Skor 3-2, Jerman Kalahkan Amerika Serikat di Piala Dunia U-17

Jerman merupakan kandidat juara Pildun U-17 2023

Bandung, IDN Times - Pertandingan pertama babak 16 besar Piala Dunia U-17 di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung, mempertemukan tim asal Eropa, Jerman, dan Amerika Serikat (AS), Selasa (21/11/2023). Dari awal peluit ditiup wasit, kedua tim langsung tampil menyerang.

AS mampu melakukan serangan lebih dulu lewat sisi kedua sayapnya. Umpan-umpan panjang mendatar menjadi strategi tim Paman Sam. Sementara itu, Jerman tampak lebih banyak memanfaatkan serangan balik dengan memaksimalkan umpan silang.

Jerman akhirnya yang membuka keunggulan lewat tendangan cantik C.K. Herrmann pada menit ke-14. Menggunakan kaki kirinya, sepakan dari luar kota penalti berhasil menghujam sudut kii atas gawang AS yang dijaga Kontantin Haide.

AS yang tertinggal langsung tampil lebih menyerang. Hasilnya sepuluh menit berselang atau pada menit ke-14, AS berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan kaki kanan Taha Habroune.

Mendapatkan bola muntah di depan gawang, Taha langsung melesakan tendangan yang gagal dihalau kiper Jerman, Max Schmitt. Skor menjadi imbang 1-1.

Jerman yang tampil lebih banyak menunggu dan melakukan serangan balik, kembali menambah pundi golnya. Kali ini lewat akselerasi pemain Jerman bernomor punggung 11 yang mampu menusuk ke dalam kotak penalti dan memberikn umpan silang ke depan kiper.

Moerstedt yang sudah menunggu dengan mudah menyontek bola ke gawang tanpa bisa diadang barisan belakang AS. Jerman pun unggul 2-1 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, AS yang tertinggal coba menguasi pertandingan. Namun hingga 20 menit pertama babak kedua, AS masih kesulitan menembus pertahanan Jerman.

Upaya tersebut baru berbuah pada menit ke-80. Berawal dari sebuah pelanggaran di sisi kiri gawang Jerman, pemain AS bernomor punggung 11, D. Vazquez berhasil melesakan tendangan mendatang ke sudut kanan kiper Jerman. Skor kembali imbang 2-2.

Untuk menjaga keseimbangan di lini tengah, kedua tim pun melakukan pergantian pemain pada menit ke 85. Masing-masing tiga orang dimasukkan Jerman dan AS.

Tak butuh waktu lama, Jerman langsung melakukan serangan cepat yang berawal dari salah umpan pemain belakang Jerman. Pemain sayap yang baru masuk B. Yalçınkaya berhasil menjebol gawang AS dengan sepakan keras kaki kirinya. Jerman unggul 3-2.

Mendapat waktu tambahan enam menit, AS gagal menyimbangkan kedudukan dan harus membiarkan Jerman melangkah ke babak selanjutnya.

Baca Juga: 4 Alumni Piala Dunia U-17 2009 yang Menjadi Juara Piala Dunia

Baca Juga: 3 Legenda Italia Jebolan Piala Dunia U-17 yang Juara Piala Dunia 2006

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya