Comscore Tracker

Simon McMenemy Pernah Takut oleh GBK

Kenangan Simon ketika mengarsiteki Filipina.

Jakarta, IDN Times - Partai antara Indonesia vs Malayia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dihelat Kamis (5/9), di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Menjelang laga itu, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, punya kenangan dengan SUGBK. Bukan sebagai pelatih Indonesia, kenangan tersebut justru muncul ketika ia mengarsiteki Timnas Filipina pada Piala AFF 2010.

1. GBK pernah membuat Simon ketakutan

Simon McMenemy Pernah Takut oleh GBKinstagram @ceritajakarta_

Mantan pelatih Timnas Filipina ini mengenang kembali bagaimana pengalaman pertamanya memimpin tim bermain di SUGBK. Kala itu, Simon melatih Filipina yang bersiap meladeni tuan rumah Indonesia di semifinal Piala AFF 2010.

”Kala itu, GBK benar-benar membuat saya ketakutan. Saya rasa, ini adalah kekuatan yang dimiliki stadion ini,” ujar Simon kepada para wartawan pada sesi konferensi pers, Rabu (4/9) siang tadi.

Baca Juga: Stadion Madya, "Adik Kandung" dari Gelora Bung Karno yang Menawan

2. Filipina kala itu tak berkutik di hadapan tuan rumah Indonesia

Simon McMenemy Pernah Takut oleh GBKIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Lebih lanjut, Simon juga menjabarkan apa saja hal yang membuatnya berkesan kala itu bermain di GBK.

”Stadion ini (GBK) memang sangat menyulitkan untuk tim lawan. Melihat ada puluhan ribu suporter lawan membuat suara-suara riuh dan berisik di dalam stadion, itu luar biasa. Bahkan kala itu, di dalam ruang ganti, saya kesulitan memberi instruksi ke pemain saya. Suara suporter terasa hingga ruang ganti, bahkan lompatan mereka membuat atap di ruang ganti sampai bergetar dan debu-debunya berjatuhan di atas kepala kami,” kenang Simon.

Terbukti, Filipina memang tak berkutik kala itu di hadapan Indonesia. Diperkuat kiper Cardiff City, Neil Etheridge, nyatanya, The Azkals harus tunduk dengan agregat 2-0 atas Indonesia di dua laga semifinal.

3. SUGBK akan jadi panggung debut kompetitif pertama Simon sebagai pelatih timnas

Simon McMenemy Pernah Takut oleh GBKinstagram.com/love_gbk

Memang, Simon sudah memimpin Timnas Indonesia kala membenamkan perlawanan Vanuatu di laga persahabatan beberapa bulan lalu. Namun, itu laga FIFA matchday biasa.

Sementara itu, laga lawan Malaysia pada Kamis (5/9) besok akan jadi laga kompetitif pertama Simon McMenemy sebagai nakhoda Timnas Indonesia. Hal itu akan jadi trivia menarik sekaligus menantang bagi pria asal Skotlandia ini mengingat Indonesia vs Malaysia tidak pernah jadi laga ringan yang minim gengsi dan duel sengit.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Malaysia, Simon McMenemy Singgung Nasionalisme

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You