Comscore Tracker

Rachmat Irianto Gunakan Nomor 53 di Persib Bandung

Irianto siap jika ditempatkan sebagai bek tengah

Bandung, IDN Times - Persib Bandung telah kedatangan dua pemain tim nasional, Marc Klok dan Rahmat Irianto. Mereka berlatih setelah sebelumnya membela Indonesia dalam kualifikasi Piala Asia 2023.

Irianto sendiri merupakan rekrutan Pangeran Biru tahun ini setelah sebelumnya dia bermain untuk Persebaya Surabaya. Dalam latihan perdanya di Lapangan Sidolig, Bandung, Irianto tampak menggunakan nomor punggung 53.

Usai latihan Irianto pun menjelaskan mengapa dia mengambil nomor ini untuk mengarungi Liga Indonesia 2022-2023.

"Jelas saya pakai nomor 53. Alasannya karena nomor 5 itu nomor aya di Persebaya nomor 3 tiga tanggal lahir saya. Jika ditambah angka 8 tanggal lahir anak saya," kata dia.

1. Dari RI13 jadi RI53

Rachmat Irianto Gunakan Nomor 53 di Persib Bandunginstagram Pssi

Ketika masih berbaju hijau-hijau khas Persebaya, Irianto menggunakan nomor 13 dan mendapat julukan RI13. Namun sekarang di Persib sebutan ini akan berubah menjadi RI53.

Menurutnya, sang istri juga memberikan arti bahwa RI53 mirip dengan tulisan RISE yang mempunya makna bangkit.

"Jadi memang ada makna baik dari nomor 53 ini," kata dia.

2. Siap ditempatkan sebagai pemain bertahan

Rachmat Irianto Gunakan Nomor 53 di Persib BandungMarc Klok dan Rahmat Irianto sudah mulai berlatih dengan Persib Bandung, Senin (27/6/2022). IDN Times/Debbie Sutrisno

Maung Bandung dalam beberapa pekan ke depan kemungkinan bakal kekurangan pemain belakang dengan absenya Victor Igbonefo dan Nick Kuipers yang belum pulih dari cidera. Irianto pun kemungkinan bakal diplot sebagai tandem Ahmad Jupriyanto di lini belakang.

Atas kemungkinan tersebut, Irianto tak keberatan. Dia menyebut bahwa posisi aslinya adalah bek tengah sehingga tak jadi persoalan ketika ditempatkan di depan kiper.

"Jadi terserah coach Robert nanti taruh saya di mana saja saya siap," ujarnya.

3. Dapat dukungan orang tua untuk bermain di Bandung

Rachmat Irianto Gunakan Nomor 53 di Persib BandungInstagram.com/rachmatirianto

Terkait kepindahannya ke Persib Bandung, Irianto mengatakan bahwa itu tidak terlepas dari dukungan orang tua. Sang ibu disebut antusias atas pilihan Irianto dan menodorongnya berbaju biru-biru.

Sementara sang ayah yang juga pemain sepakbola profesional tak mempermasalahkan Irianto bermain di klub manapun.

"Jelas pasti ada (amanat) dari bapak memberitahu saya harus kerja kerasa di sana (Persib) karena datang sebagai pendatang jadi kamu (Irianto) harus berusaha kerja di sini (Persib)," kata dia.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya