Comscore Tracker

Klasemen Piala Menpora 2021: Siapa Temani Persebaya dari Grup C?

Persebaya sudah pastikan diri lolos

Jakarta, IDN Times - Grup C jadi salah satu grup yang penyelenggaraan laganya lebih panjang dibandingkan grup-grup lain di Piala Menpora 2021. Maklum, grup ini berisikan lima klub. Namun, penentuan klasemen Piala Menpora di grup ini juga lebih menarik.

Saat ini, baru Persebaya Surabaya yang memastikan langkah ke babak perempat final Piala Menpora 2021 dari Grup C. Hal itu ditentukan setelah pada laga ketiga, mereka bermain imbang dengan Persela Lamongan. Raihan tujuh poin 'Bajul Ijo' sudah tidak mungkin terkejar lagi oleh tim lain.

Nah, pertanyaannya sekarang, siapakah yang akan menemani Persebaya lolos dari Grup C?

Baca Juga: Klasemen Grup C Piala Menpora: Persaingan Makin Ketat

1. Persela bisa lolos, asalkan. . .

Klasemen Piala Menpora 2021: Siapa Temani Persebaya dari Grup C?liga-indonesia.id

Persela jadi salah satu kandidat yang berpotensi menemani Persebaya lolos dari Grup C. Syaratnya, mereka kudu meraih kemenangan di laga terakhir lawan Persik Kediri. Hasil imbang belum cukup untuk mengantarkan mereka lolos ke perempat final. Kenapa demikian?

Saat ini, sudah ada PSS Sleman dan Madura United yang mengoleksi empat poin di Grup C. Kecil kemungkinan bagi Persela untuk lolos jika mereka hanya bermain imbang di laga terakhir. Terkecuali, jika PSS tumbang di tangan Persebaya, hal itu masih mungkin.

Jika nantinya PSS tumbang di tangan Persebaya dan Persela meraih hasil imbang lawan Persik, Persela akan unggul selisih gol atas PSS. Hasil itu akan membawa mereka lolos ke babak selanjutnya.

Baca Juga: 3 Pemain PSM yang Bersinar Sepanjang Fase Grup Piala Menpora 2021

2. PSS bisa lolos, asal. . .

Klasemen Piala Menpora 2021: Siapa Temani Persebaya dari Grup C?liga-indonesia.id

PSS Sleman masih berpotensi melenggang ke babak selanjutnya. Jika mereka menang atas Persebaya, mereka akan melaju ke babak 8 besar sebagai pemuncak klasemen, unggul head-to-head atas Persebaya.

Jika mereka meraih hasil imbang, mereka juga masih bisa lolos, dengan catatan Persik atau Persela tidak meraih kemenangan di laga terakhir, alias keduanya bermain imbang. Jika kalah, situasi akan berat bagi PSS, karena mereka akan kalah selisih gol dari Persela.

3. Tipisnya kans Madura United untuk lolos

Klasemen Piala Menpora 2021: Siapa Temani Persebaya dari Grup C?Persik vs Madura United. (Website/ligaindonesiabaru.com)

Gara-gara kalah dari Persik, kans Madura United lolos ke 8 besar menipis. Raihan empat poin yang mereka catatkan, plus selisih gol yang minus 1, membuat situasi makin sulit bagi mereka.

Toh, jika pun di laga terakhir Persela dan Persik bermain imbang, serta PSS kalah dari Persebaya, mereka tetap akan kesulitan lolos. Mereka kalah head-to-head dari Persik, serta kalah selisih gol dari Persela. Intinya, peluang Madura United untuk maju sudah sedikit tertutup.

4. Persik juga masih bisa lolos

Klasemen Piala Menpora 2021: Siapa Temani Persebaya dari Grup C?Pemain asing asal Argentina, Gaspar Vega, saat bermain bersama Persik Kediri, IDN TImes/ istimewa

Persik Kediri membuat kejutan di ajang Piala Menpora 2021. Setelah kalah di dua laga awal, mereka justru membuka peluang untuk lolos usai menang atas Madura United di laga ketiga. Kemenangan ini membuat mereka membukukan tiga poin untuk sementara.

Jika mereka menang atas Persela di laga terakhir, peluang mereka untuk lolos terbuka, asal PSS kalah atau imbang lawan Persebaya. Jika PSS kalah, dan Persik hanya main imbang lawan Persela, mereka tidak akan lolos karena kalah head-to-head dari Persik dan kalah selisih gol dari Persela.

Intinya, bagi Persik, kemenangan adalah harga mati jika mereka mau menemani Persebaya sebagai wakil Grup C di babak delapan besar Piala Menpora 2021.

Berikut adalah klasemen Grup C Piala Menpora 2021

1. Persebaya (7 poin, selisih gol 2)
2. Madura United (4 poin, selisih gol -1)
3. PSS Sleman (4 poin, selisih gol 0)
4. Persela Lamongan (3 poin, selisih gol 0)
5. Persik Kediri (3 poin, selisih gol -1)

Baca Juga: Gagal di Piala Menpora, Arema FC Isyaratkan Coret Duo Brasil 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya