Comscore Tracker

7 Cara Gampang Perbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Ternyata boros daya banyak penyebabnya

Sejauh ini, daya tahan baterai yang kurang mumpuni masih menjadi salah satu problema yang dihadapi banyak orang. Masalah itu masih sering ditemui meski semakin hari kapasitas baterai semakin besar, juga sistem operasi baru yang lebih hemat daya.

Beberapa mengeluhkan jika daya baterai mereka cepat habis atau bahkan berkurang sekalipun tidak digunakan. Ada banyak faktor yang mendasari masalah itu dan mengingat baterai merupakan komponen penting untuk “hidup” sebuah HP, berikut sejumlah tips atau cara ampuh mudah untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Atur kecerahan layar dan refresh rate

7 Cara Gampang Perbaiki Baterai HP yang Cepat Habissamsung.com

Sebagai komponen paling penting dari sebuah HP, layar jadi salah satu yang paling menguras daya baterai. Terlebih dengan fitur seperti refresh rate tinggi, layar semakin boros baterai dibanding biasanya.

Cara untuk mengatasi masalah ini tentu mudah saja, kamu hanya perlu mengatur tingkat kecerahan atau bisa juga dengan mengaktifkan “adaptive brightness” untuk kecerahan layar yang disesuaikan secara otomatis. Selanjutnya, atur juga refresh rate ke pengaturan paling rendah yaitu 60Hz, hindari menggunakan live wallpaper dan gunakan wallpaper dengan warna dominan hitam jika layar HP kamu berpanel AMOLED.

2. Jangan unduh dan install terlalu banyak aplikasi

7 Cara Gampang Perbaiki Baterai HP yang Cepat Habisnextpit.com

Semakin banyak aplikasi, semakin banyak pula daya yang dibutuhkan sehingga baterai jadi cepat habis. Beberapa aplikasi bahkan bisa menguras daya sekalipun tidak digunakan.

Itu karena aplikasi-aplikasi tersebut terus berjalan di latar belakang, menggunakan koneksi, meminta lokasi, mengirim notifikasi dan banyak lagi. Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan tidak mengunduh banyak aplikasi, mematikan proses latar belakang yang berjalan dari aplikasi tertentu dan menutup aplikasi jika sudah tidak digunakan.

3. Matikan GPS dan Bluetooth jika tidak digunakan

7 Cara Gampang Perbaiki Baterai HP yang Cepat Habistechadvisor.com

Ada dua hal yang banyak orang aktifkan namun tidak sering atau jarang digunakan. Itu adalah GPS dan Bluetooth. Jika berbicara mengenai menguras daya, keduanya cukup menguras daya HP dan akan cukup terasa jika aktif terus menerus. Karenanya, disarankan untuk mematikan GPS dan Bluetooth jika keduanya tidak sedang digunakan.

Dalam beberapa kesempatan, GPS dan Bluetooth yang aktif terkadang juga mempengaruhi performa HP secara keseluruhan. Sekali lagi, bukan menghindari menggunakannya, namun hindari untuk mengaktifkannya terus apabila tidak digunakan.

Baca Juga: 10 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis Tanpa Sadar

4. Update sistem operasi

7 Cara Gampang Perbaiki Baterai HP yang Cepat Habiscnet.com

Umumnya, semakin baru versi sistem operasi semakin bagus pula fitur yang diusung. Sejauh ini, versi Android yang semakin baru menjanjikan kinerja yang lebih optimal sekaligus hemat daya baterai. Oleh karena itu, jika HP kamu telah mendapat notifikasi untuk pembaruan sistem operasi, jangan ragu-ragu untuk melakukannya.

Apabila tidak ada notifikasi namun kamu ingin mengecek apakah mendapat update atau tidak, kamu bisa langsung pergi ke Settings > System > Advanced lalu cek About phone atau System update. Karena ukurannya cenderung besar, gunakan koneksi Wi-Fi agar tidak boros kuota.

5. Aktifkan mode penghemat baterai

7 Cara Gampang Perbaiki Baterai HP yang Cepat Habisandroidheadlines.com

Mode power-saving atau penghemat baterai merupakan fitur yang patut dijajal yang dapat memberi daya tahan baterai HP kamu menjadi lebih lama lagi. Dalam beberapa kasus, fitur ini mematikan fitur atau proses latar belakang, namun di satu sisi memastikan HP kamu masih bisa mendapatkan notifikasi pesan atau melakukan panggilan.

Kamu bisa mengaktifkan fitur ini langsung dari menu Quick Settings atau pergi ke Settings > Battery, lalu Battery Saver. Di pengaturan yang sama, kamu juga bisa mengaktifkan Adaptive Battery yang secara garis besar tidak jauh berbeda.

6. Hindari wilayah yang susah menangkap sinyal

7 Cara Gampang Perbaiki Baterai HP yang Cepat Habisandroidauthority.com

Yang satu ini mungkin tidak banyak orang ketahui, namun sinyal yang buruk bisa mempengaruhi daya baterai cukup signifikan. HP secara terus-menerus “berkomunikasi” dengan tower terdekat, untuk menjaga koneksi agar tetap aman dan stabil.

Nah apabila komunikasi itu terhalang entah karena wilayah terpencil atau terblokir bangunan, maka HP akan mengeluarkan usaha ekstra untuk mendapat koneksi. Akibatnya, baterai akan terkuras lebih cepat dari biasanya. Selain menghindari wilayah yang susah sinyal, kamu juga menyalakan mode pesawat agar HP kamu tidak berusaha meraih sinyal.

7. Ganti baterai atau HP

7 Cara Gampang Perbaiki Baterai HP yang Cepat Habisandroidauthority.com

Yang terakhir jadi salah satu cara paling jitu. Salah satu penyebab HP cepat habis adalah karena baterainya sendiri bermasalah entah karena cacat pabrik atau termakan usia. Solusi paling efektif untuk permasalahan ini tentu saja adalah dengan ganti baterai.

Namun perlu dicatat adalah pastikan baterai penggantinya merupakan baterai original bukan KW atau abal-abal. Jika ganti baterai dirasa kurang efektif, kamu juga bisa langsung ganti HP dan memilih yang punya kapasitas baterai besar di kisaran 4,000mAh ke atas untuk daya tahan baterai yang lebih awet dan terjamin.

Demikian tadi ulasan sekaligus tips cara mudah mengatasi baterai HP yang cepat habis. Jika punya tips lain untuk dibagikan, jangan malu-malu untuk membagikannya di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Cara Hemat Baterai HP, Gak Perlu Charge Ulang Seharian

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya