Persib Tanpa Kemenangan Sejak Melepas Levy Madinda 

Persib beda 10 poin dengan peringkat pertama

Bandung, IDN Times - Persib Bandung kembali gagal meraih kemenangan setelah ditahan Persis Solo dengan skor 2-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Mampu unggul dua gol lebih dulu, Maung Bandung justru harus kebobolan dua gol yang membuat mereka hanya mendapat satu poin di kandang.

Salah satu yang disorot adalah permainan di lini tengah usai mendepak Levy Madinda. Kedatangan Stefano Beltrame belum mampu menggantikan peran sesama pemain asing untuk mendongrak skuat Pangeran Biru.

Saat pertandingan pertama Persib tanpa Madinda, Maung Bandung bermain tanpa gol ketika menjamu PSM Makassar. Pada laga kedua yang masih diselenggarakan di GBLA, Persib justru harus menelan pil pahit dengan kekalahan 0-2 dari Persik Kediri.

Dua laga selanjutnya, yaitu melawan Bali United dan Persis Solo, Persib kembali meraih hasil imbang dengan masing-masing skor 0-0 dan 2-2.

1. Klaim permainan Persib sudah lebih baik

Persib Tanpa Kemenangan Sejak Melepas Levy Madinda stefano beltrame di sesi latihan bersama persib (instagram.com/stefano_beltrame)

Usai pertandingan melawan Persis, pelatih Persib Bandung Bojan Hondak mengklaim bahwa tim asuhannya sudah bemain baik dengan lebih banyak menciptakan peluang.

Bahkan dalam laga keempat tanpa Madinda, pelatih asal Kroasia ini menilai bahwa dari sisi penyerangan anak asuhannya sudah bermain lebih baik ketimbang tiga laga terakhir.

"Dari sisi pertahanan, kami tidak bermain buruk hingga menit 70, kami bermain tanpa Nick dan Kakang juga melakukan tugasnya dengan baik, menjadi pasangan bagus untuk Alberto. Namun jika melihat gol yang pertama, ini bicara mengenai usaha, tidak ada hal lainnya selain usaha," kata Bojan, Minggu (4/2/2024).

2. Persib masih tunjukkan tren positif

Persib Tanpa Kemenangan Sejak Melepas Levy Madinda IDN Times/Istimewa

Meski tak mendapat tiga poin dalam empat laga terakhir, Bojan tetap mengapresiasi para pemainnya yang sudah berhasil keluar dari zona degradasi di awal musim. Kemenangan dan kekalahan maupun hasil seri merupakan hal wajar dalam sebuah pertandingan.

Walaupun pada liga tahun ini Persib dianggap lebih bagus ketika bermain di kandang lawan.

"Disayangkan kami justru punya hasil yang lebih bagus ketika bermain di luar kandang dan ada yang menganggap pemain merasakan tekanan ketika bermain di kandang. Itu tidak benar, hari ini kami melihat dan merasakan atmosfer yang bagus," ujar Bojan.

Menurutnya, para pemain sudah tahu target yang harus dicapai di akhir musim yaitu untuk masuk empat besar lebih dulu. Untuk itu Bojan sangat berharap pada laga berikutnya Persib bisa meraih tiga poin.

"Ya ada jeda selama 19 hari dan kami akan memberi pemain libur tiga hari. Setelah itu kami tentunya harus melakukan analisa terhadap pertandingan ini lalu mengubahnya untuk laga berikutnya. Dan dalam kurun waktu itu juga, mungkin kami akan menggelar  satu pertandingan uji coba," kata dia.

3. Janjikan permainan tim tampil lebih baik

Persib Tanpa Kemenangan Sejak Melepas Levy Madinda X/persib

Pemain depan Persib Ciro Alves mengaku sedih karena Persib gagal meraih poin penuh saat menjamu Persis Solo. Ciro mengakui, kegagalan meraih kemenangan ini merupakan kesalahan pemain yang tak bisa menjalankan instruksi pelatih dengan baik, padahal Persib sudah unggul dua gol atas tamunya tersebut.

“Hari ini adalah hasil yang buruk. Ini jadi tanggung jawab pemain karena tidak mencoba mengikuti arahan pelatih. Ini adalah kesalahan dari pemain, kami memimpin 2-0 dan bermain di kandang, tapi hasil akhirnya adalah imbang 2-2,” kata Ciro.

Pemain asal Brasil tersebut pun berjanji melakukan introspeksi dengan teman-temannya. Dia dan rekan-rekannya akan berusaha tampil lebih baik dan menjalankan instruksi pelatih di laga berikutnya.

“Sekarang kami pulang ke rumah untuk istirahat, tapi pemain harus mengubah mentalitas dan mengikuti apa yang pelatih katakan. Menurutnya saya, ini jadi tanggung jawab kami sebagai pemain,” tuturnya.

Baca Juga: Gol Telat Persis Buyarkan Kemenangan Persib di GBLA

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya