Comscore Tracker

Wisata di Tengah Wabah Corona, Jangan Lupa Unduh 6 Aplikasi HP Ini

Deretan aplikasi ini jelas sangat membantu

Aplikasi digital semakin hari semakin menawarkan kemudahan bagi setiap urusan umat manusia, terlebih di tengah wabah virus corona seperti saat ini. Banyak aplikasi digital yang bisa membantu mobilitas dan kebutuhan sehari-hari para pelancong hanya melalui smartphone.

Beberapa aplikasi digital bahkan menjadi syarat wajib jika para traveler ingin mengunjungi kota-kota tertentu. Berikut aplikasi smartphone yang wajib diunduh para traveler di masa pandemik.

1. Jogja Pass

Wisata di Tengah Wabah Corona, Jangan Lupa Unduh 6 Aplikasi HP Inicared-diy.jogjaprov.go.id

Jogja Pass akan menjadi 'paspor digital' bagi kamu yang akan mengunjungi Yogyakarta. Aplikasi ini wajib dimiliki para traveler yang hendak mengunjungi berbagai destinasi wisata di Yogyakarta di masa pandemi.

Salah satu fungsi aplikasi Jogja Pass adalah memudahkan penelusuran kontak jika suatu saat muncul kasus pengunjung yang positif COVID-19. Kamu bisa mengunduhnya melalui Google Play Store, App Store, atau kunjungi laman https://cared-diy.jogjaprov.go.id.

2. Love Bali

Wisata di Tengah Wabah Corona, Jangan Lupa Unduh 6 Aplikasi HP Iniplay.google.com

Love Bali merupakan aplikasi yang wajib diunduh wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali. Ini sesuai dengan peraturan daerah yang tercantum dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 15423 Tahun 2020 tentang persyaratan Wisnus (Wisatawan Nusantara) berkunjung ke Bali.

Wisatawan yang datang ke Pulau Bali wajib mengisi data diri lewat aplikasi Love Bali. Aplikasi ini menyediakan banyak informasi yang bisa didapatkan para wisatawan, mulai dari objek wisata hingga event-event di Pulau Dewata. Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store.

3. eHAC Indonesia

Wisata di Tengah Wabah Corona, Jangan Lupa Unduh 6 Aplikasi HP Iniinahac.kemkes.go.id

Electronic heatlh alert card atau eHAC merupakan aplikasi yang ditujukan untuk pelaku perjalanan antarnegara. Aplikasi ini berfungsi layaknya kartu kuning dari Kementerian Kesehatan.

Para traveler akan diminta mengisi data diri seperti nama, jenis kelamin, umur, nomor KTP, dan lain-lain. Fungsinya untuk memudahkan tracing atau penelusuran. Kamu bisa mengunduh eHac di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Aplikasi Android untuk Bantu Mengurangi Kecanduan HP

4. Tawakkalna

Wisata di Tengah Wabah Corona, Jangan Lupa Unduh 6 Aplikasi HP Inialarabiya.net

Tawakkalna merupakan aplikasi dari Pemerintah Arab Saudi yang wajib diunduh bagi kamu yang ingin menjalankan ibadah umrah. Jemaah wajib menggunakan aplikasi Tawakkhalna sebelum masuk ke lokasi ibadah di Tanah Suci.

Dalam aplikasi tersebut, setiap jemaah wajib melampirkan hasil tes swab PCR 48 jam sebelum melaksanakan umrah. Saat masuk di pelataran Masjidil Haram, jemaah harus memperlihatkan barcode yang terdapat di dalam aplikasi untuk di-scan. Aplikasi Tawakkalna bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.

5. Transportasi online

Wisata di Tengah Wabah Corona, Jangan Lupa Unduh 6 Aplikasi HP Inishopback.co.id

Aplikasi transportasi online seperti Go-Jek atau Grab akan memudahkan traveler saat bepergian ke suatu tempat. Selain memesan transportasi, kamu juga bisa memesan makanan, mengirim barang, hingga berbelanja kebutuhan secara online tanpa harus kontak langsung dengan orang lain.

6. Konsultasi dokter online

Wisata di Tengah Wabah Corona, Jangan Lupa Unduh 6 Aplikasi HP Iniselular.id

Aplikasi konsultasi dokter online juga bisa sangat membantu saat kamu sedang traveling ke luar kota di masa pandemik. Aplikasi ini memudahkan kamu jika ingin konsultasi masalah kesehatan secara online.

Selain itu, aplikasi dokter online biasanya juga menyediakan fitur untuk mencari dokter terdekat dari lokasimu jika terjadi keadaan darurat. Bisa juga digunakan untuk meminta resep dan membeli obat jika kamu sakit saat traveling.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi smartphone yang bisa menjadi bekal para traveler. Selalu kenakan masker dan patuhi protokol kesehatan di mana pun berada ya!

Baca Juga: 9 Kesalahan Sepele yang Sering Dilakukan Traveler Saat Memesan Hotel

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya