Comscore Tracker

Jarang yang Tahu, Ini Cara Pakai 7 Fitur Keren di Telegram

Gimana, kamu sudah pernah coba Telegram belum?

Di antara banyaknya layanan berbagi pesan, Telegram merupakan salah satu yang punya segudang fitur menarik. Saking banyaknya dan menariknya, Telegram bahkan bisa disebut menundukkan aplikasi lain seperti WhatsApp dan Signal dalam hal fungsionalitas.

Telegram sendiri memang punya fitur standar seperti mengubah pesan yang sudah dikirim namun di luar itu, aplikasi perpesanan buatan Pavel Durov itu punya beberapa fitur rahasia yang jarang atau bahkan tidak diketahui oleh penggunanya. Berikut beberapa di antaranya.

1. Lokasi langsung

Jarang yang Tahu, Ini Cara Pakai 7 Fitur Keren di Telegramtelegram.org

Tidak hanya WhatsApp, Telegram juga menyediakan fitur berbagi lokasi langsung bagi pengguna mereka. Fitur ini memungkinkan penerima melacak lokasi pengirim secara real-time. Menariknya, Telegram juga menghadirkan fitur ekstra berupa sensor proximity yang bakal memberi peringatan kepada pengguna jika pengguna lain berada dalam radius yang dekat.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu tap ikon berbentuk klip kertas di bagian bawah lalu pilih “Share my Live Location”. Kemudian bakal muncul map dan dari situ pengguna dapat langsung mengatur sensor proximity.

2. Pesan terjadwal

Jarang yang Tahu, Ini Cara Pakai 7 Fitur Keren di Telegramtelegram.org

Telegram memungkinkan penggunanya untuk membuat pesan terjadwal yang akan otomatis dikirimkan di waktu yang ditentukan. Lebih lanjut, pengirim juga bisa mengatur agar pesannya “silent” alias tidak akan mengeluarkan notifikasi suara di HP penerima.

Ini jadi opsi ideal bagi mereka yang ingin mengirim pesan ke seseorang tapi tidak ingin mengganggu. Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna hanya perlu membuat pesan yang ingin mereka kirim lalu tekan dan tahan lama tombol kirim. Dari situ, akan muncul opsi untuk pesan terjadwal maupun pesan silent atau bisu.

3. Tema kustom

Jarang yang Tahu, Ini Cara Pakai 7 Fitur Keren di Telegramtelegram.org

Sebagai aplikasi perpesanan yang ramah pengguna, Telegram juga memberi kesempatan kepada penggunanya untuk mengustomisasi tampilan Telegramnya. Telegram menyediakan beragam jenis tema dan kombinasi warna mulai dari yang terang hingga gelap.

Tema ini bakal diaplikasikan untuk mengubah warna latar belakang dari bagian chat dan perpesanan. Untuk mengaktifkan fitur ini, pergi ke pengaturan Telegram lalu pilih “Chat Settings”. Di menu tersebut akan ada bagian “Color theme” dengan beragam pilihan untuk dipilih.

Baca Juga: 7 Fitur Luar Biasa Telegram yang Tidak Dimiliki WhatsApp

4. Edit gambar ketika mengirim

Jarang yang Tahu, Ini Cara Pakai 7 Fitur Keren di Telegramtechweez.com

Sadar bahwa penggunanya bisa lupa atau melakukan kesalahan, Telegram menghadirkan fitur untuk mengedit dan mengganti gambar. Menariknya, fitur ini bisa digunakan sekalipun gambar terkait sudah terkirim ke HP penerima. Ini fitur menarik yang bahkan WhatsApp pun hingga kini belum memunculkannya.

Apabila ingin menggunakan fitur ini, pengguna tinggal tekan dan tahan lama pesan yang telah dikirim. Lalu, akan ada tombol “Edit” sama seperti ketika ingin mengedit pesan yang sudah terkirim. Di dalam fitur edit itu, terhadap dukungan untuk menambah filter, memotong gambar hingga menggantinya.

5. Folder chat

Jarang yang Tahu, Ini Cara Pakai 7 Fitur Keren di Telegramandroidpolice.com

Selanjutnya adalah fitur di mana pengguna bisa memilih chat mereka untuk dimasukkan ke dalam folder tertentu. Dengan fitur ini, pengguna kini dapat hanya berhadapan dengan chat yang ingin dan menghindari chat yang tidak diinginkan atau dirasa kurang penting. Contohnya, pengguna bisa mengatur grup yang berisi chat rekan kerja saja.

Untuk mengaplikasikan fitur ini, pengguna hanya perlu pergi ke pengaturan Telegram lalu memilih “Folders”. Di situ pengguna bisa membuat sebanyak mungkin folder yang diinginkan dan mengisinya dengan chat, grup ataupun channel terpilih.

6. Penyimpanan cloud tak terbatas

Jarang yang Tahu, Ini Cara Pakai 7 Fitur Keren di Telegramdev.to

Telegram memiliki fitur “Saved Messages” atau menyimpan pesan yang bisa digunakan oleh semua penggunanya. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan pesan penting (termasuk yang berisi file media) yang nantinya bakal dicadangkan di penyimpanan cloud aman milik Telegram.

Pesan yang tersimpan nantinya bisa diakses di perangkat lain dengan catatan akun Telegram pengguna telah log-in di perangkat tersebut. Selain itu, penyimpanan cloud cuma-cuma dari Telegram ini juga punya kapasitas tak terbatas dan pengguna bisa menyimpan berbagai macam file di sini.

7. Melacak pengguna yang berada di sekitar

Jarang yang Tahu, Ini Cara Pakai 7 Fitur Keren di Telegramtelegram.org

Yang terakhir mungkin sudah pernah dihadirkan di aplikasi perpesanan lainnya yaitu fitur untuk melacak pengguna yang ada di sekitar. Ini bukanlah fitur yang merusak privasi karena lokasi pengguna yang ditemukan tidak ditampilkan secara detail dan ini hanya bisa melacak pengguna yang setuju untuk dilacak.

Bagi pengguna yang tertarik dengan fitur ini bisa langsung ke “Contacts” lalu pilih “Find People Nearby”. Setelahnya, pengguna akan menemukan siapa saja pengguna atau kontak yang ada di sekitar mereka. Selain kontak, fitur ini juga dapat melacak grup berisi orang-orang di sekitar.

Demikian tadi ulasan mengenai fitur-fitur Telegram yang jarang diketahui dan cara memakainnya. Untuk kamu pengguna Telegram, sudah tahu fitur-fitur ini sebelumnya?

Baca Juga: 7 Keunggulan Telegram dibanding WhatsApp, Pertimbangkan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya