-benar memahami apa yang sedang jadi sorotan atau tidak. Kalau tidak yakin, lebih baik urungkan niatan berkomentar.

Selain mencegah terjadinya adu komentar yang tidak penting, kita juga dapat terhindar dari perundungan yang justru akan menyakiti diri sendiri. Tak selamanya diam itu apatis. Hanya saja, kita butuh waktu lebih untuk bereaksi.

Berkomentar di sosial media di satu sisi mendatangkan kebaikan, tapi bisa membawa keburukan bila tak bersikap bijak saat berkomentar. Ingat, jari jemari kita akan jadi bumerang kalau tak berhati-hati! Selalu bijak bersosial media ya!

Baca Juga: Miris! Ini 10 Kelakuan Akibat Kecanduan Sosial Media yang Terjadi di Kehidupanmu Sekarang

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya