Comscore Tracker

Ini 7 Bocoran iPhone 11 yang Bakal Dirilis Tahun 2019

Infonya punya 3 kamera belakang dan pakai USB-C

Siap-siap untuk kalian penggemar smartphone produk Apple, iPhone. Tahun ini Apple akan merilis ponsel terbaru mereka yakni iPhone 11. Meskipun, detail lengkap mengenai iPhone 11 masih minim.

Namun, sama seperti smartphone fenomenal lainnya, iPhone 11 juga dihujani dengan banyak rumor dan spekulasi yang terus bermunculan di jagat internet.

Berikut IDN Times telah rangkum di antaranya – yang kemungkinan besar akan benar-benar diterapkan atau digunakan di iPhone 11!

1. Masih akan datang dengan tiga varian

Ini 7 Bocoran iPhone 11 yang Bakal Dirilis Tahun 2019youtube.com/SwagTab

Apple disebut-sebut berencana untuk tetap berpegang pada tiga varian iPhone seperti tahun lalu. Lebih lengkapnya, iPhone 11 akan datang dengan tiga varian baru yang mengikuti format iPhone XR – untuk versi budget, XS – untuk versi standar dan XS Max – untuk versi yang ‘lebih’.

Selain itu, Apple juga diperkirakan akan melanjutkan tradisi perilisan iPhone terbaru pada bulan September untuk dua varian teratas dan bulan Oktober untuk satu varian terbawah. Disebutkan pula jika nantinya iPhone 11 akan tetap mengikuti penamaan sesuai angka romawi yaitu XI.

2. Belum akan mendukung 5G

Ini 7 Bocoran iPhone 11 yang Bakal Dirilis Tahun 2019mobilesyrup.com

Smartphone 5G tentu akan menjadi highlight tahun ini. Namun iPhone 11 bisa dipastikan tidak akan terlibat di dalamnya. Bloomberg melaporkan bahwa Apple akan merilis smartphone 5G pertama mereka di tahun 2020.

Salah satu alasan yang mendasarinya diperkirakan berasal dari perselisihan antara Apple dan Qualcomm, yang mana puncaknya terjadi di tahun 2018, di mana Apple memutuskan untuk tidak lagi menggunakan chipset modem dari Qualcomm. Saat ini Apple menggunakan chipset modem dari Intel, yang mana baru siap untuk 5G pada tahun 2020 mendatang.

3. Akan mengusung tiga kamera belakang

Ini 7 Bocoran iPhone 11 yang Bakal Dirilis Tahun 2019indianwire.com

Dirumorkan bahwa setidaknya satu dari beberapa varian iPhone 11, akan mengusung tiga kamera belakang. Disebutkan bahwa kamera ketiga akan didukung dengan teknologi 3D terbaru dari Apple untuk peningkatan pengalaman AR.

Render yang diposting oleh OnLeaks dan Ice Universe pada awal Januari kemarin, menunjukkan prototype iPhone 11 dengan tiga kamera belakang yang ditempatkan di dalam modul persegi. Jika ini benar, maka kamera belakang iPhone 11 akan nampak seperti kamera belakang Huawei Mate 20 Pro – namun dengan peletakan menyamping.

Baca Juga: 5 Fitur di Ponsel Android Ini Mirip dengan iPhone XS Max

4. Dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lain

Ini 7 Bocoran iPhone 11 yang Bakal Dirilis Tahun 2019cnet.com

Seperti yang dilansir dari 9to5Mac, sebuah catatan dari analis veteran Apple – Ming-Chi Kuo menyebut bahwa generasi iPhone berikutnya akan mendukung pengisian bilateral. Itu artinya, iPhone 11 dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lain seperti iPhone, Apple Watch dan AirPods – secara nirkabel.

Jika rumor ini benar, maka Apple sedang berusaha untuk mengejar Samsung yang telah membawa fitur ini ke dalam jajaran Galaxy S10 mereka. Selain fitur pengisian daya, Kuo juga memperkirakan jika iPhone terbaru di 2019 akan dibekali dengan kapasitas baterai yang lebih besar.

5. Beralih ke USB-C

Ini 7 Bocoran iPhone 11 yang Bakal Dirilis Tahun 2019mobilesyrup.com

Salah satu rumor terlama yang hingga kini belum menjadi kenyataan adalah peralihan Apple ke USB-C. Tahun ini bagaimanapun, rumor tersebut bisa saja terealisasikan di iPhone 11, mengingat Apple telah mengganti port Lightning mereka dengan USB-C pada iPad Pro, MacBook Air dan MacBook Pro.

Bloomberg mengatakan bahwa Apple saat ini sedang menguji USB-C pada beberapa prototype iPhone. Ini mengikuti laporan sebelumnya dari Mac Okatara yang menyebut bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk beralih ke USB-C pada generasi terbaru iPhone.

6. Ditenagai dengan chipset A13 Bionic terbaru

Ini 7 Bocoran iPhone 11 yang Bakal Dirilis Tahun 2019compsmag.com

Chipset A12 Bionic yang tertanam pada iPhone XR, XS dan XS Max tidak dapat diragukan lagi merupakan salah satu chipset terkuat untuk smartphone saat ini. Bahkan menurut salah satu analis – Ben Thompson, A12 Bionic masih dapat bersaing dengan smartphone Android terbaik dalam dua tahun ke depan.

Itu artinya, Apple tidak harus menggunakan chipset baru pada iPhone 11 untuk tetap kompetitif. Namun Apple tentunya ingin lebih menempatkan superioritas mereka sehingga kesempatan iPhone 11 untuk mendapatkan chipset terbaru – yang kemungkinan disebut sebagai A13 Bionic, sangatlah besar­.

7. Harga yang ‘kembali’ naik

Ini 7 Bocoran iPhone 11 yang Bakal Dirilis Tahun 2019inverse.com

Berkaca dari peningkatan harga yang dilakukan Apple dari iPhone X ke iPhone XS setahun setelahnya, nampaknya iPhone 11 tahun 2019 ini akan mendapatkan kenaikan harga. Salah seorang analis – Jessica Dolcourt, menunjukkan pola kenaikan harga yang lumayan di pasar smartphone premium, dengan menyebut bahwa berbagai brand besar seperti Samsung dan Apple akan terus mendorong pola kenaikan ini hingga masa mendatang. Ini bisa jadi benar dan tak terhindarkan bahwa iPhone 11 nantinya memang mendapatkan peningkatan besar-besaran di sisi spesifikasi dan fitur.

https://www.youtube.com/embed/fu9ZGnKOozs

Itulah tadi beberapa rumor dan hal-hal lain yang perlu diketahui dari iPhone 11. Bagaimana dengan kalian? hal baru apa yang kalian inginkan dari iPhone 11?

Baca Juga: Ubah Android Jadi iPhone, Ini Lho Caranya!

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You