Comscore Tracker

Zulham Zamrun dan 4 Pemain yang Rajin Keluar Masuk Persib Bandung

Mereka kerap pergi dari dan datang lagi untuk Persib

Jakarta, IDN Times - Jelang digelarnya Piala Menpora 2021, Persib Bandung kedatangan sederet pemain baru wajah lama. Ialah Achmad Jufriyanto, yang balik Bandung setelah menjalani masa peminjaman di Bhayangkara FC selama satu musim.

"Bek asal Tangerang tersebut, musim lalu menjalani masa peminjaman bersama Bhayangkara FC untuk kompetisi Liga 1 2020. Berakhirnya kompetisi tahun lalu itu pun turut mengakhiri masa peminjaman Jufriyanto," tulis Persib dalam pernyataan resmi di situs klub.

Jupe (sapaan akrab Jufriyanto) sejatinya bukan nama asing di Persib. Dia menjadi sosok pilar yang mengantarkan Persib juara pada gelaran Liga Super Indonesia 2014 dan Piala Presiden 2015. Jupe menjadi tandem apik untuk Vladimir Vujovic.

Meski begitu, Jupe memang sempat berpindah-pindah klub. Setelah mengantarkan Persib juara Piala Presiden 2015, dia merapat ke Sriwijaya FC. Lalu, dia kembali ke Persib pada 2017, dan sempat mengembara ke Malaysia selepas musim 2018.

Merapat lagi ke Persib pada 2019, Jupe kembali hengkang dari Persib setahun kemudian. Jika ditotal, dengan pulangnya Jupe ke Bandung pada 2021, artinya sudah tiga kali keluar-masuk Persib.

Selain Jupe, ada beberapa pemain lain yang juga kerap keluar-masuk Persib. Mereka sempat pergi dari dan kembali ke Persib dalam beberapa kesempatan.

1. Eka Ramdani

Baca Juga: Timnas U-22 Agendakan 2 Uji Coba, Lawan Bali United dan Persib

Zulham Zamrun dan 4 Pemain yang Rajin Keluar Masuk Persib BandungEka Ramdani. (Website/persib.co.id)

Eka Ramdani adalah salah satu ikon di Persib. Pesepak bola lulusan UNI (salah satu klub internal Persib) tersebut sempat pulang-pergi dari dan ke Persib. Eka sempat membela Persijatim Solo FC, hingga akhirnya pada 2005 pulang ke Persib.

Lama membela Persib, pada musim 2011/12, Eka sempat hijrah ke Persisam Samarinda. Melanglang buana ke beberapa klub seperti Sriwijaya FC, Semen Padang, dan Persela Lamongan, Eka akhirnya pulang ke Persib pada 2018. Selepas Liga 1 2018, Eka akhirnya memutuskan untuk pensiun.

2. Aji Nurpijal

Zulham Zamrun dan 4 Pemain yang Rajin Keluar Masuk Persib BandungAji Nurpijal, pemain Persib. (Website/persib.co.id)

Sama seperti Eka, Aji juga kerap keluar-masuk Persib. Dia memang lama membela Persib, namun juga pernah merasakan hengkang dan akhirnya kembali lagi.

Tercatat, Aji pernah membela Mitra Kukar, Persijap Jepara, PSIS Semarang, Bandung FC, dan Persikad Depok. Saat membela Mitra Kukar dan Persijap, Aji pernah pulang ke Persib.

3. Zulham Zamrun

Zulham Zamrun dan 4 Pemain yang Rajin Keluar Masuk Persib BandungZulham Zamrun. (Website/persib.co.id)

Zulham Zamrun juga jadi pemain yang pernah keluar-masuk Persib. Zulham pertama kali menjadi bagian Persib jelang perhelatan Piala Presiden 2015. Di turnamen itu, Zulham tampil moncer dan jadi pemain terbaik plus top scorer turnamen.

Namun, tidak lama kemudian, Zulham justru hengkang dan bergabung dengan Mitra Kukar, lalu ke PSM Makassar. Lama tidak membela Persib, pada 2020, dia kembali ke Bandung usai tiga musim lamanya membela PSM. Kini, hubungan Zulham dan Persib kembali berakhir setelah dilepas oleh manajemen setelah Liga 1 2020 dihentikan.

4. Sergio van Dijk

Zulham Zamrun dan 4 Pemain yang Rajin Keluar Masuk Persib BandungSergio van Dijk. (Website/persib.co.id)

Sergio van Dijk juga adalah pemain yang pernah keluar-masuk Persib. Pada musim 2013, penyerang berkepala plontos itu direkrut Persib dari Adelaide United. Dia langsung menjadi idola setelah mampu mencetak 21 gol untuk Persib.

Namun, hubungan Persib dan Van Dijk sempat kandas pada 2014. Penyerang naturalisasi itu memutuskan untuk melanglang buana membela Sepahan dan Suphanburi. Barulah pada 2016, dia kembali ke Persib, dan pergi lagi selepas musim 2017.

5. Hilton Moreira

Zulham Zamrun dan 4 Pemain yang Rajin Keluar Masuk Persib BandungHilton Moreira. (Website/persib.co.id)

Hilton Moreira juga jadi nama yang pernah keluar-masuk Persib. Sejak musim 2008/09 sampai musim 2010/11, Hilton sempat menjadi bagian dari Persib, sebelum akhirnya hengkang ke Sriwijaya FC.

Selepas dari Sriwijaya FC, Hilton kembali lagi ke Persib sampai 2013. Setelah itu, pemain berdarah Brasil tersebut hengkang ke Penang. Saat kembali ke Indonesia, dia kembali membela Sriwijaya dan Persipura Jayapura.

Baca Juga: Beni Oktovianto Resmi Tinggalkan Persib

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya