Persib vs Persija: Duel Sengit di Tempat Netral

Persib mengalami kerugian karena tampil di luar Bandung

Jakarta, IDN Times - Persib bakal menjalani laga kandang di luar Bandung saat menjamu Persija dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 2019. Mereka harus menggunakan Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dalam duel bertajuk El Clasico Indonesia pada Senin (28/10).

Jelas ini jadi kerugian bagi Maung Bandung, terlebih dukungan langsung dari Bobotoh tak akan maksimal. Sebab, selain jumlah penonton yang dibatasi cuma 10 ribu saja, jarak antara Bandung dan Bali yang jauh jadi penghambat penuhnya I Wayan Dipta dalam duel nanti.

1. Melawan Persija di Bali diakui Robert sangat berat

Persib vs Persija: Duel Sengit di Tempat NetralIDN Times/Galih Persiana

Pelatih Persib, Robert Alberts, menyadari bahwa pertarungan besok tak akan berlangsung mudah. Melakoni laga kandang di luar Bandung melawan rivalnya, Persija, adalah satu kerugian yang membuat targetnya meraih kemenangan dirasa bakal alot.

"Keuntungan tentunya bagi Persija, karena mereka tidak harus bertandang ke Bandung. Dan tidak perlu melakoni laga dengan stadion yang dipenuhi oleh Bobotoh. Tapi kami juga punya pengalaman bermain di Bali saat melawan Persebaya dan menang di sini,” ujar Robert dalam sesi konferensi pers sebelum laga, Minggu (27/10).

Baca Juga: Tak Dapat Izin (Lagi), Laga Persib vs Persija Dipindah ke Bali

2. Persib harus tunjukkan karakter jika ingin menang

Persib vs Persija: Duel Sengit di Tempat NetralInstagram/@persibofficial

Namun demikian, terlepas dari kerugian tersebut, Si Meneer tetap mengatakan timnya siap menunjukkan karakter yang kuat kala bentrok melawan pasukan Macan Kemayoran. Menurut dia, mentalitas dan karakter akan sangat menentukan hasil akhir di pertandingan nanti.

“Ini adalah pertandingan yang kami harus tunjukkan karakter sesungguhnya. Karena ini adalah laga 50:50, dan tim yang memiliki karakter akan memenangi pertandingan. Jadi kami telah mempersiapkan semuanya agar bisa benar-benar memiliki karakter yang kuat pada laga nanti,” kata pelatih berpaspor Belanda itu.

3. Persija tak anggap laga lawan Persib istimewa

Persib vs Persija: Duel Sengit di Tempat NetralPersija.id

Sementara, selain diuntungkan bertanding di tempat yang dinilai netral, Persija juga sedang dalam tren cukup bagus dalam dua lawatan terakhirnya, yakni menang 0-1 atas PSM dan bermain imbang 0-0 melawan PSS.

Tak pelak, Edson Tavares sangat yakin anak asuhnya bisa kembali meraih hasil bagus di laga nanti.

“Memang persiapan tak mudah, karena bermain setiap tiga hari sekali. Akan tetapi kami akan mencoba yang terbaik dan semoga besok bisa maksimal. Lawan Persib sama seperti kita lawan tim lain di Liga 1. Bagi saya tidak ada masalah. Saya tidak mau masuk ke dalam itu. Karena urusan saya ada di lapangan,” ujar dia dilansir laman resmi klub.

4. Perkiraan susunan pemain Persib vs Persija

Persib vs Persija: Duel Sengit di Tempat Netralpersija.id

Perkiraan susunan pemain:

Persib (4-3-3): I Made Wirawan; Supardi Natsir , Achmad Jufriyanto,  Nick Kuipers, Ardi Idrus; Haryono, Abdul Aziz, Omid Nazari; Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel, Kevin van Kippersluis.

Persija (4-3-3): Rezaldi Hehanusa,  Andritany Ardhiyasa; Fachrudin Wahyudi, Alexandre Luiz Reame, Novri Setiawan; Ramdani Lestaluhu, Sandi Sute, Rohit Chan; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Heri Susanto, .

Baca Juga: Romantisme Tukar Guling Pemain di Balik Rivalitas Persib-Persija

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya